BIG HERO 6

1001 Film di 1001Berita.com. BIG HERO 6, sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta dan sekitarnya pada 7 November 2014. BIG HERO 6 merupakan film animasi, cocok dijadikan tontonan keluarga, khususnya anak-anak. Cukup menghibur, alur cerita mudah di mengerti, lama tayang kurang dari 2 jam. Menampilkan sosok remaja pintar dari San Fransokyo penggemar adu robot yang bertualang bersama robot gemuk peninggalan kakaknya.

  • Produser : Roy Conli, Kristina Reed
  • Produksi : Walt Disney Pictures
  • Sutradara : Chris Williams, Don Hall
  • Ryan Potter pengisi suara Hiro, tokoh utama
  • Scott Adsit pengisi suara Baymax, robot gendut buatan Tadashi, di modifikasi oleh Hiro
  • Daniel Henney pengisi suara Tadashi, kakak dari Hiro
  • T.J. Miller pengisi suara Fred, teman kuliah Tadashi
  • Jamie Chung pengisi suara Go Go, teman kuliah Tadashi
  • Damon Wayans Jr. pengisi suara Wasabi, teman kuliah Tadashi
  • Genesis Rodriguez pengisi suara Honey Lemon, teman kuliah Tadashi
  • James Cromwell pengisi suara Robert Callaghan, dosen robotika, tokoh jahat
  • Alan Tudyk pengisi suara Alistair Krei, pengusaha
  • Maya Rudolph pengisi suara tante Cass, pengasuh Hiro dan Tadashi

Diawali dengan ketangguhan robot buatan Hiro mengalahkan robot lawan yang jauh lebih besar. Robot kecil hiro menang, namun lawan tidak terima dan marah. Beruntung datang Tadashi menjemputnya menggunakan motor. Terjadilah kejar-kejaran diantara mereka. Malang, Tadashi dan Hiro ditangkap polisi setempat. Berdasarkan peraturan yang berlaku, dilarang melakukan tarung robot. Singkat cerita, datanglah tante Cass, menebus dan menjemput mereka. 

Tante Cass bukan orang tua Hiro dan Tadashi, namun tante Cass sangat sayang pada mereka. Tante Cass memiliki usaha kantin roti. Hiro tidak berminat untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Hiro hanya berminat dengan hobinya, tarung robot. Tadashi datang memberikan nasehat pada Hiro dan mengajaknya mengunjungi kampusnya dan melihat robot buatannya.

Keesokan harinya, Hiro bertemu dengan teman-teman Tadashi di kelasnya. Masing-masing memperlihatkan kemampuannya di bidang teknologi. Tak berapa lama datang Profesor Callaghan yang menawarkan Hiro bergabung ke kampus tersebut. Kemampuan Hiro sudah dikenal banyak orang karena kemampuannya dalam hal mikrobot, yaitu robot kecil.

Hiro sukses menampilkan kemampuan dirinya dalam hal robotika hingga mengundang decak kagum banyak orang, termasuk Krei, seorang pengusaha sukses di bidang industri. Krei berniat membeli teknologi mikrobot dari Hiro. Namun datang Prof Callaghan yang mencegahnya. Acara selesai, Tadashi dan Hiro keluar dari gedung pameran. Tiba-tiba gedung terbakar hebat. Tadashi teringat Prof Callaghan yang masih didalam gedung. Tadashi kembali ke dalam gedung dan meninggalkan Hiro. Baru saja Tadashi memasuki gedung, terjadilah ledakan besar yang membuat Hiro terpental jauh.

Hiro sangat berduka atas meninggalnya Tadashi. Hiro menjadi pemurung, penyendiri dan tidak mau makan. Hingga tanpa diketahuinya, Tadashi telah menempatkan robot putih gendut ciptaannya di kamar Hiro. Baymax keluar secara otomatis dari koper chargernya karena mendeteksi kesehatan Hiro yang menurun. Baymax dibuat secara khusus sebagai robot pendeteksi kesehatan. Hiro dan Baymax cepat menjadi akrab. Tiba-tiba Baymax berjalan meninggalkan kamar dan keluar rumah tanpa memberitahu Hiro. Hiro bergegas berlari mengejar Hiro melewati jalan raya, komplek apartemen, hingga akhirnya berhenti di sebuah gudang tua.

