Godzilla

1001 Film di 1001Berita.com. GODZILLA, film produksi Warner Bros. Pictures di pertengahan Mei 2014 ini, menampilkan aksi menegangkan di sepanjang film. Penonton akan terbawa suasana pengejaran mahluk-mahluk raksasa yang seakan tidak akan berakhir. Film ini di sutradarai oleh Gareth Edwards, manjur memberikan aksi memukau di layar lebar seperti suasana jatuhnya pesawat-pesawat tempur ke laut dan tengah kota, suasana hancurnya gedung-gedung besar ditengah kota karena pertarungan 3 monster besar. Tampilan memukau dan mencekam saat tsunami datang dan menghancurkan saat godzilla mendekati kota. Kesan tata suara dan tata gambar yang tampil biasa saja di awal film, bisa digantikan dengan tata suara dan gambar yang sangat bagus di sepanjang film. Aaron Johnson tampil sebagai tokoh utama yaitu letnan Ford Brody, begitu pula dengan Bryan Cranston yang memerankan Joe Brody, ayah dari Ford. Elizabeth Olsen tampil beberapa saat di awal film sebagai Elle Brody, ibu dari Ford. Ken Watanabe tampil sebagai Dr. Ichiro Serizawa, ilmuwan berkebangsaan Jepang yang meneliti perkembangan monster-monster di tempat reaktor nuklir di kota terlarang.

Diawali dengan suasana tahun 1999, saat ditemukan kehadiran mahluk asing dan besar di sebuah pulau terpencil di Filipina berlanjut ke kediaman Joe Brody, seorang kepala sebuah reaktor nuklir di Jepang. Ford kecil sedang berusaha memberikan kejutan di hari ulang tahun ayahnya yang super sibuk dengan pekerjaan. Joe sedang dipusingkan oleh gempa yang terjadi berulangkali ditempatnya bekerja. Joe dan Elle bergegas berangkat menuju tempat mereka bekerja. Elle adalah ahli teknik di pembangkit listrik tenaga nuklir yang sama dengan Joe. Elle mengingatkan Joe bahwa sekarang adalah hari ulang tahunnya dan Ford telah mempersiapkan hadiah untuknya.

Singkat cerita, Joe dan Elle telah tiba di dalam kantornya. Joe bergegas menuju pusat kendali, sedangkan Elle dan beberapa rekannya langsung menuju ruang mesin di bawah tanah. Tiba-tiba gempa besar melanda lokasi tersebut. Gempa tersebut mengakibatkan kebocoran besar paparan radiasi yang berbahaya banyak manusia di kota tersebut. Joe berusaha menyelamatkan Elle, namun malang karena asap radiasi sudah mulai memasuki ruang kendali yang memaksanya untuk menutup pintu otomatis pembatas antar ruang. Joe menyaksikan saat-saat terakhir Elle dan rekan-rekannya terkena paparan radiasi berbahaya dari balik pintu kaca dengan sangat sedih.

15 tahun berlalu, di 2014, Ford telah menjadi seorang tentara angkatan laut di bagian penjinak bom. Ford telah memiliki seorang istri yang bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit di kota San Fransisco. Ford juga sudah memiliki seorang anak laki-laki berusia 5 tahun. Saat Ford baru saja menikmati malam bersama keluarganya, ia dikagetkan oleh dering ponsel milik istrinya yang mengabarkan bahwa Joe, ayah dari Ford sedang ditangkap oleh kepolisian Jepang karena memasuki daerah terlarang yang terkena paparan radioaktif.

Ford menjemput Joe di kantor polisi di Jepang. Di kediaman Joe, mereka berselisih pendapat tentang kota terlarang, tempat tinggal mereka yang lama. Joe curiga bahwa gempa tersebut bukan gempa alami, dan pemerintah setempat menyembunyikan rahasia tentang petaka yang terjadi 15 tahun lalu. Joe merasa harus membuka tabir penyebab bencana yang mengakibatkan istrinya meninggal dunia. Joe berusaha meninggalkan kediamannya dan menyelidiki kota terlarang tanpa diketahui Ford, namun Ford menyelinap dan mengetahui rencana tersebut. Dengan terpaksa Ford mengikuti kemauan Joe memasuki kota menggunakan perahu kecil. Kota yang dahulunya megah dan ramai telah berubah menjadi kota mati, kota yang berupa puing-puing dengan banyak tanaman liar menutupi hampir setiap badan jalan dan dinding gedung-gedung.

Didalam kota terlarang, Joe dan Ford mengenakan masker dan jaket anti radiasi. Joe kembali ke rumah tua mereka dan mengambil beberapa floppy disk 3'5 inch yang berisi rekaman gempa dari meja kerjanya. Mereka heran melihat kehadiran seekor anjing yang sedang berlari menjauh. Joe segera memeriksa kadar radioaktif melalui peralatan yang dibawanya dan ditemukan fakta bahwa kota terlarang adalah bersih, tidak ada bekas radioaktif yang berbahaya. Segera Joe melepas maskernya. Tak berapa lama terdengar deru suara helikopter mendekati dan melewati mereka. Mereka bersembunyi sejenak dan kemudian mengikuti arah helikopter yang ternyata menuju pembangkit listrik tenaga nuklir, tempat dirinya bekerja 15 tahun lalu. Keingintahuan mereka dihentikan oleh beberapa penjaga keamanan yang menangkap dan membawa mereka ke lokasi reaktor nuklir tersebut.

