Seri ke 3 Maze Runner tayang perdana 24 Januari 2018 di layar lebar di Bintaro. Thomas dan sisa-sisa glader yang tidak tertangkap tentara WCKD terpaksa kembali ke Last City, untuk menemukan  obat pemulih virus Zombie yang ganas , untuk menyelamatkan Minho yang sedang di jadikan sasaran percobaan oleh Teresa. 

  • Produser : Wyck Godfrey, Marty Bowen, Ellen Goldsmith-vein, Lee Stollman, Wes Ball
  • Sutradara : Wes Ball
  • Penulis : T.S. Nowlin
  • Produksi : 20th Century Fox

Tayang tanpa basa basi, langsung penuh aksi mendebarkan sejak awal hingga akhir film. Menampilkan persahabatan sejati para glader, tidak pernah meninggalkan sahabatnya berjuang sendirian, pertaruhkan nyawa untuk selamatkan seorang sahabat.

  • Dylan O'Brien sebagai Thomas
  • Thomas Brodie-Sangster sebagai Newt
  • Dexter Darden sebagai Frypan
  • Kaya Scodelario sebagai Teresa
  • Ki Hong Lee sebagai Minho

Jorge dan Brenda mengejar kereta berisi para remaja kebal virus crank yang sedang dalam perjalanan menuju last city untuk di jadikan percobaan pembuatan serum virus crank. Thomas dan Vince menyusul, mereka berhasil melompat ke gerbong terakhir, memasang bom dan meledakkan sambungan gerbong hingga terlepas. Jorge dan Brenda menjadi sasaran tembak helikopter milik WCKD, mereka kabur hingga ke daerah tak berpenghuni, lapangan berisi banyak bangkai mobil. Bantuan datang, Frypan dan Newt membantu Thomas membuka pintu besi yang menutup gerbong. Dari dalam sudah terdengar riuh suara anak-anak remaja lainnya. Pintu belum terbuka, beberapa tentara penjaga keamanan dari gerbong kereta depan mendekat dan menyerang mereka. Jorge dan Brenda kembali datang membawa helikopter rampasan dan mengangkat gerbong kereta ke tempat persembunyian  para remaja kebal virus yang di pimpin oleh Vince.  

Setelah gerbong baja berhasil dibuka, tidak ada Minho. Thomas memiliki keinginan untuk terus menemukan Minho, hingga ke last city, namun tidak di ijinkan oleh Vince. Seorang diri, Thomas berkemas keluar hendak menyelamatkan Minho. Newt dan Frypan tampil dan menyatakan kesediaannnya untuk mendampingi Thomas. Menggunakan mobil 4WD tua mereka berjalan menyusuri jalan tandus. Perjalanan sempat terhenti di depan underpass gelap. Thomas putuskan untuk lanjut menerobos underpass yang gelap dan berisi banyak mobil rusak dengan kemungkinan bertemu zombie. Benar saja, dari kejauhan tampak 1 zombie. Mereka melambat. Tiba-tiba di kaca depan mobil mereka telah ada zombi, di pintu samping ada zombi, di kaca belakang ada zombi. Mereka tancap gas menabrak zombi di depan, namun naas, mobil terbalik. Mereka selamat dan berhasil keluar dari mobil rusak, namun gerombolan zombi datang dari depan dan belakang, mereka terdesak, peluru sudah habis. Terdengar raungan kendaraan mendekat. Jorge dan Brenda menjadi penyelamat mereka. Mereka berhasil keluar dari underpass dan melanjutkan perjalanan.  

Mereka berhenti di sebuah tebing, menyaksikan kemegahan Last City yang di kelilingi tembok besar. Di luar tembok besar keadaan sangat jauh berbeda, kumuh. Mereka melanjutkan perjalanan, tiba di pemukiman kumuh dekat dengan tembok. Mereka menyaksikan demo masyarakat meminta pintu last city dibuka. Tiba-tiba serbuan senapan otomatis dan bom menyerang. Kumpulan pendemo bubar seketika. Thomas dkk di culik dan di masukkan ke dalam mobil van oleh orang-orang bersenjata dan bertopeng.

Ternyata Thomas di bawa ke tempat persembunyian para pembrontak. Mereka bertemu kembali dengan Gally, orang yang telah berkhianat, orang yang telah mereka kira mati. Thomas berikan bogem pada Gally hingga jatuh tersungkur, beruntung para pembrontak melerai mereka. Gally meyakinkan mereka bahwa di pihak yang sama dan ia hendak membantu.Setelah negosiasi dengan pemimpin pembrontak, mereka harus meninggal 2 teman sebagai jaminan. Mereka di pandu oleh Gally menggunakan pintu rahasia menuju saluran air bawah tanah hingga ke bagian dalam Last City. Menyaksikan kota megah yang bersih dan rapi. Menggunakan teropong, mereka melihat Teresa sedang bekerja. Gally berikan info bahwa Teresa adalah kunci masuk ke ruang tahanan Minho.  

