Captain America: The Winter Soldier

1001 Film di 1001Berita.com. Captain America: The Winter Soldier, merupakan kelanjutan dari film Captain America: The First Avenger. Tokoh pahlwan super dari Amerika ini masih diperankan oleh Chris Evans. Dibandingkan dengan film pendahulunya, sutradara  Anthony Russo dan Joe Russo menghadirkan lebih banyak aksi menegangkan di jalanan, lautan dan di atas langit kota besar di Amerika. Dengan durasi 2 jam lebih, aksi Captain America yang ditemani oleh Nick Fury, Black Widow dan Falcon, sangat menghibur. Falcon adalah rekan baru Captain America yang memiliki peralatan canggih dengan sayap besi dan jet yang dapat membawanya terbang dengan cepat. Black Widow adalah rekan kerja Captain America di SHIELD dibawah arahan Nick Fury.

Film ini diawali dengan perkenalan antara Steve Rogers dan Sam Wilson, saat lari pagi di sisi salah satu gedung besar di Amerika. Obrolan terhenti saat Natasha Romanoff datang menjemput Steve untuk melakukan tugas terbaru dari SHIELD, yaitu menyelamatkan para sandera di kapal laut SHIELD. Sementara Captain America melumpuhkan satu per satu kru kapal laut yang adalah para penculik, Black Widow mengamankan data proyek INSIGHT atas arahan Nick Fury tanpa sepengetahuan Capt America. Penyelamatan para sandera berhasil dilakukan oleh Captain America, Black Widow dan beberapa pasukan khusus dari SHIELD. Steve kembali ke markas SHIELD di gedung Triskelion untuk meminta penjelasan aksi Natasha saat proses pembebasan sandera pada Nick Fury. Fury membawa Steve kedalam lokasi rahasia proyek INSIGHT yang berisi 3 pesawat besar yang canggih yang dilengkapi dengan banyak peralatan tempur modern. Setelah mendapatkan argumen dari Steve, Fury menjadi ragu dengan tujuan utama proyek INSIGHT dan menemui Pierce untuk menunda peluncuran kapal-kapal canggih di proyek INSIGHT. Nick berusaha mengetahui lebih banyak proyek INSIGHT melalui flash Disk dari kapal laut SHIELD, namun tidak berhasil karena di enskripsi dan tidak berhasil menguraikan info didalamnya.

Nick Fury memutuskan untuk bertemu salah seorang petinggi SHIELD. Dalam perjalanan, Nick Fury di buru oleh polisi, pasukan elite SHIELD dan seorang penjahat bernama the Winter Soldier. Nick Fury berhasil lolos dari sergapan the Winter Soldier yang menggunakan bom. Nick Fury meloloskan diri dan menyelinap ke rumah Steve, namun Nick Fury berhasil ditemukan dan ditembak oleh The Winter Soldier hingga terluka sangat parah dan harus dilarikan ke perawatan intensif. Nick Fury tidak berhasil di selamatkan, namun sebelumnya Nick Fury telah menyerahkan flash Disk yang berisi rahasia proyek Insight dan menyarankannya untuk tidak mempercayai siapapun.

Steve di curigai oleh Pierce telah berkomplot untuk membunuh Fury dan menyembunyikan dokumen rahasia SHIELD. Steve menjadi target penangkapan pasukan khusus SHIELD, namun Steve berhasil meloloskan diri dengan bantuan Black Widow. Steve dan Natasha melakukan penyamaran untuk menyelidiki dan mengetahui isi flash disk titipan Nick Fury, dan menemukan lokasi asal data flash disk yaitu di kota terpencil di New Jersey, di kamp pelatihan tentara, tempat Steve dahulu ditempat menjadi tentara.

Steve dan Natasha berhasil menemukan sebuah bunker dengan peralatan canggih di kamp pelatihan tua. Steve menemukan super komputer dengan kepandaian dari ilmuwan dari masa perang dunia 2 yaitu Zola. Enskripsi di flash disk pemberian Nick Fury berhasil dipecahkan oleh super komputer Zola. Zola menceritakan bahwa organisasi kejahatan Hydra telah menyusup ke SHIELD dan akan segera mengambil alih kepemimpinan SHIELD dan dunia dengan cara meluncurkan proyek INSIGHT. Tak berapa lama datanglah peluru kendali menghancurkan kamp pelatihan tentara dan bunker superkomputer tersebut, beruntung Steve dan Natasha berhasil lolos walaupun Natasha terluka.

Simak tips ngopi di bioskop

Steve dan Natasha melarikan diri dan bersembunyi di rumah Sam Wilson. Setelah pulih dari luka-lukanya, mereka bertiga memutuskan untuk mencari agen Hydra untuk mengetahui tujuan proyek INSIGHT. Dari penyergapan Jasper, mereka berhasil mengetahui bahwa algoritma Zola akan digunakan untuk menemukan orang-orang yang berpotensi menjadi ancaman bagi kegiatan Hydra berdasarkan pola kehidupan di masa lalunya. Dalam perjalanan menuju Triskelion , mereka disergap dan ditangkap oleh pasukan Hydra. Steve bertemu lawan tangguh yaitu The Winter Soldier yang adalah sahabatnya di masa lalu, "Bucky Barnes" yang terjatuh ke jurang saat penyergapan kereta Hydra.

Dalam perjalanan menuju Triskelion. Steve, Natasha dan Sam Wilson berhasil meloloskan diri dengan bantuan seorang utusan Nick Fury yang ternyata masih hidup dan tinggal dalam persembunyian. Bersama-sama, mereka menyusun rencana untuk menggagalkan peluncuran proyek INSIGHT. Menggunakan seragam lama Captain America yang terpajang di musium, Steve dan kawan-kawannya menyusup ke Triskelion dan memasang 3 chip rahasia milik Nick Fury untuk menghancurkan 3 heli super canggih dari proyek INSIGHT. Captain America berhasil tiba di Triskelion dan menghimbau agar setiap orang tidak membantu proses peluncuran 3 heli super canggih, karena itu adalah proyek Hydra yang telah menyusup kedalam SHIELD.

Heli supercanggih akhirnya berhasil lepas landas walaupun tidak didukung personel SHIELD di ruang kendali, tapi karena seorang tentara Hydra masuk keruang kendali dan memaksa meluncurkan heli tersebut. Diatas heli, Captain America terlibat pertarungan sengit dengan The Winter Soldier, sementara Falcon terus diburu oleh beberapa pesawat  tempur. Falcon berhasil menancapkan chip pertama untuk mengendalikan komputer SHIELD. Diruang dewan SHIELD, beberapa petinggi SHIELD terluka oleh bom berupa papan nama yang diberikan Pierce saat memasuki ruang rapat petinggi SHIELD. Natasha yang menyamar sebagai seorang petinggi SHIELD berhasil menancapkan chip ke 2, kemudian tampil Nick Fury membantu. Ditempat lain, dalam keadaan terluka dan lemah, Captain America berhasil menancapkan Chip ke 3. Dan ke 3 heli supercanggih saling menembakkan bom satu dengan lainnya hingga masing-masing heli jatuh dan hancur.

Captain America terjatuh ke air, dan berhasil selamat berkat pertolongan The Winter Soldier yang terus berlalu menyembunyikan diri. Steve kemudian dirawat intensif dengan ditemani oleh Wilson. Ditempat lain, Natasha sedang diberondong banyak pertanyaan oleh dewan SHIELD dan wartawan. Setelah bisa bangun dari sakitnya, Steve memutuskan untuk mencari dan menemukan Bucky Barnes, The Winter Soldier.

Follow me: @Penuai