47 RONIN

1001 Film di 1001Berita.com. 47 Ronin, film aksi yang menampilkan Keanu Reeves sebagai pemeran utama, Ronin dengan kemahiran tinggi beladiri Jepang menggunakan pedang. Ronin adalah satria samurai yang tidak memiliki tuan/majikan, sedangkan samurai adalah tentara khusus dari kalangan bangsawan yang terikat dengan klan atau majikan. Film ini menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Dengan durasi sekitar 2 jam, film keluaran Universal Studios ini cukup menegangkan untuk disaksikan secara langsung. Film ini membagikan pesan moral "Pengabdian" dan "Kesetiaan" para samurai kepada majikannya. Film ini juga menampilkan sisi romantis dan kesetiaan cinta antara Kai dan Mika.

Diawali dengan keberadaan Kai yang masih remaja ditengah hutan dalam keadaan tidak sadarkan diri, ditemukan oleh rombongan tentara bangsawan Asano. Kai adalah seorang peranakan jepang dan inggris. Kemudian Kai diambil dan tinggal di lingkungan istana milik Asano. Kai diperlakukan dengan kurang baik oleh samurai lainnya karena dia seorang peranakan, namun Kai diperlakukan dengan baik oleh Asano dan anaknya, Mika. Ditempat lain, seekor naga betina yang merupakan saudara dari naga yang terbunuh oleh pedang Kai berubah wujud menjadi wanita, Mizuki. Mizuki merancangkan hal buruk untuk keluarga Asano dan mengabdi pada bangsawan Kira. Mizuki adalah seorang wanita penyihir.

Singkat cerita, Kai telah menjadi pemuda tangguh dan ikut bersama samurai lainnya berburu iblis yang berupa naga ditengah hutan. Rombongan Oishi terdesak dan hampir kalah oleh amukan naga bertanduk besar, hingga akhirnya tampil Kai tanpa rasa takut menghunus dan merobek perut naga. Akhirnya rombongan Oishi bertemu kembali dengan rombongan Asano dan segera kembali ke istana Asano.

Beberapa waktu kemudian datanglah rombongan shogun Tokugawa Tsunayoshi dan Kira. Dalam perjalanan mengelilingi kediaman Asano, Kira jatuh hati pada Mika, anak dari Asano. Esok harinya Kira memberikan hiburan berupa pertarungan antara samurai terbaik dari Kira melawan samurai terbaik dari Asano. Tapi sesaaat sebelum pertarungan dimulai, Yasuno ditemukan Kai dalam keadaan sekarat. Yasuno sebelumnya sudah di lumpuhkan oleh Mizuki, wanita penyihir yang adalah anak buah Kira. Tanpa diketahui siapapun, Kai mengenakan pakaian perang milik Yasuno dan maju ke arena pertandingan melawan samurai raksasa anak buah Kira.

Dalam pertandingan, Kai terdesak dan kalah. Topeng samurai terlepas dan wajah Kai dikenal sebagai orang asing, bukan samurai Yasuno, bukan samurai Jepang. Shogun Tokugawa memberikan perintah untuk menghukum mati Kai, namun di cegah oleh Mika dan Asano, yang meminta pengampunan untuk Kai. Akhirnya Kai dijatuhkan hukuman dipukul dengan tongkat oleh samurai lainnya.

Pada malam harinya, Mizuki menyihir pemikiran Asano bahwa Kira memperkosa Mika, sehingga Asano mendobrak kamar Kira dan berusaha membunuh Kira yang sedang tidak mengenakan senjata. kejadian tersebut berhasil dicegah oleh para pengawal kediaman Asano, namun kejadian tersebut juga disaksikan dari kejauhan oleh Shogun Tokugawa. Akhirnya Shogun Tokugawa menjatuhkan hukuman kepada Asano karena dianggap telah menyerang seorang perwira Shogun. Shogun Tokugawa mengijinkan Asano mati dengan terhormat, yaitu Seppuku, bunuh diri dengan pedangnya sendiri. Sebelum menjalani seppuku, Asano meminta kepada salah satu perwiranya yaitu Oishi untuk tetap menjaga Kai dan Mika. Kediaman Asano alihkan pada kekuasaan Kira. Kira meminta kepada shogun Tokugawa agar seluruh samurai Asano menjadi Ronin, dan Mika menjadi istrinya. Namun permintaan itu ditolak oleh shogun Tokugawa Tsunayoshi, yang melarang Oishi dan samurai lainnya menjadi Ronin agar tidak membalas dendam, dan memberikan 1 tahun jeda kepada Mika atas kematian ayahnya. Oishi di asingkan kedalam penjara oleh Kira. Sementara itu, Kai disiksa, dibuang keluar dari kediaman Asano dan dijual sebagai budak.

Beberapa tahun kemudian, Oishi dibebaskan. Oishi bertekad untuk membalaskan kematian tuannya, Asano. Oishi meminta bantuan anaknya, Chikara untuk mengumpulkan kembali 45 Ronin lainnya. Kemudian Oishi mencari informasi tentang keberadaan Kai, dan ternyata Kai menjadi budak arena tarung hiburan di sebuah perahu asing. Oishi menyaksikan Kai telah menjadi petarung yang hebat. Oishi berhasil mengajak Kai melarikan diri. Oishi sekarang menghormati Kai sebagai ronin, bukan sebagai orang asing, bukan sebagai peranakan liar. Oishi memberikan baju satria kepada Kai dan mengajaknya bertemu dengan 45 ronin lainnya di suatu tempat yang dirahasiakan.

47 Ronin telah berkumpul dan bersatu tekad untuk membalaskan kematian Asano kepada Kira. Mereka mencari banyak pedang ke sebuah desa penghasil pedang, namun desa tersebut telah hancur. Oishi menemukan beberapa pedang untuk digunakan, tapi Kai merasa bahwa pedang yang sekarang mereka gunakan adalah pedang biasa yang tidak ampuh untuk mengalah para samurai Kira. Kai mengajak rombongan untuk mencari pedang sakti di kediaman Kai dahulu. Kediaman Kai sangat tersembunyi dan angker, yaitu hutan Tengu. Kai bertarung melawan master Tengu dan menang. Akhirnya Kai berhasil mendapatkan sebilah pedang untuk digunakannya bertarung.

Penyerangan pertama para ronin berhasil digagalkan oleh Mizuki dan samurai raksasanya. Beberapa ronin terluka dan terbunuh. Para ronin yang tersisa melakukan penyerangan menggunakan penyamaran sebagai kelompok penghibur untuk pesta perkawinan Kira dan Mika. Saat pesta berlangsung, para ronin berhasil memasuki istana Kira. Kai terlibat pertarungan sengit melawan Mizuki saat berusaha menyelamatkan Mika, dan Kai berhasil mengalahkan Mizuki yang berubah menjadi naga besar bertanduk. Disisi lain istana Kira, Oishi terlibat pertarungan melawan Kira. Oishi berhasil menang dan memenggal kepala Kira. Seluruh pengawal Kira berhenti melakukan perlawanan saat melihat penggalan kepala Kira dalam pegangan Oishi.

Seluruh ronin menyerahkan diri kepada shogun karena telah melanggar perintah Shogun untuk tidak melakukan balas dendam. Shogun menyadari bahwa para ronin hanya melakukan prinsip samurai yang mereka yakini, dan akhirnya mengembalikan kehormatan mereka sebagai samurai dengan cara seppuku. Sebelum melakukan seppuku, Kai berjanji pada Mika untuk mencari dan menemukannya di kehidupan lainnya. Sesaat sebelum seppuku di lakukan, Shogun melihat anak dari Oishi, yaitu Chikara dan mengampuninya. Ronin lainnya dengan tenang melakukan seppuku.