THE HOBBIT: THE BATTLE OF THE FIVE ARMIES

THE HOBBIT: THE BATTLE OF THE FIVE ARMIES, menampilkan tata gambar yang luar biasa sejak dari awal hingga akhir film. Pemandangan alam berupa pegunungan, bukit, lembah hingga hutan sangat memukau. Beberapa penayangan spektakuler di film petualangan Bilbo Baggin adalah:

  • Smaug, naga terbang mengamuk menyemburkan api
  • Istana megah Thorin yang terdapat di dinding gunung
  • Sosok pasukan perang bangsa peri berbaju zirah kuning emas
  • Pertarungan Thorin dkk di tebing gunung

Dibalik kerasnya perang, ditampilkan juga romantisnya cinta antara seorang pria kurcaci Kili dengan peri wanita Tauriel. Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta, Banten dan sekitarnya sejak 17 Desember 2014, lama tayang lebih dari 2 jam dan tidak membosankan.

  • Produser : Fran Walsh, Carolynne Cunningham, Peter Jackson
  • Produksi : Warner Bros. Pictures
  • Sutradara : Peter Jackson
  • Martin Freeman  sebagai Bilbo Baggins, tokoh utama, Hobbit, memiliki cincin untuk menghilang
  • Ian McKellen sebagai Gandalf, penyihir tua, mahir bertempur
  • Luke Evans as Bard, jago panah, pemimpin manusia di tepi danau
  • Richard Armitage sebagai Thorin, raja kurcaci
  • Benedict Cumberbatch pengisi suara Smaug, naga terbang
  • Aidan Turner sebagai Kili, adik dari Thorin
  • Orlando Bloom sebagai Legolas, peri laki-laki, jago panah
  • Evangeline Lilly sebagai Tauriel, peri wanita

Diawali dengan situasi panik karena kehadiran naga terbang mengamuk dan menyemburkan api di perkampungan manusia di tepi danau. Tauriel tampak ikut membantu menyelamatkan penduduk menggunakan perahu. Pemimpin perkampungan yang serakah, dengan asistennya yang licik hanya membawa harta tanpa membawa penduduk keluar dari perkampungan yang sedang terbakar parah. Saat penduduk perkampungan berusaha menyelamatkan diri, Bard, masih terkurung didalam penjara, di salah satu sudut kota. Akhirnya Bard dapat keluar dengan cara mengikatkan kumpulan kain pada jeruji besi dan melemparkan kain keluar penjara dan gulungan kain tepat tersangkut pada leher anak buah pemimpin kampung yang sedang kabur mengggunakan perahu. Setelah berhasil keluar dari penjara, Bard tidak langsung pergi menyelamatkan dirinya sendiri, tapi dia melompat dari satu atap ke atap lainnya menuju menara kota dengan membawa busur dan beberapa anak panah. Tiba di puncak menara, Bard membusungkan busurnya dan melepaskan anak panahnya. 3 kali dilepas dan tepat mengenai naga terbang yang sedang mengamuk namun panah-panah tersebut tidak mampu menembus kulit Smaug si naga terbang.

Ditempat lain, di atas sungai, di dalam perahu yang dikendalikan Tauriel, anak laki-laki Bard melihat usaha Bard memburu Smaug. Kemudian ia kabur dari perahu dan berlari menuju ayahnya. Bard dalam keadaan terdesak saat anaknya tiba diatas menara. Bard kehabisan anak panah dan Smaug berada persis di depannya berjalan mendekat. Busur yang akan digunakan oleh Bard patah saat berusaha menyelamatkan anaknya yang tergelincir jatuh saat menara roboh oleh terjangan Smaug. Dengan tenaga yang tersisa, Bard menjadikan anaknya sebagai bagian dari busur, menggunakan tongkat besi pemberian anaknya sebagai panah dan saat Smaug mendekat, panah dilepaskan tepat mengena tubuh Smaug dan menembus kulitnya. Smaug mencoba terbang tinggi, kemudian jatuh kebawah menimpa perahu yang berisi pemimpin rakus dengan hartanya hingga terbalik.

Sorak-sorai menyambut kematian Smaug dan kedatangan Bard sebagai pahlawan besar bagi penduduk kota ditepi danau. Bard diangkat sebagai pemimpin baru bagi penduduk tepi danau, dan ia meminta penduduk untuk menyelamatkan penduduk lain yang terluka dan bersiap-siap untuk pindah ke lokasi lain. Thorin dan keluarganya pergi meninggalkan perkampungan tepi Danau. Terlihat Kili, adik dari Thorin berusaha mengajak Tauriel ikut dengannya, namun Tauriel menolaknya. Sebelum pergi, Kili memberikan batu perhiasan hitam sebagai janji kesetiaan. Kili berangkat dengan rombongannya menuju istana Smaug, sementara Tauriel pergi bersama Legolas ke sisi lainnya karena firasat akan ada perang besar memperebutkan istana Smaug yang berisi banyak emas.

