1001 Saran di 1001Berita.com. Arisan, kegiatan yang akrab di kalangan ibu-ibu rumah tangga, walaupun para bapak juga kenal atau bahkan mungkin mengikuti kegiatan arisan. Arisan adalah mengumpulkan uang anggotanya dan memberikan uang tersebut pada anggotanya secara bergilir sesuai dengan prosedur yang di tetapkan anggotanya. Arisan akan berhenti atau putar ulang dari awal jika seluruh anggotanya sudah pernah mendapatkan uang yang dikumpulkan. Pertemuan/acara arisan di lakukan dengan periode tertentu, sesuai kesepakatan anggotanya, ada yang setiap 2 minggu sekali, setiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali.

manfaat arisan
Hal yang menarik dari kegiatan arisan adalah kumpul-kumpul sesama anggotanya. Hal yang sudah mulai tergerus oleh kesibukan aktifitas kerja dan maraknya sosial media online. Lebih dari sekedar membagi uang arisan secara bergilir, kegiatan arisan biasanya di lengkapi dengan acara makan bersama. Yang paling khas dari kegiatan arisan adalah ngobrol/berbincang-bincang sesama peserta dari awal hingga akhir acara. Lokasi/tempat acara arisan berlangsung biasanya bergilir dari 1 rumah ke rumah anggota peserta arisan lainnya.

Arisan di lingkungan RT/RW. Bentuk arisan ini yang mudah ditemui di sekitar kita. Dengan adanya arisan di lingkungan RT/RW, keluarga yang baru/pendatang baru bisa dengan cepat mengenal dan membaur dengan warga lainnya yang sudah lama tinggal di lingkungan tersebut. Informasi keamanan, informasi kebersihan, informasi kesehatan dan kegiatan lainnya di lingkungan RT/RW bisa dengan mudah dan cepat di sebarkan pada warga.

Arisan keluarga. Biasanya terbentuk karena ikatan keluarga dari perantauan/luar kota. Manfaat arisan adalah menjaga hubungan baik dengan sesama anggotanya, mengetahui keberadaan/kesehatan anggotanya. Perencanaan kegiatan/acara dari para anggotanya bisa dengan mudah dan cepat di sampaikan, seperti: khitanan anak, pernikahan anak dan mengunjungi keluarga/kerabat/orang tua di kampung halaman. Dengan adanya arisan keluarga, ikatan atau kebersamaan dalam keluarga akan tetap terjaga, khususnya bila jumlah anggota keluarga sudah membesar, bertambah dengan anak, cucu, cicit, menantu, dll.

Arisan, bukan ujung-ujungnya duit. Nilai rupiah yang di wajibkan biasanya sangat terjangkau oleh semua anggotanya, karena ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama semua anggotanya, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Jika anda adalah salah satu peserta arisan di lingkungan RT/RT atau kekerabatan keluarga, sebaiknya sisihkan/alokasikan sebagian dari pendapatan bulanan untuk arisan. Segera pisahkan dari pos pengeluaran rumah tangga lainnya. Berbahaya jika tidak di pisahkan dari awal bulan, bisa habis terpakai untuk kebutuhan lainnya. Pemikiran paling bijak adalah uang arisan sama dengan tabungan jangka pendek. Wajar jika hanya 1x habis di pakai keperluan rumah tangga dan pinjam dengan uang anggota lainnya, tapi jangan langganan, jangan lebih lebih dari 1x, jangan berulang kali atau terus menerus, bisa merusak reputasi diri dan mengganggu kenyamanan anggota lainnya.

Selamat mengikuti kegiatan arisan, semoga mendapatkan banyak hal positif di dalamnya, tetap ingat waktu dan jaga batasan pembicaraan. Ini hanya sedikit saran, semoga menjadi berkah bagi pembacanya.

Pasang Iklan Link