1001 Film di 1001Berita.com. Film lanjutan dari Divergent dan Insurgent yang telah tayang sebelumnya. Menampilkan petualangan sekaligus perjuangan Tris & Four bersama teman-teman dekatnya. Petualang berlanjut di seberang tembok kota Chicago.

Setelah Jeanine berhasil ditumbangkan, keadaan kota Chicago tidak lebih baik. Simak selengkapnya di sini, atau langsung kunjungi dan saksikan di bioskop terdekat, selama masih tayang lho.

  • Produser : Douglas Wick, Lucy Fisher, Pouya Shahbazian
  • Sutradara : Robert Schwentke
  • Penulis : Noah Oppenheim, Adam Cooper, Bill Collage, Stephen Chbosky
  • Produksi : Entertainment One
  • Shailene Woodley sebagai Tris, tokoh utama, pejuang, pemberani, setia kawan
  • Theo James sebagai Four, tokoh utema, pejuang, pemberani, setia kawan
  • Zoë Kravitz sebagai Christina, sahabat Tris
  • Ansel Elgort sebagai Caleb, kakak Tris
  • Miles Teller sebagai Peter, pengecut, licik, tidak setia kawan, egois
  • Maggie Q sebagai Tori, teman Tris
  • Bill Skarsgård sebagai Matthew, teman baru Tris & Four di kota baru
  • Jonny Weston sebagai Edgar, preman pembela Evelyn
  • Jeff Daniels sebagai David, pemimpin kota baru
  • Octavia Spencer sebagai Johanna, pemimpin faksi Amity yang membentuk faksi baru Allegiant
  • Naomi Watts sebagai Evelyn, pemimpin non faksi

Setelah Jeanine berhasil di tumbangkan, para mantan anak buah Jeanine tengah di eksekusi dengan cara di suntikkan serum kejujuran agar berkata jujur kemudian di tembak. Evelyn menyerahkan proses eksekusi pada para hadirin. Johanna dan beberapa orang yang tidak setuju dengan proses eksekusi meninggalkan lokasi sebagai protes. Caleb, kakak dari Tris tampak di dalam salah satu ruang tahanan menunggu giliran proses eksekusi, tampak ia berteriak minta tolong pada Tris.

Di hari lain, Tris dan Four tengah memanjat salah satu puing bangunan tinggi di kota Chicago. Mereka merencanakan untuk menyebrangi tembok kota untuk menemukan peradaban lainnya yang lebih baik. Four membawa Caleb keluar dari ruang tahanan dengan mengelabui penjaga. Mereka meninggalkan keramaian yang sedang melakukan proses eksekusi para tahanan. Baru selangkah dari gedung utama, mereka di hadang oleh barisan anak buah Evelyn. Four berpura-pura menembak Caleb. Perjalanan berlanjut menggunakan mobil. Tiba-tiba datang Peter merengek ikut dengan mereka. Dengan terpaksa mereka mengijinkan Peter masuk kedalam mobil. Perjalanan terhenti di depan gerbang yang meminta surat pemindahan tahanan. Beruntung mereka di tolong oleh Christina dengan membawa beberapa lembar surat.  Saat penjaga sedang bingung memeriksa surat, gerbang dibuka dengan ragu-ragu, mereka kabur meninggalkan gerbang penjagaan.

Mereka tiba di dekat tembok besar yang memisahkan kota Chicago dari dunia luar. Mereka memanjat tembok dengan peralatan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Christina terjatuh karena kaget terkena arus listrik saat coba memotong kawat di atas tembok besar. Tris turun, mendekati truk yang mengalirkan arus listrik. Tris memasang bom ke mobil generator tersebut kemudian bergegas kembali ke tembok sambil menghindari rentetan peluru anak buah Evelyn yang dipimpin oleh Edgar. Tris melompat ke belakang Four yang segera naik ke atas tembok. Truk generator meledak hebat dan kawat berhasil di putus. Keberhasilan mereka berkurang dengan tewasnya Tori, salah satu teman mereka yang tertembak saat berdiri di atas tembok.

