life
1001 Film di 1001Berita.com. Life, film fiksi ilmiah, menampilkan keindahan Bumi dari luar angkasa, mengisahkan petualangan para astronot di stasiun luar angkasa internasional, mencari dan menemukan kehidupan dari Planet Mars. Tayang perdana di bioskop-bioskop Indonesia sejak 22 maret 2017.

  • Produser : Bonnie Curtis, Julie Lynn, David Ellison, Dana Goldberg
  • Sutradara : Daniel Espinosa
  • Penulis : Paul Wernick, Rhett Reese
  • Produksi : Columbia Pictures
  • Jake Gyllenhaal sebagai David Jordan, kru ISS
  • Ryan Reynolds sebagai Roy Adams, kru ISS
  • Rebecca Ferguson sebagai Miranda North, kru ISS
  • Ariyon Bakare sebagai Hugh Derry, kru ISS
  • Hiroyuki Sanada sebagai Sho Kendo, kru ISS
  • Olga Dihovichnaya sebagai Kat, kru ISS

Belajar dari film Life bahwa kepintaran/kepandaian manusia dalam membuat rancangan/rencana ada batasnya, tidak selalu tepat atau akurat, tidak pasti dan tidak sempurna.

Hal lainnya yaitu Bumi yang indah itu bentuknya BULAT, bukan datar.  Bumi hanya satu diantara jutaan benda pengisi alam semesta yang sangat luas.

Tata suara dalam film ini sangat baik, cocok/sesuai mendampingi jalan cerita. Penonton di ajak masuk kedalam suasana yang mencekam/menegangkan. Alur cerita juga tidak mudah untuk ditebak.

6 orang astronot berada di ISS (Stasiun luar angkasa Internasional) di dekat orbit Bumi. Mereka berhasil menangkap kapsul yang berisi tanah dari planet Mars. Tanah tersebut kemudian diperiksa di dalam lab di ISS. Hugh, menemukan organisme terkecil mahluk hidup dalam bentuk sel tunggal. Sel tunggal tersebut di coba dibangunkan dengan diberikan kondisi udara yang panas, tidak bergerak. Diberikan cairan glukosa, sel tunggal tersebut bergerak. Penemuan tersebut menjadi kabar baik bagi seluruh Kru ISS dan penduduk Bumi. Kemeriahan besar terjadi di Bumi dalam komunikasi terbuka dengan kru ISS, dan seorang gadis kecil mendapatkan kesempatan berikan nama pada sel tunggal tersebut “CALVIN”, sesuai dengan nama belakang sekolahnya.

Calvin bertumbuh dengan cepat. Tubuhnya tampak bening, tanpa warna, seluruhnya adalah otot sekaligus otak. Tubuhnya tumbuh cabang seperti bintang dengan 3 jari melambai. Hugh melanggar prosedur penelitian di ISS. Ia tetap berada di ruang lab seorang diri di jam tidur, dan terjadi kebocoran udara. 2 Kru lainnya terbangun dan memperbaiki kebocoran tersebut. Para kru ISS tidur di kapsul khusus.

Petaka terjadi, saat penelitian terhadap Calvin dilanjutkan, Calvin menempel dan menekan kuat tangan Hugh. Hugh kesakitan hingga membuat kru lainnya yang mengawasi menjadi kuatir. Kru lainnya menyarankan untuk gunakan jarum untuk menarik Calvin. Batang jarum patah menjadi 2 setelah di tempel dan ditekan oleh Calvin. Tangan Hugh akhirnya terlepas, namun ia tidak sadarkan diri, tangannya seperti melepuh terkena benda panas. Calvin memakan tikus percobaan  yang berada di dekatnya tanpa sisa. Tubuhnya bertambah besar. Calvin berhasil keluar dari zona isolasi di lab menggunakan jarum yang ia patahkan. Roy, salah satu kru ISS yang sering dipanggil dengan Rory mendapat ijin untuk masuk ke lab, untuk menolong Hugh sekaligus memusnahkan Calvin. Hugh berhasil ditarik keluar dari lab. Sho menyarankan untuk menggunakan tembakan pemanas, namun tetap tidak berhasil. Calvin masuk ke tubuh Rory. Tubuh Rory bergetar dan keluar darah dari mulut dan hidungnya. Rory tewas. Kat, meminta kru lainnya untuk menutup semua saluran udara di lab. Terlambat, Calvin lebih cepat menyusup ke saluran udara. Tubuh Calvin jauh lebih besar dari sebelumnya.

Petaka berlanjut, sambungan komunikasi ke Bumi terputus. Kat menjadi kru yang bertugas perbaiki perangkat komunikasi di sisi luar ISS. Usaha perbaiki perangkat komunikasi terhalang oleh kehadiran Calvin yang terus mengejar Kat. Kat tiba di depan pintu masuk, Sho telah siap untuk membuka pintu, namun Calvin telah menempel dan melilit sangat kuat di tubuh Kat. Jas astronot yang dikenakan Kat rusak sehingga air mengalir memenuhi wajahnya. Kat mengorbankan dirinya, ia melepaskan genggaman tangan dari pintu ISS. Tubuh Kat menjauh dari ISS ke angkasa. Calvin yang semula menempel di tubuh Kat melompat dan menempel kembali di ISS.

Petaka belum berakhir. Calvin berusaha masuk melalui saluran udara untuk kendali arah orbit ISS. Pergerakan Calvin dilacak melalui perubahan temperatur di pintu saluran udara. Tidak ada yang mengetahui, Calvin berhasil menyusup ke dalam ISS dan masuk kembali ke tubuh Hugh. Tubuh Hugh kejang. David dan Miranda berusaha menolong. Setelah bagian bawah baju Hugh dibuka, Calvin keluar dari tubuh Hugh. David dan Miranda segera meninggalkan Hugh, mengunci pintu sekat ruangan. Sho masih berada di sekat lainnya, terpisah dari David dan Miranda. Sho menjadi sasaran berikutnya. Calvin terus mengejar Sho, hingga Sho masuk ke kapsul tidur. Calvin berusaha memecahkan kapsul.

Petaka memuncak. Soyuz datang, namun bukan untuk menolong mereka, melainkan untuk menghancurkan ISS, sesuai dengan protokol keamanan yang dibuat oleh Miranda.  Sho keluar dari kapsul tidur karena mengira kehadiran Soyuz untuk menolong mereka. Namun ia hanya menjadi santapan Calvin. Hanya tersisa David dan Miranda di dalam ISS. ISS yang telah mulai hancur, orbitnya mendekati atmosfir Bumi. David berbagi rencana pada Miranda untuk gunakan 2 kapsul penyelamat yang tersisa. David akan jadikan dirinya sebagai umpan untuk menarik Calvin dan korbankan dirinya menjauh dari Bumi. Kapsul lainnya akan digunakan oleh Miranda untuk memasuki Bumi dan melaporkan bahaya tentang Calvin. Sesuai rencana, Calvin terpancing oleh David yang menggunakan sisa tabung udara dan menempel di kapsul penyelamat yang di tumpangi olehnya. Kapsul yang membawa David dan Miranda terpisah menjauh diantara kepingan ISS. Namun bahaya besar pindah ke Bumi karena kapsul David mendarat di laut sementara kapsul Miranda ke angkasa raya. Para nelayan mendekati kapsul luar angkasa.

Simak tips ngopi di bioskop