arrival
1001 film di 1001Berita.com. ARRIVAL, film fiksi ilmiah untuk penonton 13 tahun ke atas, tayang sejak 9 Januari 2017. Bumi kedatangan 12 tamu dari luar angkasa dengan cara diskusi yang sangat aneh dan sulit di mengerti. Mampukah manusia berkomunikasi dengan para pendatang tersebut atau perang besar terjadi ? Good Movies You Must See.

ARRIVAL bukan film aksi dengan pertunjukan tembak menembak senjata canggih atau perang antar pesawat luar angksa atau perang antar tentara robot, melainkan film drama dengan tokoh utama Louise Banks sebagai perantara manusia dengan mahluk asing dari luar Bumi.

Wujud pesawat luar angkasa terbilang sangat aneh, seperti buah timun dibelah sama rata dari ujung atas ke bawah dengan permukaan kasar seperti kulit gajah. Wujud mahluk luar bumi tersebut juga cukup aneh, gurita/cumi-cumi raksasa dengan permukaan kulit seperti gajah, memiliki banyak kaki seperti Tentacruel di Pokemon Go.

  • Produser : Aaron Ryder, Shawn Levy, David Linde, Dan Levine, Karen Lunder
  • Sutradara : Dennis Villeneuve
  • Penulis : Eric Heisserer
  • Produksi : Columbia Pictures
  • Amy Adams sebagai Louise Banks, ahli bahasa
  • Jeremy Renner sebagai Ian Donnelly
  • Forest Whitaker sebagai Weber
  • Tzi Ma sebagai Jendral Shang

Louise Banks, seorang wanita pengajar di perguruan tinggi, dengan keahlian mengerti dan bicara aneka bahasa. Ia menjadi penolong umat manusia saat dipanggil oleh pihak militer Amerika Serikat untuk menjadi penterjemah bahasa mahluk luar Bumi.  Mahluk luar bumi tersebut datang ke 12 lokasi terpisah di berbagai negara. Di saat antar negara saling curiga dan tidak mau berbagi informasi, kerusuhan massal dan kepanikan terjadi, bahkan perang besar  hampir  nyata saat militer Cina di ikuti oleh negara sekutunya memutuskan untuk menyerang dan menghancurkan kapal mahluk luar Bumi tersebut. Louise dengan kemampuan melihat dan merasakan masa depan dirinya akhirnya mampu meredam niat perang Jendral Shang, bahkan ia mampu menterjemahkan bahasa mahluk luar Bumi tersebut. Seluruh pesawat milik mahluk luar bumi tersebut akhirnya musnah menjadi debu tanpa ada serangan apapun. Mahluk luar Bumi tersebut ingin mengajarkan bahasa Heptapod.

Alur Cerita

Louise Bank tengah mengajar di dalam kelas seperti biasanya. Hanya sedikit peserta di kelas nya dan masing-masing tampak sibuk dengan ponselnya, hingga seorang siswa memintanya untuk menyalakan televisi dan melihat berita. 12 pesawat mahluk luar Bumi berada di 12 lokasi yang berbeda di negara yang berbeda pula. 12 pesawat tersebut tampak mengambang, tidak menyentuh bumi, hanya diam. Sirine tanda bahaya berbunyi dengan keras, kelas dibubarkan.

Esok harinya, Louise kembali datang ke kelasnya, namun kosong, tidak seorangpun hadir, bukan hanya di kelasnya saja, seluruh ruangan di sekolah tersebut tampak kosong. Louise beranjak meninggalkan kelas menuju ruangannya. Baru sebentar  ia duduk, hadir seorang pria tegap dengan seragam militer. Pria tersebut adalah kolonel Weber, ia menunjukkan rekaman suara dan meminta bantuan Louise untuk ikut serta dengannya. Namun Louise tidak menyanggupi permintaan tersebut.Weber menutup pintu hendak mencari bantuan ahli bahasa lainnya.

Malam harinya, saat Louise hendak tidur, tiba-tiba ramai terdengar gemuruh helikopter mendekat. Dan benar, sebuah helikopter mendarat di halaman depan rumahnya. Weber datang kembali untuk menjemput Louise, dan berikan 15 menit untuk kemas-kemas. Di dalam helikopter, telah ada seorang pria, ahli matematika, namanya Ian Donnely. Mereka berkenalan dengan singkat karena suara bising helikopter. Mereka tiba di padang rumput yang luas di Montana.

