Saint Seiya: Legend of Sanctuary

1001 Film di 1001Berita.com. Film animasi dari negeri Jepang dengan durasi kurang lebih 90 menit, sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta, Banten dan sekitarnya pada 9 Desember 2014. Tata gambar sangat bagus, dari awal ditampilkan barisan galaksi, istana Sanctuary, baju zirah para saint hingga efek adu kekuatan para saint. Untuk yang biasa nonton film dengan percakapan bahasa Inggris, agak susah mengikuti dan mengerti jalan cerita karena menggunakan bahasa Jepang walaupun ditampilkan subtitle dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam 2 baris sekaligus. Beruntung sudah pernah menyaksikan serial televisinya di masa lalu, jadi tetap bisa mengikuti jalan cerita.

  • Sutradara: Keiichi Satou
  • Kaito Ishikawa pengisi suara Seiya, saint perunggu Pegasus
  • Ayaka Sasaki pengisi suara Saori Kido
  • Kenji Akabane pengisi suara Shiryu, saint perunggu naga hijau
  • Kensho Ono pengisi suara Hyoga, saint perunggu Es
  • Nobuhiko Okamoto pengisi suara Shun, saint perunggu rantai Andromeda
  • Kenji Nojima pengisi suara Ikki
  • Go Inoue pengisi suara saint Leo alias Aiolia
  • Rikiya Koyama pengisi suara saint Taurus alias Aldebaran
  • Shinji Kawada pengisi suara saint Capricorn alias Shura
  • Mitsuaki Madono pengisi suara saint Virgo alias Shaka
  • Daisuke Namikawa pengisi suara saint Aquarius alias Camus
  • Hiroaki Hirata pengisi suara saint Cancer alias DeathMask
  • Mitsuru Miyamoto pengisi suara saint Aries alias Mu
  • Masumi Asano pengisi suara saint Scorpio alias Milo
  • Takuya Kirimoto pengisi suara saint Pisces alias Aphrodite
  • Toshiyuki Morikawa pengisi suara saint Sagitarius alias Aiolos
  • Kôichi Yamadera pengisi suara saint Gemini alias Saga. Tokoh Jahat.

Ditampilkan barisan galaksi, barisan planet hingga Saint Emas Sagitarius alias Aiolos terbang berusaha meloloskan diri dari kejaran Saint Emas Gemini dan Saint Emas Capricorn, terjadilah pertempuran diantara mereka bertiga, akhirnya Saint Sagitarius terlempar jatuh ke bumi dan terhimpit batuan dengan tetap membawa kotak emas, saint Gemini tewas dalam pertempuran tersebut. Aiolos dituduh oleh kepala Sanctuary telah membrontak karena menolak membunuh bayi kecil yang dipercaya adalah titisan Athena. Disebuah tempat penggalian, beberapa peneliti melihat sebuah cahaya berkilau jauh di ujung gua. Mitsumasa sangat tertarik dengan kilauan tersebut dan mendekatinya. Betapa terkejutnya dia melihat cahaya tersebut adalah kilauan emas dari jubah sagitarius. Sebuah kotak disentuh dan terbuka, isinya adalah bayi perempuan. Mitsumasa menoleh ke sisi lain dan dilihatnya Aiolos yang sekarat dan tidak bisa bergerak karena terhimpit batu besar. Aiolos menceritakan tentang bayi perempuan tersebut dengan cara masuk ke pikiran Mitsumasa, memintanya membesarkan bayi Athena, 16 tahun kemudian akan hadir saint Perunggu yang melindungi bayi Athena.

Singkat cerita, 16 tahun kemudian, bayi Athena sudah menjadi pemudi cantik yang dinamakan Saori Kido. Saori heran dengan kemampuan yang dimilikinya, ia dapat menyembuhkan luka orang lain dengan cepat tanpa obat. Tatsumi, supir dan pengasuhnya menceritakan pesan Mitsumasa tentang Saori. Dalam perjalanan menggunakan sebuah sedan hitam, diatas jembatan besar, Saori dihadang seorang saint yang juga berusaha membunuhnya. Disaat kritis, datang Seiya menolong Saori. Seiya berubah menjadi saint perunggu Pegasus, tak berapa lama datang saint perunggu lainnya membantu Seiya yaitu Hyoga, Shiryu dan Shun. Ke 4 saint perunggu tersebut berhasil mengusir saint penyergap tadi dan mereka memperkenalkan diri sebagai pelindung nona Saori.

Seiya dan 3 temannya menikmati malam di villa milik keluarga Saori. Saori di sisi lain villa sedang termenung karena petaka yang baru saja menghampirinya, kemudian datang Seiya memberikan hiburan dan janji untuk selalu bersamanya dan melindunginya. Tiba-tiba datang saint Leo menyerang Saori dengan alasan meminta jubah emas milik saint sagitarius. Saori tidak mengetahui dan tidak menyimpan jubah emas yang diminta. Saint Leo meminta Saori datang ke Sanctuari dan membuktikan bahwa ia titisan Athena. Seiya berusaha menolong walaupun akhirnya gagal dan terluka parah. Saint Leo meninggalkan Saori yang sedang menangis dan berusaha menyembuhkan Seiya walaupun dirinya sendiri terluka parah oleh panah beracun.