Ternyata Baymax berjalan mengikuti arah yang diberikan oleh mikrobot buatan Hiro. Pintu besar terbuka. Hiro dan Baymax memasuki ruang besar tersebut dengan sembunyi-sembunyi hingga ke lantai 2. Hiro menemukan mesin pembuat Mikrobot di salah satu ruangan di lantai 2. Tiba-tiba tampil sosok bertopeng putih mengendalikan dan mengendarai ribuan mikrobot. Sosok bertopeng tersebut terus mengejar Hiro hingga keluar gudang tua tersebut.

Hiro melaporkan kejadian tersebut pada polisi setempat, tapi laporannya tidak dianggap serius. Hiro bertekad untuk memodifikasi Baymax agar menjadi robot canggih yang lebih kuat, lebih cepat dan bisa bertarung. Hiro merasa teknologi mikrobot buatannya telah di curi dan digunakan untuk kejahatan hingga menewaskan Tadashi. Baymax di modifikasi menjadi robot hijau dengan tambahan memory yang berisi kemampuan beladiri karate. Malam hari, dengan sembunyi sembunyi, Hiro dan Baymax keluar rumah dan kembali menyelidiki gudang tua tersebut. Kemampuan tambahan Baymax tidak cukup untuk menandingi serangan ribuan mikrobot kecil yang dikendalikan sosok bertopeng putih.
Tiba-tiba datang 4 orang teman kampus Tadashi yang dipanggil oleh Baymax karena mendeteksi Hiro yang sedang berpikir mencari cara meloloskan diri dari kejaran sosok bertopeng sebagai tanda murung, kesepian dan berkurang kesehatan. Sosok bertopeng terus mengejar Hiro dan teman-temannya. Akhirnya mereka berhasil lolos.

Mereka bergabung dan bertekad membantu Hiro mengungkap sosok bertopeng putih yang telah berusaha mencelakai Hiro. Hiro mengungkapkan idenya untuk kembali modifikasi Baymax dan juga merubah mereka ber 5 menjadi sosok tangguh dengan kemampuan super. Setelah sukses merubah Baymax menjadi robot merah dengan kemampuan terbang dan memiliki tangan besar canggih sebagai senjata. Menggunakan teknologi dan kemampuan yang dimiliki, Hiro dan ke 4 temannya berubah menjadi sosok baru dengan teknologi canggih merekat di diri mereka masing-masing.

Hiro dan kawan-kawan menduga bahwa sosok bertopeng putih adalah Krei, pemilik industri besar di San Fransokyo. Baymax mendeteksi keberadaan Krei di sebuah pulau terpencil. Segera 6 jagoan baru tersebut berangkat ke pulau tersebut. Terjadilah pertarungan sengit di sana. Sosok bertopeng berhasil terungkap. Sosok bertopeng adalah Prof Callaghan yang berniat membalas dendam pada Krei dan perusahaannya karena anak perempuan Prof Callaghan yang menjadi pilot pesawat hilang dalam salah satu percobaan di Krei Industri. Baymax mendeteksi keberadaan anak prof Callaghan di dalam lubang penghisap buatan perusahaan Krei. Baymax dan Hiro memutuskan untuk masuk kedalam lubang penghisap tersebut dan mencoba menyelamatkan  anak prof Callaghan. Akhirnya mereka menemukan pesawat yang digunakan  anak prof Callaghan dalam keadaan terapung tanpa daya. Namun situasi menjadi kritis karena batrei Baymax lemah. Menggunakan pendorong pada tangan Baymax yang mengorbankan dirinya, Hiro dan  anak prof Callaghan berhasil keluar dari lubang penghisap. Anak prof Callaghan mendapat perawatan dan dibawa ke rumah sakit. Profesor Callaghan ditangkap polisi karena kejahatan dan kekacauan yang diperbuatnya.

Hiro bersedih telah kehilangan Baymax. Hiro melihat tangan Baymax di depan pintu kamarnya terkepal menggenggam sesuatu. Dibukanya satu demi satu jari yang terkepal tersebut dan isinya adalah keping memory Baymax. Hiro menjadi ceria kembali karena mendapatkan peluang untuk membuat ulang sosok robot Baymax.