Film terbaru di 1001Berita.com, THE MUMMY di Juni 2017, menampilkan Tom Cruise sebagai pencuri sekaligus pahlawan bagi kota London dari kehancuran besar oleh amarah dari mummy yang dibangkitkannya.

Kebaikan juga dimiliki dari orang yang tampak jahat. Itulah yang dilihat Jenny dari Nick. The Mummy bukan film horror tapi cukup menegangkan dari awal hingga akhir.

  • Produser : Sean Daniel, Alex Kurtzman, Chris Morgan
  • Sutradara : Alex Kurtzman
  • Penulis : Jon Spaihts, Christopher Mcquarrie
  • Produksi : Universal Pictures
  • Tom Cruise sebagai Nick Morton
  • Annabelle Wallis sebagai Jenny Halsey
  • Jake Johnson sebagai Chris Vail
  • Sofia Boutella sebagai Ahmanet
  • Russell Crowe sebagai Dr. Henry Jekyll

Diawali dengan proses pemakaman seorang tentara kerajaan Inggris di masa lalu. Pada peti tentara tersebut di letakkan batu ruby merah yang berasal dari kerajaan Mesir kuno. Di masa modern, saat ini, penemuan komplek pemakaman kuno di kota London oleh para pekerja di terowongan bawah tanah. Lokasi tersebut segera di ambil alih oleh Dr Jekyll dan anak buahnya. Ditemukan peti-peti berisi satria dari kerajaan Inggris masa lampau. Dari salah satu peti di pemakaman kuno tersebut ditemukan sebuah batu permata merah yang kemudian di simpan oleh Dr Jekyll. Ia sempat membaca tulisan kuno di salah satu batu besar yang menceritakan tentang salah seorang putri Firaun, Ahmanet yang marah pada ayahnya. Semula Ahmanet adalah calon pewaris kerajaan Mesir, namun karena kehadiran bayi laki-laki, pewaris tahta adalah bayi tersebut. Ahmanet marah, ia membunuh Firaun dan permaisuri. Ia melakukan ritual terkutuk hendak bersekutu dan membangkitkan Set, dewa kematian. Usahanya gagal, Ahmanet serta pria calon tumbal pada Set di tangkap dan di jadikan mummy dan dikubur dalam keadaan hidup jauh di luar istana kerajaan, serta ditimbun air raksa.

Dikota lain di Irak, 2 orang tentara menerobos kota yang sedang diserang para pemberontak. Nick dan Vail terdesak oleh kepungan para pemberontak. Mereka mendapat pertolongan, serangan udara melontarkan bom ke arah para pembrontak hingga tak bersisa. Bom yang dijatuhkan membuat lubang besar di tanah, bahkan bangunan tempat Nick dan Vail berlindung ikut ambruk. Nick dan Vail menemukan komplek pemakaman mesir kuno, tempat Ahmanet dikubur hidup-hidup.

Jenny serta atasan Nick datang. Nick ditegur keras oleh Nick karena telah mencuri peta berisi lokasi benda-benda bersejarah kerajaan mesir kuno miliknya. Atasan Nick perintahkan Nick dan Vail untuk membantu Jenny melakukan penelitian atas komplek pemakaman mesir kuno tersebut.

Sebuah peti batu besar berisi mumi di bawa menggunakan pesawat helikopter dari dasar lobang menuju lokasi lain. Sebuah pesawat pengangkut besar sudah menanti. Tiba-tiba badai pasir menyerang. Beruntung mereka telah tiba dan berhasil masuk kedalam pesawat. Perjalanan menjadi menyeramkan. Vail dalam kendali Ahmanet karena sebelumnya Vail digigit oleh laba-laba gurun di makam Ahmanet. Vail hendak membuka peti mumi ahmanet. Ia membunuh kepala rombongan yang hendak mencegahnya. Bahkan ia hendak menusuk Nick dengan belati di tangannya. Nick segera melepaskan 3 tembakan untuk merobohkan Vail. Perjalanan tambah menyeramkan saat serombongan besar burung gagak hitam menyerang bagian depan pesawat hingga pesawat meluncur ke bawah tanpa kendali. Nick meneyelamatkan Jenny menggunakan parasut yang ditemukannya, sementara ia sendiri ikut terjut menghujam tanah.

Jenny diperiksa oleh kepolisian kota London untuk berikan info tentang kecelakaan pesawat yang di alaminya, untuk identifikasi para korban pesawat tersebut. Keanehan terjadi, di dalam ruang para korban yang telah rapi dibungkus plastik pembungkus mayat, Nick bangun dan keluar dari plastik tersebut. Jenny serta kepala bagian forensik kaget oleh kejadian tersebut. Jenny berterimakasih atas pertolongan serta pengorbanan Nick. Nick mengalami banyak penampakan, ia mampu melihat dan bercakap-cakap dengan Vail, ia mampu melihat masa lalu Ahmanet serta berkomunikasi dengannya, bahkan mengetahui bahwa ia adalah “orang terpilih”. Jenny memutuskan untuk membawa Nick menemui Dr Jekyll untuk memulihkan keadaannya.

Dalam perjalanan menemui Dr Jekyll, mereka di serang oleh Ahmanet serta diarahkan menuju lokasi jatuhnya pesawat. Ahmanet telah bangkit dan memakan para polisi di dekat lokasi jatuhnya pesawat.  Nick dan Jenny bertarung melawan Ahmanet serta polisi zombi. Dalam keadaan terdesak, pasukan khusus kiriman Dr Jekyll datang menyelamatkan mereka. Mereka dibawa ke lokasi khusus, Prodigium yang merupakan tempat penelitian terhadap ancaman supernatural, di dekat museum sejarah kota London. Mereka melihat Ahmanet sedang diruang khusus dan terikat. Dr Jekyll mengakui bahwa Nick terkutuk saat membuka makam Ahmanet di irak dan terpilih sebagai korban untuk memusnahkan Set serta kejahatannya.

Setelah mengetahui bahwa Nick akan dijadikan tumbal, Jenny berontak dari penjagaan, ia hendak menolong Nick. Di ruangan lain, Nick menghadapi sisi jahat Dr Jekyl yaitu Edward Hyde. Perkelahian sengit terjadi, beruntung Nick berhasil mendapatkan serum Dr Jeckyll dan menancapkannya ke tubuh Dr Jeckyll hingga ia pulih kembali. Nick bertemu dengan Jenny kembali, namun mereka terlambat, kekacauan besar terjadi, Ahmanet telah lepas, mengendalikan seorang petugas keamanan. Ahmanet membuat teror menyeramkan bagi kota London. Badai pasir menyerang kota London. Ahmanet terus memburu Nick.

Ahmanet serta pasukan zombinya terus menyerang Jenny dan Nick. Jenny dibawa masuk ke dalam lobang yang penuh berisi air. Lobang tersebut adalah terowongan menuju ruang terbuka lainnya. Nick tiba di lokasi tersebut, namun menemukan Jenny dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Ia sangat sedih dan murka pada Ahmanet. Nick menyerang Ahmanet namun kalah kuat. Akhirnya Nick putuskan untuk menusuk dirinya dengan belati terkutuk milik Ahmanet. Nick kerasukan Set. Ia lebih kuat dari Ahmanet dan memushkan Ahmanet. Ia membangkitkan Jenny. Kemudian ia pamit pada Jenny saat pasukan kiriman Dr Jekyll tiba di lokasi.

Nick telah berada di padang pasir bersama dengan Vail.