Thomas masuk ke dalam kota, memancing kehadiran Teresa. Teresa berhasil di tangkap oleh Thomas dkk. Teresa di paksa mencabut gps yang di tanam di tubuh Thomas dkk. Tanpa mereka ketahui, Teresa membawa perban berisi bercak darah Thomas. Thomas dan Newt menyamar menjadi tentara Last City, menjadi pengawal Teresa dan masuk ke dalam Last City. Dengan mudah mereka masuk ke ruang tahanan di gedung utama, namun tidak menemukan Minho. Rupanya Minho telah di bawa ke dalam laboratorium atas perintah Janson. Janson sedang kalap, ternyata ia sendiri telah terinfeksi virus Crank dan mengetahui bahwa Ava, kepala penelitian WCKD telah menyerah setelah kegagalan terakhir percobaan Teresa menggunakan darah Minho. Alarm berbunyi, tentara penjaga kota memburu Thomas dan Newt. Saat terdesak, Minho datang menolong, namun tetap kalah jumlah. Mereka terdesak dan terjebak dalam ruangan tanpa pintu belakang, hanya jendela kaca. Mereka berada di ketinggian. Pintu berhasil dibuka paksa oleh tentara, di saat bersamaan Thomas melemparkan tabung besar ke arah jendela, kaca pecah mereka lompat keluar dan jatuh ke dalam kolam.

Di sisi lain, Brenda berhasil membawa para remaja tahanan yang di bebaskan oleh Thomas dan Newt. Mereka kabur menggunakan bus besar namun mereka terkepung oleh tentara penjaga saat menunggu kehadiran Thomas dan Newt. Brenda putuskan untuk memacu bus besar, menabrak para tentara yang menghalanginya. Hanya sempat kabur beberapa blok, kembali mereka terkepung di jalan buntu. Frypan datang menolong menggunakan penarik bahan bangunan, mengangkat bis besar hingga keluar tembok.  

Virus Crank yang menginfeksi Newt semakin parah menyebar. Newt mengeluarkan darah hitam, mulai tampak seperti zombi. Keadaan semakin parah, mereka di kepung oleh tentara Last City. Tidak berkutik, namun salah seorang tentara adalah Gally yang sedang menyamar. Mereka melanjutkan perjalanan menuju gerbang kota untuk menemui Brenda yang membawa serum. Di tengah jalan, Newt lemas lunglai. Diputuskan Minho dan Gally untuk mendahului Thomas, menuju Brenda, untuk membawa serum. Newt berada di ambang kesadararan, ia setengah zombie, ia menyerang Thomas, sebelumnya ia sempat berikan kalung pesan dan hendak tembak diri sendiri dengan pistol. Pisau yang di pegang Newt untuk menyerang Thomas tertancap di dada Newt. Newt terkapar dan tewas. Terdengar suara Teresa dari pengeras suara yang meminta Thomas untuk kembali ke laboratorium. Brenda dan Minho tiba mendekati Newt, sementara Thomas terus berjalan menuju Laboratorium.

Di lantai dasar, Thomas bertemu dengan Ava, pemimpin lab sekaligus atasan Teresa. Sempat ingin menembak Ava, akhirnya Thomas berhasil di bujuk oleh Ava bahwa keselamatan teman-temannya di jamin. Terdengar suara tembakan, Ava terkapar tak bernyawa. Janson tampak di belakang, mengarahkan pistol ke Thomas. Dengan sebuah jarum bius, Thomas lunglai ke lantai.

Saat terbangun, Thomas berada di lab, bertemu dengan Teresa dan Janson. Darah Thomas mampu mengurai sekaligus memusnahkan virus crank. Teresa memukul kepala Janson saat memaksa berikan serum anti crank. Janson bangkit dan menangkap Teresa. Thomas berhasil ikatan di tangannya, ia langsung berusaha menolong Teresa dan kabur. Saat kabur, Thomas terkena tembakan Janson. Janson semakin nafsu karena cirus crank semakin parah menjalar di dirinya. Dalam keadaan terdesak, Thomas menggunakan sisa tenaganya untuk melemparkan tabung ke arah kaca lab. Kaca lab pecah, 2 orang staf lab yang telah berubah menjadi zombi menyerang Janson. Terdengar ledakan. Api mulai menjalar masuk. Thomas dan Teresa keluar ke atap gedung menggunakan tangga darurat. Tampak gedung-gedung di dekat mereka hancur, roboh oleh serangan para pembrontak. Mereka terjebak oleh api dan ketinggian. Tiba-tiba helikopter yang di kemudikan Jorge datang. Vince dan Brenda berhasil menarik Thomas. Namun Teresa tidak tertolong, ia jatuh bersama dengan hancurnya atap gedung yang di pijaknya. Thomas pingsan.  

Saat terbangun, Thomas berada di pantai. Di sana sudah berkumpul banyak remaja yang memiliki kekebalan terhadap virus imun.

Simak tips ngopi di bioskop