THE HOBBIT: THE BATTLE OF THE FIVE ARMIES

Di atas gunung, Gandalf sedang terkurung dalam penjara gantung, terkapar lemah penuh luka-luka. Tampak seorang peri wanita dengan gaun putih berusaha menyelamatkannya. Peri wanita tersebut dibantu dengan 2 peri lainnya terlibat pertarungan sengit melawan prajurit kegelapan. Mereka berhasil menang dan mengusir pasukan kegelapan dengan pemimpinnya kembali ke dunia kehampaan, namu peri wanita tersebut terkulai lemas kehabisan tenaga. Gandalf dibawa kabur untuk menyelamatkan diri menggunakan kereta kelinci.

Thorin dan rombongan berhasil tiba di istana Smaug. Didalam istana tersebut kosong, tanpa penghuni namun berlimpah koin emas. Thorin berubah menjadi egois dan serakah. Ia berniat menguasai istana tersebut dengan semua harta didalamnya. Ia memerintahkan semua pengikutnya untuk mencari dan menemukan sebuah permata kerajaan di antara tumpukan koin emas, namun tidak berhasil, ia mengira salah satu pengikutnya telah mencurinya. Tanpa diketahui Thorin, permata tersebut sudah disimpan oleh Bilbo.

Bard mengajak seluruh penduduk tepi danau untuk pindah ke kota lain di sebuah kota dekat istana Smaug. Mereka berhasil tiba di kota tersebut. Kota itu telah kosong tanpa penghuni, hanya sisa-sisa kehancuran. Mereka tinggal di sana dengan persediaan makan dan minuman yang menipis.

Ditempat lain, di istana Smaug, Thorin yang berubah serakah memerintahkan pengikutnya untuk menutup gerbang istana dengan timbunan batu besar agar tidak ada yang dapat masuk dan mengambil emas di dalam istana.

Bard dan penduduk kota lainnya merasa gembira dan tertolong oleh kehadiran rombongan dari kerajaan peri yang membawa bahan makanan. Namun tujuan utama kedatangan rombongan peri adalah untuk pergi ke istana Smaug untuk mengambil harta yang berupa kalung permata milik leluhur kerajaan peri. Bard menawarkan diri menjadi penengah antara Thorin dan raja peri karena ia kenal dekat dengan mereka berdua.

Bard datang dan menemui Thorin di istana Smaug. Karena sangat kuatir, Thorin hanya berbicara dengan Bard diantara celah batu. Bard menagih janji Thorin untuk memberikan sebagian harta di istana Smaug untuk membantu penduduk tepi danau. Thorin tidak mau menepati janji dan berkeras hati tidak memberikan kalung permata permintaan raja peri, dan tidak mengizinkan seorangpun masuk ke dalam istana Smaug. Sebelumnya, Bilbo telah berhasil menyelinap keluar dari istana Thorin untuk memberikan permata kerajaan peri yang sedang dicari Thorin kepada Bard dan raja peri sebagai alat negosiasi dan mencegah perang besar. Tawaran Bard dan raja peri ditolak Thorin. Thorin tidak takut dengan kepungan pasukan peri berbaju emas. Rupanya Thorin sudah meminta bantuan kepada saudara sepupunya yang juga seorang raja. Sepupu Thorin datang dengan pasukan berbaju perunggu. Pertempuran besar tidak terhindarkan.

Diluar istana Smaug terjadi peperangan besar, namun Thorin sendiri tidak keluar dari istananya. Thorin mendapat teguran dari Bilbo dan beberapa pengikutnya yang kecewa dengan perubahan Thorin.

Tiba-tiba pasukan Orc yang buruk rupa dan monster besar kiriman Sauron datang, mereka menghancurkan tembok istana Smaug dan melindas orang-orang di depannya dengan mudah. Raja Peri memutuskan untuk mundur dari medan pertempuran karena melihat banyaknya pasukan kerajaan peri gugur. Legolas dan Tauriel tidak mau mundur dari perang mengikuti perintah raja peri.

