1001 Saran di 1001Berita.com. Hujan semakin sering turun di akhir tahun, hampir setiap hari di sore hari hujan turun dan turut menambah macet jalanan di Jakarta. Awan mendung menandakan akan hadir hujan, menjadikan Jakarta yang biasanya panas berdebu dan berpolusi, menjadi agak dingin, hujan datang mengurangi polusi dan mengusir debu-debu jalanan. Untuk rekan-rekan pengguna sepeda motor, jangan lepas sepatu dan ganti dengan sandal, jangan pula tanpa alas kaki, tetap pakai sepatu saat hujan turun. Lebih sayang kaki atau lebih sayang sepatu ?

Tetap pakai sepatu saat hujan turun dapat menambah rasa aman dan nyaman dalam menggunakan sepeda motor. Memang sepatu akan basah, becek dan kotor tapi resiko kaki terluka karena terinjak roda kendaraan pengguna jalan lainnya akan berkurang. Jika pakai sandal jepit, akan mudah putus saat tersangkut/terinjak pengguna jalan lainnya dari posisi kendaraan berhenti karena lampu merah kemudian lampu hijau. Jika tanpa alas kaki, sangat berbahaya, saat laju kendaraan melambat atau berhenti, kaki sering digunakan untuk menjaga keseimbangan dan menapak jalan. Jika tidak ingin sepatu kesayangan anda kotor, lapisi sepatu dengan kantong plastik atau ganti dengan sepatu boot yang terbuat dari karet sehingga tetap nyaman, aman dan mudah dibersihkan.


Saat hujan turun, kurangi laju kecepatan kendaraan anda, karena air mengurangi daya cengkram ban pada jalanan aspal maupun beton. Biasakan untuk membawa jas hujan di dalam bagasi motor, dan pakai jas hujan saat hujan turun. Jangan berhenti di kolong jembatan / di bawah jembatan yang merupakan bagian dari jalan umum, dapat menjadi sumber kemacetan bagi kendaraan lainnya yang melintas. Silahkan menepi di pertokoan untuk pakai jas hujan, biasanya ada tempat berteduh  atau cari warung kopi/rumah makan, bisa istirahat sejenak dan makan/minuman hangat sambil menunggu hujan reda.

Tetap pakai sepatu saat hujan turun, pakai jas hujan dan kurangi kecepatan untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Silahkan bagikan artikel ini pada rekan-rekan dan orang-orang yang anda kasihi untuk kebaikan bersama.