JOHN WICK

John Wick

1001 Film di 1001Berita.com. JOHN WICK, film aksi terbaru yang diperankan oleh Keanu Reeves, menampilkan aksi tembak menembak antara John Wick melawan kelompok mafia pimpinan Viggo. Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta pada 31 Oktober 2014. Jika dalam film-film sebelumnya seperti trilogi The Matrix dan 47 Ronin, Keanu Reeves adalah seorang jago bela diri, kali ini Keanu Reeves tampil sebagai jago tembak tanpa takut menghadapi banyak lawan sekaligus.

  • Produser : Basil Iwanyk, Eva Longoria, David Leitch
  • Sutradara : Chad Stahelski
  • Keanu Reeves sebagai John Wick
  • Michael Nyqvist  sebagai Viggo Tarasov, bos mafia dari Rusia
  • Alfie Allen  sebagai Iosef Tarasov, putra Viggo, biang masalah
  • Willem Dafoe  sebagai Marcus, sniper, sahabat John Wick
  • Adrianne Palicki  sebagai Ms. Perkins, pembunuh bayaran 

Diawali dengan kehadiran sebuah mobil SUV hitam yang berhenti karena menabrak tembok rumah, lalu tampak seorang pria berpakaian hitam penuh luka tusuk terjatuh dan membuka rekaman video dari ponselnya, kenangan manis bersama istrinya di pantai, tak lama kemudian ia pingsan. Pria tersebut adalah John Wick.

Cerita berlanjut ke sebuah pemakaman. Hujan lebat turut mengiringi proses pemakaman istri dari John Wick yang meninggal karena sakit. Tampak hadir Marcus memberikan penghiburan pada John Wick. John Wick kembali ke rumahnya seorang diri untuk beristirahat. Tak berapa lama datang layanan pengiriman barang memberikan kotak berisi anjing kecil. Anjing tersebut adalah hadiah dari almarhum istrinya. Tangis kesedihan meluap dari wajah John Wick setelah membaca surat yang terlampir di kandang kecil itu.

John melanjutkan hari bersama anjing kecil tersebut. Mengendarai sebuah mobil sedan hitam tua, John mengisi bensin. Tiba-tiba hadir rombongan pemuda mabuk masuk kedalam SPBU. Salah seorang pemuda tersebut menanyakan harga sedan hitam John seolah ingin membeli mobil John, namun John tidak menjualnya. Pemuda tersebut memaki dalam bahasa rusia, menyangka John tidak mengerti. John membalas makian tersebut sambil berlalu. Pemuda rusia tersebut tersinggung dan merencanakan hal buruk untuk mencelakai John.

John tiba di sebuah bandara kecil untuk menguji nyali dengan sedan hitamnya. Setelah puas bermain dengan sedan hitam dan anjing kecilnya, John kembali ke rumahnya untuk beristirahat. Tengah malam, tidurnya terganggu oleh gonggongan anjing kecilnya yang merasakan kehadiran tamu tak diundang ke rumah itu. John mengikuti anjing kecilnya menuju ruang tamu, namun sesampainya di ujung tangga, kepalanya dipukul benda keras hingga ia terjatuh dan terluka. Tampak 3 pemuda bertopeng dengan membawa tongkat pemukul meminta kunci sedan hitam milik John. Salah seorang pemuda bertopeng tersebut menemukan kunci sedan hitam milik John, seorang lainnya memukul anjing kecil milik John hingga mati, dan membuka topengnya sebelum pergi. Ternyata pria bertopeng tadi adalah rombongan pemuda rusia mabuk yang ditemuinya di pom bensin.

3 pemuda rusia tadi membawa mobil curiannya ke sebuah bengkel, namun pemilik bengkel tersebut menolak mereka karena kenal dengan John Wick. Ia menyarankan mereka untuk berhati-hati karena telah memancing murka seorang legenda penembak ulung. Iosef tidak perduli dan tidak takut dengan nasehat dari pemilik bengkel.

John Wick menguburkan anjing kecilnya di halaman rumahnya, kemudian membersihkan bercak darah di lantai ruang tamunya. John Wick membuka persediaan senjata yang telah lama dikuburnya. Tengah malam, rumahnya kedatangan banyak tamu tak diundang berpakaian serba hitam yang lengkap dengan senjata api. Semua tamunya berhasil di ringkus tak bersisa dalam duel senjata. Semua tamu tak diundang tersebut adalah kiriman dari Viggo, seorang bos mafia rusia, ayah dari Iosef. Viggo adalah bekas rekan kerja John. Viggo sudah mengetahui kehebatan John dan mempersiapkan pembunuh bayaran untuk melindungi Iosef dan dirinya sendiri. John Wick mengetahui nama pencuri mobilnya dari pemilik bengkel mobil langganannya dan berniat untuk menemukan pria pembunuh anjing hadiah dari mendiang istrinya.

John Wick menginap ke sebuah hotel elit di tengah kota. Hotel yang berisi pembunuh bayaran namun memiliki kode etik tersendiri untuk di patuhi para tamunya, yaitu dilarang berbuat kerusuhan atau membunuh di hotel tersebut. Hotel tersebut hanya untuk tamu yang sudah terdaftar sebagai anggota dan memiliki koin emas sebagai alat pembayaran. John Wick menemui pemilik hotel tersebut untuk mendapatkan informasi lokasi persembunyian Iosef. Pemilik hotel tersebut juga seorang pembunuh bayaran dan kenal dekat dengan John.

