1001 film di 1001Berita.com. KING ARTHUR: LEGEND OF SWORD, tayang sejak 10 Mei 2017 di bioskop-bioskop di Jakarta, menampilkan kisah Arthur mengalahkan ketakutannya terhadap masa kecilnya yang kelam, mengambil kembali benteng Camelot dari pamannya yang bengis.

Keserakahan dan ambisi Vortigern menjadi penguasa dunia hanya menjadi musibah bagi orang-orang terdekatnya, orang-orang yang paling di kasihinya, istri dan putrinya. Hanya kehampaan dan kesendirian di akhir hidupnya.

Dalam film ini tampil mantan penyerang Manchester United, David Beckham sebagai tentara kerajaan Inggris, namun hanya sebentar saja, hanya beberapa perkataan.

  • Charlie Hunnam sebagai Arthur
  • Eric Bana sebagai Uther Pendragon, Raja Inggris, ayah Arthur
  • Astrid Berg√®s-Frisbey sebagai The Mage, penyihir utusan Merlin
  • Djimon Hounsou sebagai Bedivere, teman Arthur
  • Jude Law sebagai Vortigern, tokoh jahat, serakah, egois, kejam, bengis
  • Aidan Gillen sebagai Bill, teman Arthur, pemanah jitu
  • Tom Wu sebagai George, pelatih beladiri Arthur
  • Rob Knighton sebagai Mordred, penyihir jahat

Di awali dengan perang besar di benteng Camelot. Gajah raksasa dan mahluk-mahluk menyeramkan meluluhlantahkan para tentara di benteng Camelot hingga raja Uther turun langsung mengalahkan Mordred pemimpin para monster bengis dengan pedang sakti Excalibur pemberian Merlin.

Vortigern, adik Uther melakukan kudeta, ia mengorbankan istrinya pada 3 penyihir laut berkepala  wanita dengan kaki gurita raksasa. Ia berubah menjadi setan besar dan membunuh ratu dan raja Inggris. Hanya pangeran kecil yang selamat, berada dalam sebuah perahu, terbawa aliran air hingga tiba di Londinium, kota yang padat, diselamatkan dan dibesarkan oleh beberapa wanita penghibur yang sedang mencuci di sungai dan menamainya Arthur.



Vortigern semakin bengis dan semakin serakah, ia menjajah banyak kerajaan lainnya. Menara di benteng Camelot semakin tinggi. Di tempat lain, Arthur semakin besar, tumbuh di lingkungan keras, ia menjadi mahir beladiri, disegani oleh teman-temannya.

Air di depan istana Vortigern surut, tampak pedang Excalibur tertancap di sebongkah batu besar. Tidak ada seorangpun yang sanggup mencabut pedang tersebut hingga raja perintahkan mengumpulkan penduduk kerajaan untuk mencabut pedang tersebut. Arthur tertangkap saat berusaha melarikan diri dari Londinium. Ia dibawa ke istana kerajaan, bertemu dengan banyak penduduk Inggris lainnya, berbaris menunggu giliran di cap besi panas kemudian coba cabut pedang. Arthur tidak sabar, ia melewati banyak orang, dan akhirnya ia berhasil mencabut pedang Excalibur, namun ia kemudian jatuh pingsan. Saat terbangun, ia telah berada di dalam penjara. Vortigern menemuinya di dalam penjara dan sampaikan keinginannya untuk memenggal kepala Arthur esok hari di depan istana Inggris, di hadapan banyak penduduk sebagai saksi.



Siang hari tiba, saat akan dilakukan pemenggalan oleh aljogo, seekor burung rajawali besar menyerang aljojo, di ikuti dengan serangan panah dari kejauhan. Arthur di selamatkan oleh penyihir wanita utusan Merlin untuk dipertemukan dengan Bedivere dkk di tempat tersembunyi, jauh dari keramaian kota. Arthur di latih oleh penyihir wanita tersebut untuk dapat mengendalikan pedang Excalibur dan mengalahkan ketakutannya akan bayangan masa kecilnya.

Akhirnya Arthur memiliki keberanian untuk menyerang istana Vortigern setelah sebelumnya sempat membuang pedang Excalibur karena kesedihannya kehilangan seorang sahabatnya. Arthur dkk menemukan para sahabatnya telah tewas dan tentara kerajaan telah menangkap penyihir wanita dan seorang bocah sahabatnya. Ia harus menyerahkan pedang Excalibur sebagai ganti ke 2 sahabatnya.

Pedang Excalibur diserahkan, di tukar dengan penyihir wanita. Bocah kecil akan di bebaskan jika Arthur menyerahkan diri. Saat Arthur menyerahkan diri pada Vortigern, ia hendak dibunuh oleh Vortigern, namun seekor ular kiriman penyihir wanita mematuk Vortigern. Vortigern menebas ular tersebut dengan pedang Excalibur. Ular putus, pedang tertancap di tembok. Vortigern kabur, ia membunuh putrinya untuk di korbankan pada tiga penyihir wanita. Ia berubah lagi menjadi setan besar.

Arthur berhasil masuk ke istana setelah mengalahkan para pengawal Vortigern. Ia bertemu dan bertarung dengan setan besar Vortigern. Setelah pertarungan sengit, Arthur berhasil menancapkan pedang Excalibur ke tubuh Vortigern. Wujud setan besar bengis berubah menjadi kecil lagi, menjadi sosok manusia, Vortigern.

Arthur dinobatkan menjadi raja Inggris yang baru, para sahabatnya mendapatkan gelar bangsawan.

Follow me: @1001beritacom