Seiya dan 3 temannya bertekad untuk mendampingi dan melindungi Saori dalam perjalanan ke Sanctuary menemui sosok bengis kepala Sanctuary. Seiya gendong Saori memasuki gerbang awal anctuary. Mereka harus melewati dan mengalahkan 12 saint emas di setiap gerbang untuk tiba ke sanctuary. Gerbang pertama, mereka bertemu dengan saint emas Aries. Ternyata saint emas Aries mendukung dan mempersilahkan mereka melanjutkan perjalanan ke gerbang berikutnya. Saint Aries mengetahui peristiwa yang menimpa saint sagitarius. Masuk ke gerbang ke 2 yang dijaga oleh saint Taurus berbadan besar dan memiliki mahkota bertanduk. Pertempuran terjadi, Seiya berhasil mematahkan salah satu mahkota tanduk milik saint Taurus. Pertarung terhenti saat saint Aries datang dan memberikan info bahwa saint Taurus hanya menguji mereka. Luka yang dialami Saori semakin parah, saint Aries dan saint Taurus memutuskan untuk mengawal dan membawa Saori sementara seiya dan 3 temannya melanjutkan perjuangan ke gerbang berikutnya. Saint Cancer, penunggu gerbang ke 3 dengan topeng menyeramkan dan memiliki kekuatan magic memindahkan Hyoga dan Shiryu ke Underworld. Hyoga diselamatkan oleh gurunya, saint Aquarius dan membawanya ke istana Aquarius. Terjadilah perbedaan pendapat tentang titisan Athena, dan Hyoga harus bertarung melawan gurunya sendiri, pertempuran dahsyat 2 pengendali es tak terelakkan, dan kemenangan akhirnya berpihak pada Hyoga yang walaupun lemah dan terluka tetap berani berikan perlawanan. Hyoga terbaring lemas di lantai setelah mengalahkan saint Aquarius. Ditempat lain, Shiryu juga terlibat pertarungan sengit melawan saint Cancer. Sifat jahat dan curang saint Cancer keluar saat pertarungan melawan Shiryu. Akhirnya jubah emas saint Cancer meninggalkan deathmask. Shiryu juga melepaskan jubah perunggunya untuk melanjutkan pertempuran melawan deathmask. Dengan pukulan naga hijau, deathmask terlempar ke jurang. Shiryu keluar dari Underworld dan terbaring di sisi Hyoga di gerbang saint Cancer. Kemudian datang Saori yang dikawal oleh saint Aries dan saint Taurus. Saori yang semakin lemah tetap berusaha membangunkan dan memulihkan Shiryu dan Hyoga.

Ditempat lain, Seiya dan Shun terlibat pertarungan sengit melawan saint Leo. Kemampuan Seiya dan Shun jauh dibawah saint Leo, mereka terluka parah. Kemudian datang saint Virgo meredakan amarah saint Leo dan memintanya melepaskan Seiya dan Shun. Gerbang selanjutnya dijaga oleh saint Scorpio. Walaupun terluka, Seiya dan Shun tetap bertarung melawan saint Scorpio. Datang saint Capricorn membantu saint Scorpio. Pertarungan berjalan tidak seimbang, kekuatan saint emas tidak mampu di tundukkan oleh Seiya dan Shun. Tiba-tiba datang satria perunggu lainnya yaitu Ikki, mencoba menolong Shun. Namun pertolongan Ikki tidak membuahkan hasil, Ikki juga takluk oleh kekuatan saint emas Scorpio. Kemudian datang saint Aries, saint Taurus, saint Virgo, Hyoga, Shiryu dan Saori. Saint Virgo kembali menjadi penengah, ia meminta saint Scorpio berhenti menyerang dan mengungkapkan rahasia bahwa penunggu Sancruary telah menyihir saint Leo sehingga menyerang Seiya dan Shun. Saint Virgo juga mengungkapkan bahwa penunggu Sanctuary adalah sang pemberontak yang berusaha mengacaukan Sanctuary dan membunuh titisan Athena. Hyoga, Shiryu dan Saori menggabungkan kekuatan cosmo untuk membangunkan Seiya yang terkapar tak berdaya. Seiya kembali sadarkan diri.

Didalam sanctuary, saint Pisces menceritakan kejadian di 12 gerbang para saint emas pada penunggu Sanctuary. Saat meninggalkan Sanctuary, saint Pisces dibunuh oleh kekuatan hitam penunggu Sanctuary yang ternyata adalah saint Gemini. Saint Gemini tampil keluar menemui para saint di depan sanctuary dan menyatakan bahwa dialah yang mencoba membunuh Athena, namun dihalangi oleh saint sagitarius. Ambisi, kekuatan dan keserakahan saint Gemini memuncak, dia berniat menguasai alam semesta, ia membangkitkan monster raksasa. Para saint emas bersatu melawan monster raksasa, sementara Seiya bertarung melawan saint gemini yang berusaha mencelakai Saori. Seiya yang terluka parah oleh serangan saint Gemini berhasil membangkitkan cosmo ke tingkat 7. Badai pukulan saktinya semakin dahsyat, namun saint Gemini kabur dan bersatu kedalam tubuh monster raksasa. Saint Gemini melanjutkan aksinya menyerang Saori. Saiya menghadang dan tiba-tiba jubah emas saint sagitarius menempel pada Seiya sehingga kekuatannya bertambah dan dapat menandingi kekuatan saint Gemini. Seiya menangkap dan membawa Saori terbang dari kejaran saint Gemini yang besar dan beringas. Seiya siap-siap melepaskan panah sakti sagitarius, Saori menambahkan kekuatan panah sakti dengan cosmonya. Panah dilepaskan dan monster besar itu hancur, tinggal saint Gemini yang terkapar tanpa jubah emas di badannya. Sanctuary sekarang aman dan dalam kendali Saori.

Film animasi lainnya: