After Earth

1001 Film di 1001Berita.com. After Earth film fiksi ilmiah yang menampilkan Will Smith dan anaknya Jaden Smith sebagai tokoh dominan di sepanjang hampir 2 jam film ini berlangsung. Menampilkan banyak lokasi pegunungan dan air terjun yang indah. Film ini sudah pernah tayang di bioskop-bioskop Jakarta pada Mei dan Juni 2013.

Produser : Caleeb Pinkett, Will Smith, James Lassiter, Jada Pinkett Smith, M. Night Shyamalan
Produksi : COLUMBIA PICTURES
Sutradara : M. Night Shyamalan
Situs : afterearth.com
Jaden Smith sebagai Kitai Raige
Will Smith sebagai Cypher Raige
Sophie Okonedo sebagai Faia Raige, istri Cypher Raige, ibu dari Kitai Raige

Diawal film di ceritakan bahwa bumi tidak bisa dihuni oleh manusia, hingga akhirnya sekelompok orang dipilih untuk mendapatkan planet hunian baru dan diputuskan untuk tinggal di planet bernama Nova Prime. Namun manusia bukan satu-satunya penghuni planet tersebut. Penghuni planet Nova Prime mengeluarkan binatang besar dan bengis yang dapat mencium kehadiran manusia dari rasa takut manusia, yaitu Ursa. Hingga akhirnya tampilan seorang ranger yang dapat menghilangkan rasa takutnya yaitu Jendral Cypher Raige yang dapat mengalahkan banyak Ursa dan melatih ranger-ranger lainnya.

Sebelum menjalani tugas terakhir sebelum pensiun, Cypher kembali ke rumahnya untuk bertemu dengan istri dan anak laki-lakinya, Kitai. Saat makan bersama, terlihat Kitai yang masih dalam wajah kecewa karena gagal menjadi ranger seperti ayahnya. Kitai mengalami penyakit gangguan pernafasan. Cypher kecewa dengan kegagalan yang dialami oleh Kitai. Atas permintaan istrinya, Cypher turut serta membawa Kitai dalam misi terakhirnya.

Dalam pesawat, Kitai tampak gugup walaupun duduk di sisi ayahnya. Perjalanan menuju lokasi tujuan akan tiba dalam 7 jam, Kitai di sarankan untuk diam di tempat dan tidur. Saat Cypher dan ranger lainnya, Kitai bangun dan penasaran dengan isi pesawat yang dinaikinya. Ia berjalan mengendap ke ruangan lainnya, hingga tiba di ruangan yang di jaga beberapa ranger. Ternyata mereka mengikat Ursa dalam ruangan tersebut. Cypher terjaga, mencari dan mendapatkan Kitai dalam ruang penahanan Ursa. Cypher meminta Kitai kembali ke tempat duduknya, sementara Cypher ke ruang kendali pesawat dan mendapati bahwa pesawat sedang berada dalam area badai asteroid. Cypher meminta pilot untuk mencari planet terdekat untuk mendarat dan memperbaiki beberapa bagian pesawat yang rusak karena badai asteroid. Cypher kembali ke ruang penumpang untuk menenangkan Kitai, tapi tak berapa lama pesawat terbelah 2, Cypher jatuh terbawa ke bagian depan pesawat dan saat terbangun, Cypher dan Kitai sudah berada di tengah hutan, pesawat kandas di Bumi.

Cypher terluka parah, kakinya patah berdasarkan peralatan kesehatan yang ada di pesawat. Perangkat penghubung ke Nova Prime ikut rusak dan tidak bisa diperbaiki. Cypher memberi tugas pada Kitai untuk menemukan alat komunikasi di pecahan ke 2 pesawat yang berada di sisi lain hutan. Dengan berbekal obat pernafasan dan tongkat canggih yang dapat diubah menjadi senjata, Kitai berangkat membelah hutan yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Kitai diingatkan oleh Cypher bahwa kemungkinan besar dia akan bertemu dengan Ursa yang ada di sisi lain pesawat yang mereka tumpangi.

