1001 Saran di 1001Berita.com. Terima kekalahan dengan lapang dada, mengakui kekalahan tanpa menyimpan akar pahit pada lawan. Mengakui kekalahan menunjukkan sifat dewasa. Bandingkan dengan sikap anak-anak yang maunya menang sendiri, jika kalah langsung menampilkan sikap tidak terima seperti menangis, marah-marah, mengadu pada orang tua atau berkelahi. Kalah itu biasa, tidak ada yang istimewa dan tidak memalukan, sebab dalam setiap pertandingan/kompetisi hanya ada 2 pilihan, yaitu menang atau kalah. Dan pemenang hanya ada 1 pihak, entah perorangan atau kelompok.

Dengan mengakui kekalahan, anda dihormati lawan dan kawan. Tidak rugi mengakui kekalahan karena ada kesempatan untuk memperbaiki diri di kompetisi berikutnya atau pertandingan lainnya. Siap menang, siap terima kalah juga dong. MotoGP 2014 menampilkan Marc Marquez sebagai juara dunia kelas utama dengan menyisihkan Valentino Rossi sebagai runner up dan Jorge Lorenzo di posisi 3. Walaupun ketiganya pernah menyandang predikat juara dunia di tahun-tahun sebelumnya, walaupun masing-masing pernah naik podium pertama di musim kompetisi 2014, di akhir musim kompetisi 2014, tidak bisa semuanya menjadi nomor 1 di saat yang bersamaan, inilah keindahan sebuah pertandingan, nikmati setiap proses, lakukan yang terbaik, terima hasil akhir.

Dengan mengakui kekalahan, anda berjiwa besar dan dihormati oleh banyak orang, karena tidak memaksakan kehendak diri sendiri, karena tidak merasa paling benar. Pertandingan Piala Dunia 2014, akhirnya tim sepakbola Jerman tampil sebagai jawara setelah mengalahkan tim tangguh lainnya yaitu Argentina di pertandingan final. Peserta pertandingan sepakbola piala dunia 2014 ada banyak, beberapa diantaranya pernah meraih gelar Juara Dunia di tahun-tahun sebelumnya, dan tim-tim yang tampil adalah yang terbaik karena lolos dari babak penyisihan. Dengan mengakui kekalahan, kelancaran penyelenggaraan event Piala Dunia 2014 berjalan baik dari awal hingga akhir. Para penonton tetap berikan penghormatan pada tim-tim yang kalah karena telah berlaku sportif.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua, silahkan dibagikan melalui media sosial pada keluarga dan teman-teman lainnya.