John Wick bergegas ke pusat hiburan malam elit di sebuah hotel mewah yang memiliki penjagaan ketat. John berhasil masuk dan melumpuhkan semua penjaga yang menghalanginya masuk menemui Iosef. Akhirnya John berhasil menemukan Iosef yang sedang mabuk dan berenang dengan wanita penghibur. Karena pertolongan para penjaga pribadinya, Iosef berhasil meloloskan diri dan kabur dari hotel tersebut. John terluka saat bertarung dengan salah satu penjaga Iosef.

Viggo yang panik karena mengetahui kehebatan dan kemarahan John Wick, segera memberikan perintah untuk menyewa pembunuh bayaran dengan hadiah 2 juta dolar. Salah satu pembunuh bayaran yang dihubungi adalah Marcus, seorang sahabat John Wick. Iosef dipindahkan ke rumah persembunyian dengan penjagaan yang sangat ketat.

John Wick yang terluka parah mendapatkan perawatan medis dari dokter khusus di hotelnya. Saat ia tengah beristirahat, datang Perkins, wanita pembunuh bayaran, teman lamanya. Perkins berani menyergap John Wick dalam hotel dan melanggar kode etik sesama pembunuh bayaran di hotel tersebut karena hadiah di gandakan oleh Viggo. Marcus membangunkan John dengan tembakan jarak jauh karena melihat kehadiran Perkins memasuki kamar John. John berhasil melumpuhkan serangan Perkins walaupun dengan bersusah payah karena masih terluka parah.

John Wick melanjutkan usahanya memburu Iosef dengan mendatangi kediaman Viggo. Setelah berhasil melumpuhkan beberapa penjaga di bagian depan, John Wick terluka, tertangkap dan pingsan oleh salah seorang penjaga Viggo. John di interogasi dan di siksa oleh Viggo, namun akhirnya berhasil meloloskan diri dari 2 penjaga pribadi Viggo, sementara Viggo sedang pergi menuju landasan helikopter. John Wick berhasil menyergap mobil SUV Viggo yang tengah melaju. John mendapatkan info keberadaan Iosef dari Viggo.

John Wick berhasil tiba di lokasi persembunyian Iosef yang di jaga ketat. Satu per satu penjaga tumbang oleh terjangan peluru John. Semua mobil yang parkir di halaman bawah diledakkan oleh John, akhirnya Iosef ditemukan dan tewas saat berusaha melarikan diri dari serangan John.

John kembali ke hotelnya untuk pamitan dengan pemilik hotel, dan ia mendapatkan hadiah mobil sedan hitam dari pemilik hotel sebagai ucapan maaf atas gangguan penyerangan di kamarnya. John menemui Marcus untuk berbagi pikiran tentang kembali ke dunia lamanya sebagai pembunuh bayaran. Pertemuan mereka di ketahui oleh Perkins dari kejauhan di dalam mobilnya. Rupanya Perkins berhasil meloloskan dirinya saat dilumpuhkan John dan di titipkan pada penghuni kamar hotel lainnya. Perkins telah menembak penghuni hotel di tetangga kamar hotel itu. Perkins mengadukan pertemuan Marcus pada Viggo. Saat John berpisah dengan Marcus, rombongan anak buah Viggo menculik Marcus.

Marcus di tangkap, di interogasi dan ditembak oleh Viggo karena dianggap telah berkhianat. John mendapatkan kabar kematian Marcus, segera ia menuju kediaman Marcus dan melihat Marcus tergeletak tak bernyawa. John segera berburu Viggo dengan mobil barunya. John berhasil menemukan Viggo yang sedang melaju menggunakan mobil SUVnya. John bisa melumpuhkan semua pengawal pribadi Viggo walaupun akhirnya harus kehilangan mobil barunya yang rusak oleh terjangan mobil-mobil pengawal Viggo. Saat tinggal Viggo, tanpa seorangpun pengawal di sisinya, ditengah hujan deras, Viggo menantang John bertarung tanpa senjata. Ditengah pertarungan, Viggo mengeluarkan sebuah pisau dan berhasil melukai John. Dalam keadaan terdesak, akhirnya John berhasil merebut pisau Viggo dan menancapkan pisau tersebut pada Viggo. Keduanya terjatuh, duduk dalam hujan. Viggo mengucapkan salam perpisahan pada John dan meninggal ditempat, sementara John segera bangkit dan meninggalkan tempat tersebut.

Di tempat lain, Perkins mendapatkan panggilan dari pemilik hotel elit untuk datang dan dicabut keanggotaannya. Perkins hadir dan ditembak oleh para penjaga hotel. Selesai.

Untuk semua penonton, untuk semua pengunjung 1001Berita.com, semua adegan yang disajikan dalam film John Wick hanya sebuah hiburan, jangan di jadikan contoh, jangan di tiru. Stop kekerasan, lebih baik mencari teman daripada lawan, hidup berdampingan dengan damai jauh lebih indah daripada perang dan kekacauan. Salam sehat dan sukses selalu untuk semua pengunjung 1001Berita.com, semoga dijauhkan dari segala petaka, bahaya dan bencana. Happy Weekend and have a quality family time.