1001 Film di 1001Berita.com. IP Man 3, tayang perdana di bioskop-bioskop di Jakarta, Banten dan sekitarnya pada 28 Desember 2015.

  • Produser : Raymond Wong
  • Sutradara : Wilson Yip
  • Penulis : Edmond Wong
  • Produksi : Pegasus Motion Pictures
  • Donnie Yen sebagai master Ip
  • Mike Tyson sebagai Frank
  • Kwok-Kwan Chan sebagai Bruce Lee
  • Zhang Jin sebagai Cheung Tin-chi

Diawali dengan kedatangan Bruce Lee yang berniat untuk berguru pada master Ip, namun tidak berlanjut. Di tempat lain, di sekolah, anak master Ip sedang berkelahi dengan teman sekelasnya. Setelah di pisahkan, mereka di bawa kedalam ruang kelas untuk di obati luka-luka nya dan diberikan nasehat, mereka di jemput oleh master Ip untuk makan bersama sambil menunggu kedatangan orang tua dari temannya yang berprofesi sebagai tukang becak.

Cheung datang menjemput anaknya di rumah master Ip. Mereka berkenalan dan segera akrab. Ternyata Cheung adalah seorang jago beladiri Wing Chung, sama dengan master Ip. Diluar aktifitas harian sebagai penarik becak, Cheung juga mencari uang uang sebagai petarung bebas di gudang milik Frank. Frank berambisi memiliki lahan sekolah, tempat dimana anak master Ip bersekolah.

Gerombolan berandal anak buah Frank datang ke sekolah membuat kekacauan dan memaksa kepala sekolah untuk menjual sekolah miliknya. Kebetulan master Ip ada disana menjemput anaknya. Ia menolong kepala sekolah dan mengusir para berandal tersebut. Sejak kejadian tersebut, master Ip membantu sekolah menjaga keamanan sekolah. Beberapa hari kemudian, dimalam hari, gerombolan tersebut kembali datang ke sekolah dan berusaha membakar sekolah. Usaha gerombolan pengacau berhasil di hentikan oleh master Ip dan murid-muridnya, juga Cheung yang kebetulan lewat.

Esok harinya master Tin datang menemui master Ip untuk meminta maaf padanya karena pemimpin gerombolan pengacau tersebut adalah bekas muridnya. Master Tin pergi mendatangi gudang tempat gerombolan pengacau itu tinggal. Master memarahi bekas muridnya itu. Tidak terima di marahi, ia hendak menusuk pisau pada master Tin, beruntung master Ip mencegah dengan cepat. Pengacau lainnya berniat mengeroyok master Ip, kejadian tersebut berhasil di cegah oleh komandan kepolisian yang kenal dekat dengan master Ip.

Pemimpin gerombolan pengacau menyewa Cheung untuk mencederai master Tin atau Cheung tidak boleh ikut tarung bebas di gudang miliknya. Cheung menerima tugas tersebut dengan terpaksa, dan dengan mudah ia masuk ke rumah master Tin sekaligus mencederai master Tin hingga terluka parah dan dibawa ke rumah sakit. Pemimmpin gerombolan pengacau menelpon master Ip untuk menjenguk master Tin di rumah sakit dengan alasan master Tin ingin berjumpa dengannya. Muslihat jahat berhasil di lakukan, sementara master Ip bertemu denganĀ  master Tin, gerombolan pengacau datang ke sekolah dan menculik anak-anak sekolah, termasuk anak dari master Ip.

Setelah diberitahu, master Ip datang ke gudang tempat anak-anak sekolah di sekap. Master Ip dipaksa untuk sujud agar anaknya dibebaskan, namun pemimpin berandal tersebut tetap tidak membebaskan anak-anak sekolah tersebut. Cheung datang untuk membebaskan anaknya, dan ia membawa pulang anaknya dengan mudah karena berteman dengan pemimpin berandal tersebut. Master Ip dipaksa bertarung melawan 10 orang petarung sekaligus agar anaknya dibebaskan. Cheung kembali ke sekolah dan membantu melawan gerombolan pengacau agar melepaskan anak-anak sekolah lainnya. Tak berapa lama datang polisi menyergap lokasi gudang tersebut dan menangkap para pengacau. Master Ip semakin terkenal karena foto dirinya masuk kedalam koran setempat.

Pemilik gudang menyewa seorang petarung dari Thailand untuk melukai master Ip yang sedang menemani istrinya berobat karena terkena sakit parah. Pertarungan terjadi di dalam ruang lift hingga ke tangga luar. Master Ip berhasil mengalahkan petarung sewaan tersebut.

Simak tips ngopi di bioskop

Komandan kepolisian yang merupakan teman master Ip menyampaikan pesan bahwa pemimpin kepolisian setempat kenal dekat dengan pemilik gudang tempat para pengacau bekerja. Master Ip mendatangi pemilik gudang tersebut seorang diri. Ia ditantang untuk bertarung. Jika ia tahan terhadap serangannya selama 13 menit maka ia bebas. Pemilik gudang tersebut berbadan hitam dan tinggi besar, ia seorang petinju. Terjadilah pertarungan sengit antara kungfu Win Chung melawan tinju barat. Master Ip mampu bertahan dan memberikan serangan selama 13 menit. Pertarungan terhenti oleh jam weker setelah 13 menit. Master Ip meninggalkan gudang tersebut.

Ditempat lain, Cheung mendeklarasikan diri sebagai petarung Wing Chung terhebat. Ia menantang master Ip untuk melakukan pertarungan di depan umum. Master Ip tidak kunjung datang meladeni tantangan Cheung, karena ia menemani istrinya. Perguruan kungfu milik Cheung semakin besar dan terkenal. Istri master Ip meminta ia untuk kembali berlatih dan melakukan pertarungan melawan Cheung. Akhirnya master Ip dengan ditemani istrinya mendatangi kediaman Cheung dan memenuhi tantangan Cheung. Pertarungan 2 jago kungfu Wing Chung berlangsung sengit. Pertarungan tersebut di menangkan oleh master Ip. Cheung mematahkan papan nama perguruannya sebagai pengakuan atas kekalahannya.

Film Ip Man lainnya: