Untuk rekan-rekan pemilik web, pengelola web, web designer atau pemilik bisnis online, silahkan simak dan langsung coba Tips mengetahui kecepatan loading web.  Tidak perlu mahal, manfaatkan saja tools online dan gratis yaitu webpagetest.org.


Langkah penggunaannya:

  1. Buka browser
  2. Buka webpagetest.org
  3. Isikan link web di kotak bertuliskan Enter a Website URL
  4. Pilih lokasi tes. Disediakan banyak variasi pilihan seperti: North America, South America, Europe, Asia, Oceania.
  5. Pilih Browser. Disediakan banyak pilihan browser seperti: IE 8, IE 9, IE 10, IE 11, Chrome, Canary, Firefox, Safari, dll
  6. Klik tombol kuning bertuliskan START TEST. Tunggu hingga proses testing selesai.

Laporan yang dihasilkan cukup mudah untuk dimengerti, bahkan untuk pemakai pertama kali. Laporan ditampilkan dalam bentuk teks dan grafik. Laporan ditampilkan dengan 2 proses tes yaitu First View dan Repeat View dengan detail tes sbb:

  • Load Time
  • First Byte
  • Start Render    
  • DOM Elements
  • Document Complete: Time, Requests, Bytes In
  • Fully Loaded: Time, Requests, Bytes In

Kecepatan loading web memiliki pengaruh pada pengunjung suatu web. Seperti pandangan pertama, jika loading awal lambat, pengunjung yang semula tertarik akan suatu web bisa berubah pikiran dan beralih mengunjungi web lainnya. Loading cepat dapat menambah "rasa nyaman" pengunjung dalam menjelajahi web, karena pengunjung ingin mendapatkan isi, mengetahui isi dari web, bukan hanya menghabiskan waktu menanti loading web.

Selamat mencoba, silahkan dibagikan tips ini pada rekan-rekan lainnya.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan nikmati artikel lainnya, jangan lupa untuk Pasang Iklan Link, untuk kebaikan usaha anda.