Sangat miris melihat, mendengar dan mengetahui masih maraknya aksi tawuran antar pelajar atau antar mahasiswa atau antar kampung dari berita-berita di televisi atau media online. Tawuran bukan prestasi, tawuran tidak menyelesaikan masalah, tawuran hanya membuat kesan buruk sekolah dan pelaku tawuran, tawuran hanya menambah korban-korban anak bangsa dan melukai hati orang tua dari korban dan pelaku tawuran.

Ingin menyalurkan hobi dan membuat prestasi ? Silahkan ikut sanggar ilmu beladiri atau klub olahraga lainnya dan buat prestasi di even resmi. Selain Prestasi, manfaat lainnya yaitu ada arahan kegiatan, waktu dan tenaga tidak terbuang percuma, sehat dan tidak membuat orang tua kuatir.

Jangan mudah terpancing hasutan, jangan mudah terbawa emosi, TOLAK ajakan tawuran untuk alasan apapun. Jika ada masalah, jika ada konflik, jika ada perbedaan pendapat atau lainnya, jangan selesaikan dengan Kekerasan, kekerasan hanya membawa kehancuran bukan penyelesaian masalah. Kekerasan hanya menimbulkan masalah baru bahkan kekerasan dapat memperbesar masalah lama yang seharusnya sudah padam. Konsultasikan dengan guru atau orang tua, selesaikan masalah dengan damai, selesaikan masalah dengan pikiran yang tenang.

Orang tua melihat anaknya berangkat ke sekolah di pagi hari dengan harapan melihat anaknya kembali ke rumah dalam keadaan sehat, segar tanpa kurang suatu apapun dan mendapat ilmu pengetahuan sebagai bekal di masa depan, agar pendidikan yang didapatnya di sekolah berguna untuk dirinya sendiri, berguna untuk bangsa, berguna untuk banyak orang.

Para guru dan staf pengajar lainnya menyaksikan murid-muridnya pulang ke rumah masing-masing dengan harapan melihat mereka kembali ke sekolah keesokan harinya, dan setiap pelajaran yang diberikan diulang kembali di rumah agar lebih pandai dibandingkan hari sebelumnya.

Mau merayakan keberhasilan ? Mau mensyukuri dan merayakan lulus sekolah, naik kelas, ulang tahun atau lainnya, rayakan dengan hal yang positif. Silahkan traktir makan-makan atau kunjungan wisata. Jangan tawuran yang hanya membuat kenangan BUSUK di lembaran hidup.

Memanfaatkan waktu luang ? Silahkan ikut kegiatan ektra kurikuler yang diselenggarakan pihak sekolah, ikuti kursus-kursus yang menunjang pelajaran di sekolah atau menambah kemahiran. Manfaatkan waktu luang untuk kegiatan olah raga, kesenian atau ketrampilan khusus lainnya, bukan tawuran yang hanya mengukir CACAT di hidup anda.

Katakan TIDAK pada TAWURAN, tawuran antar pelajar, tawuran antar mahasiswa, tawuran antar kampung.