AUTOMATA

1001 Film di 1001Berita.com. Automata, film fiksi ilmiah dengan latar belakang bumi yang gersang karena badai matahari. Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta, Banten dan sekitarnya pada 28 November 2014. Alur cerita tidak mudah ditebak dan cukup menegangkan. Hanya tata suara yang dikemas kurang baik untuk film layar besar ini. Penonton dipancing untuk menemukan sosok perombak otak buatan yang ditanamkan pada para robot. Silahkan saksikan langsung di bioskop kesayangan anda.

  • Produser : Danny Lerner, Les Weldon, Antonio Banderas, Sandra Hermida
  • Produksi : Millenium Films
  • Sutradara : Gabe Ibanez
  • Antonio Banderas sebagai Jacq Vaucan, tokoh utama, seorang agen asuransi.
  • Birgitte Hjort Sørensen sebagai    Rachel Vaucan, istri dari Jacq.
  • Melanie Griffith sebagai Dupre dan pengisi suara robot Cleo. Ilmuwan Robotik.
  • Robert Forster sebagai Robert Bold, atasan kerja Jacq Vaucan.

Diawali dengan kejadian badai matahari yang memiliki pengaruh dahsyat pada bumi hingga mengakibatkan bumi menjadi padang gurun yang sangat luas, tanpa sungai, tanpa lautan bahkan dan tanpa hujan. Hujan yang turun adalah hujan buatan. Manusia tinggal dalam kota tertutup dengan awan buatan untuk berlindung dari panas matahari. Populasi manusia hanya tinggal sedikit. Untuk membantu aktifitas, manusia menciptakan robot. Robot di desain mirip dengan manusia, memiliki kepala, tangan dan kaki, dan ditanamkan 2 peraturan utama yaitu: melindungi manusia dan tidak dapat memperbaiki diri sendiri.

Pasang Iklan Link

Jacq Vaucan, seorang agen asuransi sedang mengatasi keluhan sebuah keluarga yang merasa dirugikan oleh robot barunya telah membunuh seekor anjing kesayangan di keluarga tersebut. Setelah meyakinkan keluarga tersebut bahwa robot di rumah mereka masih berfungsi dengan baik, Jacq kembali ke kantornya. Jacq mendapat tugas baru untuk menyelidiki penembakan sebuah robot oleh rekan kerjanya. Rekan kerjanya menyangkal menembak robot tanpa alasan kuat dan mengatakan bahwa robot yang ditembaknya telang melanggar peraturan ke 2 yaitu tidak dapat memperbaiki diri sendiri. Dalam perjalanan pulang, tanpa sengaja melihat robot kuning yang seolah sedang mengamatinya dan berusaha menghindar. Jacq memburu robot kuning tersebut dengan sembunyi-sembunyi hingga akhirnya robot itu ditemukan dalam sebuah tempat penampungan rongsokan elektronik. Tanpa disangka dan tidak bisa dicegah, robot kuning tersebut menuangkan bensin dan membakar dirinya sendiri. Jacq membawa rongsokan robot tersebut ke lab di kantornya untuk di selidiki. Para penyidik di ROC memiliki pendapat bahwa robot-robot yang dapat memperbaiki dirinya sendiri adalah robot yang telah di modifikasi. Jacq membawa bio-kernel robot yang terbakar dan tetap menyembunyikan batere bulat robot yang memiliki tenaga nuklir.

Ditempat lain, kejadian yang dilaporkan Jacq dianggap sebagai ancaman yang bisa membahayakan kondisi keuangan perusahaan. Bos ROC menugaskan staf lainnya untuk melenyapkan orang-orang yang mengetahui insiden tersebut.

Promosi

Jacq sering melamun ke masa lalu, masa kecilnya, saat indah bermain pasir dan ombak kecil di tepi pantai. Hal yang tidak mungkin di rasakan ditengah kota. Jacq juga merasakan jenuh dengan aktifitasnya sebagai agen asuransi perusahaan robot ROC. Jacq menyampaikan keinginannya pada atasan langsungnya di kantor ROC yaitu Robert. Jacq ingin resign, pergi ke wilayah lain dan tinggal di dekat pantai. Robert menolak keinginan Jacq dan berusaha meyakinkan Jacq bahwa kehidupannya yang sekarang adalah sangat bagus.

Jacq tinggal di sebuah apartemen dengan seorang istri cantik yang tengah hamil tua. Teknologi saat itu memungkinkan untuk istrinya melihat secara langsung kondisi bayinya secara 3D dengan alat kesehatan yang terpasang di rumahnya. Acara berita dan hiburan tidak lagi disaksikan melalui kotak televisi melainkan secara 3D yang dipancarkan ditengah kota, setiap orang menyaksikan melalui jendela rumahnya masing-masing. Jacq menyampaikan pembicaraannya di kantor pada istrinya, dan keinginannya untuk pindah rumah ke tepi pantai, agar anaknya bisa merasakan deburan ombak kecil seperti dirinya dahulu. Namun keinginan Jacq ditolak, dan istrinya mengusirnya.

Jacq meninggalkan rumahnya walaupun diluar sedang turun hujan buatan. Jacq memutuskan untuk melanjutkan penyelidikan atas laporan rekannya tentang robot yang dapat memperbaiki diri sendiri. Jacq dan Wallace pergi bertemu dengan seorang wanita tua yang memiliki robot prostitusi yaitu Cleo. Jacq menanyakan siapa modifikator Cleo, namun wanita tua itu menolak menjawabnya hingga Wallace menjadi murka dan menembak kaki Cleo. Jacq membawa Wallace keluar dari rumah wanita tua tersebut dan menyatakan tidak suka atas sikap kasar Wallace.