Perjalanan berlajut. Dunia di balik tembok besar tampak gersang dan sangat sepi. Mereka di kejutkan oleh deru mesin. Ternyata Edgar terus mengikuti dan menyerang mereka. Tris dkk terus berlari sementara Four menembaki Edgar. Tembok misterius yang tidak kasat mata terbuka, tampak rombongan orang berdiri dengan membawa senjata, tampak juga beberapa pesawat terbang canggih di dekat mereka. Mereka menyambut kedatangan Tris, Four dkk. Mereka menembak kendaraan yang ditumpangi Edgar hingga meledak.

Tris, Four dkk disambut bagaikan artis terkenal. Mereka di bawa kedalam ruang sterilisasi dan diberikan baju baru. Mereka diberikan ruang istirahat sendiri dan tugas berbeda. Tris mendapatkan perlakukan yang paling istimewa. Ia mendapatkan predikat “Murni”. Ia diundang bertemu dengan David, pemimpin di kota tersebut. Four dan Christina dilatih menjadi tentara biro kesejahteraan gen. Caleb dan Peter di tugaskan menjadi pengawas keadaan kota Chicago.

Dalam suatu tugas, Four dan Christina mendapati bahwa tentara Biro bukan menyelamatkan anak-anak melainkan menculik anak-anak kecil kemudian menghapus ingatan para anak kecil tersebut. Four berusaha memberitahukan Tris serta mengajaknya kembali ke Chicago dengan cara menyelinap ke ruang kerja David. Tris menolak ikut serta Four. Four ditangkap dan dibawa ke lokasi lainnya. Dalam perjalanan di dalam pesawat, Matthew berikan info bahwa Four akan dibuang. Four berikan perlawanan, Matthew membantunya, pesawat yang mereka tumpangi terjatuh dan hancur, namun mereka tetap selamat. Four melanjutkan perjalanan menuju Chicago dalam keadaan terluka, ia meminta Matthew untuk kembali dan menemui Tris.

Tris dibawa menggunakan pesawat menuju Providence, sebuah kota besar yang canggih. Ia bertemu dengan dewan kota. Ia menemukan fakta bahwa mereka hendak menghancurkan kota Chicago, kota yang digunakan sebagai percobaan proses pemurnian gen.

Didalam kota Chicago, perang besar akan segera terjadi antara kubu non faksi pimpina Evelyn melawan kubu Allegiant pimpinan Johanna. Caleb yang mengawasi kota Chicago segera berikan info tersebut pada Tris. Tris meminta bantuan Caleb untuk menemukan Four. Caleb telah menemukan Four yang telah ditangkap oleh Edgar.

Tris menggunakan pesawat milik David, membawa serta Caleb dan Christina kembali ke Chicago untuk menyelamatkan Four dan kota Chicago.

David menggunakan Peter untuk menghasut Evelyn untuk menyebarkan gas penghapus ingatan ke seluruh kota Chicago.

Tris dan Christina berhasil bertemu dan membebaskan Four. Mereka menuju ruang kendali, dimana Evelyn dan Peter hendak melepaskan gas penghapus ingatan. Four berusaha menyadarkan Evelyn. Peter menembak Evelyn saat Evelyn hendak membatalkan menekan tombol pelepasan gas. Peter menekan tombol dan gas segera tersebar di kota Chicago. Caleb berikan info lokasi untuk menghancurkan pusat pelepasan gas. Tris menyusuri lorong-lorong kota yang ternyata berada dalam kendali David yang berusaha menggagalkan rencana Tris. Menggunakan drone, Tris berhasil menemukan lokasi tersebut dan menghancurkan mesin pelepas gas. Ditempat lain, di ruang kendali, Peter melihat bahwa gas penghapus ingatan juga masuk ke ruang kendali melalui celah-celah udara. Peter membuka pintu dan kabur meninggalkan Chicago. Four membawa Evelyn ke lokasi lain dan berusaha menyelamatkan Evelyn.

Perang besar berhasil di cegah. Tris tampil dalam layar-layar besar yang tersebar di kota Chicago. Tris mengajak seisi kota Chicago untuk bersatu dan bersiap menghadapi serangan dari peradaban canggih di luar kota Chicago. Tris mengirimkan pesawat yang digunakannya untuk kembali dan meledakkan bom agar menghilangkan tembok semu pelindung kota canggih yang di pimpin oleh David.


Diluar kota Chicago, tampak Peter berteriak-teriak mengemis untuk di ijinkan masuk ke dalam kota baru.