Memiliki web Mobile OK atau Mobile Ready adalah Penting, karena pertumbuhan jumlah pemakai internet yang menggunakan perangkat bergerak terus meningkat, hal ini di dukung oleh harga ponsel pintar atau gadget lainnya yang semakin murah. Ponsel pintar bukan lagi barang mewah, ponsel pintar bukan lagi sekedar alat komunikasi, juga digunakan sebagai sarana kerja sekaligus hiburan.

Apakah web anda sudah mobile friendly ?

Untuk mengetahui apakah web yang dibuat tampil dengan baik di perangkat bergerak seperti ponsel pintar, manfaatkan tool online gratis yaitu W3C MobileOk Checker

Tahapan mudah penggunaan W3C MobileOK Checker:

  1. Buka browser favorit
  2. Buka link W3C MobileOK Checker
  3. Isikan link web yang akan di periksa. Contoh: sitokcer.com
  4. Klik tombol Check, akan ditampilkan layar proses, tunggu hingga ditampilkan layar hasil yang berupa grafik dan detail yang sangat mudah untuk di mengerti. Silahkan di baca detailnya dan di perbaiki webnya.

Tips membuat web yang MobileOK:

  • Perhatikan ukuran halaman. Lebih kecil lebih baik, halaman yang besar membutuhkan waktu download yang lebih lama, sehingga pengguna ponsel akan menunggu lebih lama untuk melihat atau interaksi dengan web. Optimasi dengan cara hanya berikan informasi yang benar-benar penting atau ingin di sampaikan. Buang  gambar yang tidak diperlukan atau tidak sesuai dengan informasi yang di sampaikan. Jika gambar ingin tetap di pakai, optimalkan dengan tool pengolah gambar. Halaman yang lebih kecil membuat pengguna lebih senang karena lebih hemat waktu dan lebih murah biaya pemakaian bandwithnya.
  • Hapus Pop-up. Pada layar ponsel yang kecil, layar pop up sulit untuk di ikuti dan cenderung menyebabkan kebingungan.

Silahkan di coba, semoga artikel "Memanfaatkan W3C MobileOK Checker" bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan nikmati artikel lainnya, jangan lupa untuk Pasang Iklan Link, untuk kebaikan usaha anda.