Jacq menanti di depan rumah wanita tua tersebut dari kejauhan. Jacq mengikuti sebuah mobil jelek yang keluar dari rumah wanita tua tersebut hingga tiba ke rumah seorang ilmuwan cantik, dr Dupre. dr Dupre menyatakan bahwa dirinya menempatkan sebuah kernel hibrid diantara kernel standar ROC. Efeknya adalah Cleo dapat memperbaiki dirinya sendiri. Tiba-tiba pintu rumah dr Dupre diketok dari luar. Saat pintu dibuka tampak seorang anak kecil memegang pistol dan menembak dr Dupre hingga tewas. Jacq juga diburu, namun ia berhasil melarikan diri dan menumpang sebuah mobil yang ternyata di kemudikan oleh Cleo.

Cleo dan Jacq diburu oleh petugas asuransi ROC lainnya. Terjadi aksi kejar kejaran hingga keluar batas kota. Mobil petugas ROC dan mobil yang dikemudikan Cleo mengalami kecelakaan. Cleo dan Jacq selamat, namun 2 petugas ROC yang mengejar mereka hangus terbakar di dalam mobil. Saat terbangun, Jacq telah berada di padang pasir ditemani Cleo dan 3 robot lainnya. Robot-robot tersebut membawa Jacq meninggalkan kota menuju lokasi lainnya yang merupakan sumber tenaga listrik untuk para robot, yaitu pabrik batere bertenaga nuklir seperti yang ditemukan Jacq pada robot kuning.

Robert mendapat teguran keras dari bos ROC. Ia diminta untuk menemukan dan membawa Jacq. Robert mengutus Wallace untuk menemukan dan membawa Jacq. Ditempat lain, Jacq terluka dan terlalu lemah untuk berjalan sendiri, ia kehabisan air minum dan persediaan makan. Jacq mendapatkan air hasil proses penyulingan yang dilakukan oleh Cleo. Jacq di bawa menuju sebuah lokasi di padang gurun walaupun ia menolak dan meminta kembali ke kota. Jacq memperlambat perjalanan dan berusaha mendapatkan bantuan dengan cara menembakkan peluru api ke udara. Wallace melihat ledakan peluru api dari kejauhan dan akhirnya berhasil mengejar dan bertemu Jacq. Wallace dengan emosi bertanya pada para robot tentang sosok perubah bio kernel. Tidak ada satupun robot yang menjawab hingga ia menembak 2 robot di dekat Jacq. Saat Wallace hendak menembak Cleo, Jacq terpaksa menembakkan peluru sinyal api pada Wallace dan tepat tertancap di tubuh Wallace. Rekan semobil Wallace melarikan diri dan melaporkan insiden tersebut ke markas ROC.

Jacq, Cleo dan robot lainnya akhirnya tiba di sebuah bangunan tua yang besar. Penunggu bangunan tua tersebut hanya sebuah robot. Jacq menemukan beberapa mobil disana, namun tidak berhasil menemukan mobil yang siap dipakai. Cleo meminta batere dengan daya nuklir yang di ambil Jacq dari robot kuning, dan Jacq memberikannya. Batere tersebut di gunakan oleh Cleo dan robot lainnya untuk menjadi power bagi robot serangga/robot kecoa. Setelah berhasil membuat robot kecoa, Cleo dan robot lainnya bekerja sama memperbaiki salah satu mobil hingga menyala kembali. Mobil berhasil diperbaiki dan diberikan pada Jacq untuk kembali ke kota.

Ditempat lain, Rachel, istri Jacq sudah melahirkan seorang anak perempuan. Namun kebahagiaan Rachel hanya sesaat karena ia ditangkap untuk menjadi umpan menangkap Jacq. Robert juga ditangkap di rumahnya dan dibawa menemukan jejak Jacq. Perjalanan panjang di lakukan. Di perhentian pertama mereka menemukan Wallace yang sudah tewas di jalan. Robert di paksa untuk menguburkan Wallace. Pengawal bos ROC terus mengejek Robert hingga akhirnya Robert murka dan menembakkan pistolnya, namun sayang hanya mengenai bahu dan Robert terluka parah karena terkena peluru salah satu staf ROC. Robert dibiarkan tergeletak sekarat tak berdaya saat rombongan melaju kembali memburu Jacq.

Akhirnya rombongan pemburu Jacq tiba di gudang tua dan terlihat Cleo sedang menyebrangkan robot lainnya menggunakan kawat besi melintasi sungai kering. Hampir tiba di sebrang, namun robot gagal menyebrang karena jatuh saat melompat dari bak menuju landasan di tepi lainnya. Robot kecoa berhasil kabur saat akan ditembak, tapi malang, rekan robot Cleo lainnya tertembak oleh pegawai ROC. Cleo terdesak, hanya tinggal dia saja menjadi sasaran tembak. Ditempat lain, jacq bertemu dengan Robert yang sekarat seorang diri di padang pasir. Sebelum tewas, Robert berikan info pada Jacq bahwa istrinya sudah melahirkan seorang putri cantik namun keadaan mereka tidak aman karena disandera oleh pegawai ROC. Jacq marah dan segera kembali ke gudang tua untuk menyelamatkan istri dan putrinya.

Kedatangan Jacq tepat pada waktunya, saat Cleo terdesak. Mobil melaju kencang menabrak 2 pegawai ROC, namun Jacq ikut terluka oleh tembakan pegawai ROC. Jacq terhimpit diantara jurang tinggi atau ancaman peluru pegawai ROC. Tiba-tiba tampil robot kecoa dan menerjang pegawai ROC. Pegawai ROC itu jatuh dari ketinggian ke sungai kering. Jacq membantu menyebrangkan Cleo dan robot kecoa untuk menyeberang dan menemukan pabrik batere tenaga nuklir. Jacq beserta istri dan putrinya kembali menuju kota.