Dalam perjalanan di tengah hutan, Kitai berkomunikasi dengan Cypher melalui baju zirah canggih yang dikenakannya. Bajunya terhubung dengan ruang kendali yang dapat menampilkan lokasi Kitai dimanapun dia berada. Tiba saatnya Kitai berada di tepian jurang dalam keadaan putus asa, kemudian dia loncat dan terbang dengan baju canggihnya, namun tiba-tiba muncul burung raksasa memburunya. Kitai tertangkap dan di letakkan di sarang burung raksasa tersebut. Kitai terbangun saat anak-anak burung sedang menggigitnya. Ternyata Kitai dijadikan makanan bagi anak-anak burung raksasa tersebut. Tidak berapa lama, datang banyak harimau besar ke sarang burung raksasa tersebut. Sarang burung itu terletak tinggi diatas puncak pohon. Induk burung raksasa berhasil mengusir beberapa harimau pemangsa, Kitai juga berhasil mengusir beberapa harimau yang sedang kelaparan tersebut, namun malang semua anak burung sudah dimangsa oleh harimau pemangsa, beberapa telur dan anak burung mati di sarang dan ada juga yang terjatuh di bawah pohon.

Kitai melanjutkan perjalanan, perangkat komunikasi di bajunya rusak. Kitai menemukan sungai dan membuat rakit kecil dari 2 batang kayu yang diikat menjadi 1. Kitai tertidur dalam rakit kecilnya karena kelelahan. Kitai terus teringat dan merasa bersalah atas kematian kakaknya yang berusaha menyelamatkannya dari serangan Ursa di rumah tinggalnya. Ursa terbangun, melanjutkan perjalanan namun kembali pingsan di atas gunung saat hujan salju tiba. Tanpa di sadarinya, dirinya diseret masuk kedalam sarang burung raksasa. Saat terbangun, dia sadar telah diselamatkan oleh burung raksasa. Burung raksasa itu mati karena melindungi Kitai dari badai salju dengan sayapnya.

Perjalanan dilanjutkan dengan sisa tenaga yang dimiliki, Kitai menemukan beberapa awak pesawat yang tergantung tidak bernyawa di atas pohon-pohon besar dihutan. Kitai melihat benda putih di depannya dan ternyata adalah pecahan kecil pesawat yang ditumpanginya. Segera dia melihat ke atas bukit, disana tampak pecahan besar pesawat yang ditumpanginya, namun tidak ada satupun awak pesawat yang hidup. Kitai menemukan obat pernafasan untuk membantunya, Kitai juga menemukan perangkat komunikasi ke Nova Prime yang masih berfungsi, sesuai dengan perintah ayahnya. namun tidak ada sinyal. Kitai bisa berkomunikasi dengan ayahnya, namun sering putus-putus. Dalam putus asa, akhirnya Kitai memutuskan untuk pergi ke puncak gunung yang sedang aktif berpijar.

Ternyata perjalanan Kitai ke puncak gunung tidaklah sendirian. ursa yang dibawa dari Nova Prime mengikuti Kitai berdasarkan rasa takut yang dialami Kitai. Kitai disergap Ursa di dalam lorong gunung. Kitai berhasil menyelamatkan diri dengan cara naik ke celah gunung. Ternyata celah tersebut membawanya ke puncak gunung. Namun Ursa berhasil keluar juga dari celah gunung yang sama. Hujan salju turun diatas puncak gunung, dalam lelah dan kesakitan Kitai teringat akan nasihat kakak dan ayahnya untuk diam tanpa rasa takut. Ursa berjalan melintasi Kitai, dan Kitai berhasil mengerti arti tanpa rasa takut untuk tidak terdeteksi oleh Ursa. Kitai berhasil mengalahkan dan membunuh Ursa dengan tongkat senjata canggih yang ditemukan di pecahan pesawat. Alat komunikasi di arahkan ke langit dan mendapatkan sinyal. Sinar komunikasi dihidupkan, Kitai dan Cypher sudah berada dalam pesawat tim penolong yang membawanya kembali ke Nova Prime.

Simak tips ngopi di bioskop