Louse dan Ian di kenalkan pada seluruh anggota tim penterjemah yang telah hadir lebih dahulu. Louise dan Ian diperiksa, diberikan vaksinasi dan diberikan kostum khusus untuk memasuki pesawat aneh milik mahluk luar Bumi yang  tampak mengambang, diam tak bergerak. Setelah selesai semua persiapan, tim orange bergerak mendekati pesawat asing tersebut menggunakan jeep. Tim orange masuk ke dalam pesawat asing. Gravitasi berubah. Mereka berada di sebuah ruangan besar, tampak di depan mereka ada batas kaca. Samar-samar tampak tubuh tinggi hitam besar dengan banyak kaki mendekati batas kaki. Louise coba membuka percakapan dengan perkenalkan diri sebagai “manusia” menggunakan white board kecil di tangannya. 2 mahluk hitam besar serupa gurita raksasa tersebut membalas dengan tulisan hitam serupa lingkaran aneh di dinding kaca. Percakapan antaran Louise dan 2 mahluk asing tersebut di rekam untuk dipelajari oleh tim peneliti di darat.

Sementara proses komunikasi antara Louise dengan mahluk asing semakin baik. Ian membantu membaca pola tulisan mahluk asing tersebut. Negara-negara lain menutup komunikasi, menutup hasil penelitian, menutup hasil komunikasi dengan mahluk luar bumi tersebut. Keadaan di luar semakin memburuk, terjadi banyak kekacauan, demontrasi, kepanikan masal dan penjarahan toko-toko. Pemimpin militer China, jendral Shang memutuskan untuk menyerang pesawat asing di wilayahnya dengan seluruh persenjataan yang  ada. Negara-negara sekutu China juga mengikuti tindakan China.

Militer US juga memutuskan untuk menghancurkan pesawat asing tersebut. Mereka menyisipkan sejumlah besar bom diantara perlengkapan yang biasa di bawa oleh Louise dan Ian kedalam pesawat asing. Percakapan antara Louise dengan 2 mahluk asing terputus karena bom meledak. Beruntung Louise dan Ian selamat dari ledakan tersebut. Pesawat mahluk asing bergerak lebih tinggi setelah ledakan tersebut.

Louise berlari keluar kemah militer, seorang diri ia mendekati pesawat asing. Tepat dibawah pesawat asing telah tersedia sebuah kapsul. Louise masuk ke dalam kapsul tersebut dan kapsul tersebut bergerak naik dan masuk ke sisi dalam pesawat mahluk asing. Hanya ada 1 mahluk asing yang berkomunikasi dengan Louise. Mahluk asing itu menyampaikan pesan bahwa rekannya sedang sekarat, begitu pula dengan dirinya. Kedatangan mereka adalah untuk meminta bantuan Louise yang memiliki kemampuan melihat masa depan.

Louise melihat di masa depan bahwa Ian Donnely  adalah suaminya, mereka memiliki seorang putri cantik dan pintar. Mereka kehilangan putri tunggal kesayangan mereka karena penyakit parah yang di deritanya. Louise di undang ke pertemuan besar pemimpin bangsa-bangsa, ia bertemu dengan jendral Shang yang berterimakasih karena telah menyampaikan pesan terakhir mendiang istrinya.

Louise terbangun, ia berada dalam biliknya seorang diri, sementara yang lain telah berkemas-kemas untuk meninggalkan lokasi penelitian mahluk asing. Louise berlari ke ruang komunikasi, ia mengambil sebuah ponsel, ia menghubungi jendral Shang. Ia meminta jendral Shang untuk berhenti menyerang pesawat mahluk asing, untuk kembali bekerja sama dalam penelitian cara komunikasi dengan mahluk asing. Pihak militer mengetahui adanya sambungan telepon dari lokasi mereka ke China, dan perintahkan penangkapan Louise. Ian berlari dan berusaha melindungi Louise. Akhirnya jendral Shang mengikuti permintaan Louise.

12 lokasi yang kedatangan pesawat mahluk asing kembali membuka jalur komunikasi untuk saling berbagi hasil penelitian. 12 pesawat mahluk asing hancur menjadi debu tanpa sisa tanpa serangan apapun. Keadaan menjadi tenang kembali. Louise dan Ian semakin akrab. Louise kemudian di kenal sebagai ahli bahasa Heptapod.

Simak tips ngopi di bioskop