Didalam istana, akhirnya Thorin yang terus terusik dengan teguran dan nasehat dari Bilbo dan anak buahnya menjadi sadar. Thorin memutuskan untuk ikut bertempur. Thorin dan pasukannya keluar dari istana dan memberikan perlawanan sengit pada pasukan Orc dan monster-monsternya. Thorin memburu Sauron di puncak gunung batu untuk menghentikan perlawanan pasukan Orc. Thorin berhasil tiba di puncak gunung batu, namun kosong. Ia membagi 2 rombongannya untuk menyelinap ke sisi lain. Ia menyadari bahwa ia berada dalam jebakan Sauron, namun terlambat, salah satu anak buahnya telah ditangkap, ditikam dan dilempar di hadapannya sendiri. Kili yang melihat rekannya terbunuh, nekat dan memberikan penyerangan pada pasukan Sauron. 

Dari sebuah tebing tinggi, Legalos melepaskan anak panahnya dan selalu tepat mengena pada pengawal Sauron yang sedang memburu Thorin. Thorin akhirnya bisa berhadapan dan bertarung 1 lawan 1 dengan Sauron. Kili terdesak melawan salah satu pengawal Sauron yang berbadan lebih besar darinya. 

Di kejauhan, Tauriel melihat Kili terdesak segera datang dan mencoba membantunya. Tauriel ikut menyerang, namun ia kalah kuat dan kalah besar, ia menjadi sandera di bawah ancaman pedang. Kili berikan perlawanan dengan sisa tenaganya, namun sia-sia, ia akhirnya tewas oleh tikaman pengawal Sauron. Tauriel yang sedang bersedih menjadi target selanjutnya dari pengawal Sauron. Tauriel mengerah sisa tenaganya untuk membanting pengawal Sauron ke jurang. Tauriel dan pengawal Sauron jatuh ke jurang bersamaan. Tauriel terkapar di salah satu sisi jurang. Legalos dari kejauhan melihat pengawal Sauron bangkit dari jurang, segera datang dan berhasil mengalahkan pengawal Sauron tersebut.

Thorin terlibat perkelahian sengit melawan Sauron yang menggunakan bandul besi. Datang seorang pengawal Sauron berusaha menikam Thorin. Legalos yang melihatnya berusaha membantu, namun anak panahnya habis, ia melemparkan pedangnya dan tepat mengenai dada pengawal Sauron. Pertarungan sengit kembali pada Thorin dan Sauron. Bandul besi Sauron berhasil menghancurkan lapisan es hingga mereka berdua bertarung diatas sebuah kepingan es. Bandul besi Sauron terjepit pada es dan tidak bisa ditarik kembali. Thorin melihat kesempatan itu, mengambil bandul besi dan melemparkannya ke air hingga membawa Sauron hanyut ke dasar. Thorin bangkit dan melihat sekeliling, tiba-tiba tubuh Sauron mengapung dengan mata terbuka dibawah lapisan es yang dipijak Thorin. Thorin mengira Sauron telah tewas, namun Sauron menghunuskan pedangnya tepat mengena di kaki Thorin. Thorin jatuh sambil menahan sakit. Sauron sudah berada didepan Thorin dan menghunuskan pedangnya tepat ke lehen Thorin. Thorin sengaja mengarahkan pedang Sauron menancap ke salah satu sisi badannya. Saat pedang Sauron menancap di tubuh Thorin, Thorin segera menghunus pedangnya ke dada Sauron. Sauron akhirnya benar-benar tewas. Bilbo tiba saat Thorin sedang terkapar lemas. Bilbo berusaha membantu mengobati, Thorin meminta maaf pada Bilbo karena telah mengabaikan nasehatnya dan bertindak kasar. Thorin akhirnya tewas juga. Anak buah Thorin mendekat dan menangis sedih.

Simak tips ngopi di bioskop

Perang besar usai, Bilbo pamitan dengan anak buah Thorin. Bilbo ditemani Gandalf hingga ke tengah hutan yang merupakan perbatasan wilayah para Hobbit. Bilbo dan Gandalf berpisah. Bilbo tiba di perkampungan dekat rumahnya dan melihat penduduk berpapasan sambil membawa perabotan rumah milik Bilbo. Rupanya isi rumah Bilbo sedang dilelang oleh ketua desa karena Bilbo menghilang selama 13 tahun tanpa kabar.

THE HOBBIT: THE BATTLE OF THE FIVE ARMIES

Bilbo masuk ke rumahnya yang telah kosong, hanya beberapa buku berserakan di dalam rumahnya. Singkat cerita Bilbo telah menjadi tua, berambut putih dan keriput sedang memandang peta buatannya. Tiba-tiba pintu diketuk dan terdengar suara orang. Pintu dibuka dan Gandalf datang.