Joe di interogasi oleh petugas keamanan, sementara Ford masih ditinggalkan dalam bus. Joe marah pada petugas yang menangkapnya karena merasa selama ini telah ditipu oleh pihak pemerintah dan pengelola reaktor nuklir. Tak berapa lama terjadi rangkaian gempa besar seperti yang terjadi 15 tahun lalu. Ternyata tempat yang selama ini diketahui sebagai pembangkit listrik adalah tempat penyimpanan MUKO, monster besar yang mirip dengan belalang. Monster itu menghancurkan kandang besar yang mengurungnya. Sebuah tiang besar penyangga patah dan hampir mengenai mobil box tempat Ford ditahan. Ford berhasil meloloskan diri dan selamat dari patahan besi besar, namun malang Joe terjatuh bersama dengan bangunan besi yang sedang di pijaknya. MUKO menjadikan radioaktif sebagai makanannya, dan mengeluarkan gelombang elektromagnet sebagai senjatanya. Gelombang elektromagnet yang dikeluarkan MUKO bisa merusak berbagai perangkat elektronik disekitarnya. MUKO berhasil meninggalkan area pembangkit listrik walaupun telah diterjang banyak peluru. Tak berapa lama datanglah kepala komando tentara amerika memberikan bantuan dan mengajak Dr Serizawa untuk bekerjasama menaklukan monster-monster yang telah muncul. Dr Serizawa membawa serta Joe yang terluka dan Ford untuk ikut ke pusat kendali penanganan monster di USS Saratoga.

Didalam ruang rapat, ternyata didapatkan fakta bahwa telah muncul MUKO lainnya yang sedang mencari bahan makanan yaitu senjata nuklir. Selain 2 MUKO besar yang sedang berusaha bertemu karena musim berkembang biak, ditemukan juga ditengah laut seekor monster yang sangat besar seperti dinosaurus dengan banyak tanduk di sepanjang tubuhnya. Orang Jepang menyebutnya Gojiro, sedangkan orang amerika menyebutnya Godzilla. Joe tidak berhasil diselamatkan karena lukanya sangat parah. Di informasikan bahwa sebuah kapal perang rusia yang hilang telah ditemukan di tengah hutan dan menjadi santapan MUKO. Hasil rapat memutuskan seluruh tentara akan dilibatkan untuk membunuh GodZilla dan sepasang MUKO yang sedang mencari banyak bahan radioaktif sebagai makanannya. Dr Serizawa tidak setuju dengan hasil rapat yang cenderung berusaha mengendalikan alam. Dr Serizawa berpendapat untuk membiarkan Godzilla bertemu dan melawan sepasang MUKO, karena Godzilla tampil untuk menyeimbangkan alam, alam memiliki caranya sendiri untuk memelihara keseimbangan alam. Ford di izinkan untuk kembali menemui keluarganya di San Fransisco.

Dalam perjalanannya kembali ke keluarganya, Ford berhasil menyelamatkan seorang anak kecil yang terpisah dengan keluarganya di sebuah kereta api, karena dalam perjalanan di malam hari mengalami insiden serangan monster. Anak kecil tadi bertemu dengan kedua orang tuanya saat Ford akan menitipkannya pada
petugas kesehatan di lokasi penampungan bencana. Ford bertemu dengan pasukan yang akan membawa senjata nuklir menggunakan kereta. Ford mendaftarkan diri untuk ikut serta membantu pasukan tersebut. Akhirnya Ford diterima bergabung karena keahliannya sebagai penjinak bom. Dalam perjalanan malam, ditengah hutan, kereta mereka dihadang oleh MUTO yang sedang kelaparan mencari bahan radioaktif. Hanya Ford yang selamat dari serangan MUTO walaupun terluka parah.

Ditempat lain, Godzilla sedang bertarung melawan sepasang MUTO ditengah kota. Misi militer untuk meledakkan Godzilla dan MUTO di lanjutkan. Ford dan beberapa pasukan elit ditugaskan untuk menemukan kembali bahan peledak nuklir yang terbawa ke sarang MUTO di tengah kota. Pasukan elit terbang dengan helikopter melintasi ketinggian awan-awan di langit malam. Pasukan elit keluar dengan terjun payung. 2 anggota pasukan elit tidak selamat mendarat. Pasukan yang berhasil mendarat dengan selamat berkumpul dan memulai pencarian. Akhirnya pasukan berhasil menemukan dan membawa bahan peledak Nuklir keluar dari sarang MUTO. Ford melihat banyak telur MUTO yang siap untuk menetas, kemudian Ford mengalirkan bensin dari mobil pengangkut bensin yang tergeletak rusak. Bensin mengalir hingga memenuhi sarang MUTO tersebut. Dari tempat aman di kejauhan, Ford menembak ke arah bensin yang mengalir. Sarang MUTO tersebut terbakar dan meledak dahsyat. Ford ikut terluka karena ledakan tersebut. Salah satu MUTO yang memiliki sayap dan bisa terbang, keluar dari pertarungan dengan Godzilla dan gusar melihat sarangnya meledak. Godzilla mengeluarkan api biru dari mulutnya dan menghancurkan MUTO yang tidak memiliki sayap. Dari kejauhan Ford melihat rekan-rekannya berhasil menempatkan bahan peledak nuklir ke dalam perahu boat, namun MUTO bersayap mengetahui, mendekati dan memakan mereka. Dengan sisa tenaga, Ford mendekati perahu boat tersebut. Ford hampir tidak sadarkan diri diatas perahu, hingga datang helikopter dan pasukan lainnya menyelamatkan dia.

Ditengah kota, Godzilla yang terlihat terluka akibat bertarung dengan sepasang MUTO mulai lemah. Akhirnya Godzilla berhasil mengalahkan MUTO terbang, namun Godzilla juga lunglai menghujam bumi. Pagi datang, Ford bertemu dengan anaknya dan istrinya. Kota besar dengan banyak gedung tinggi itu berantakan, dan terbaring tak bergerak Godzilla yang besar. Semua orang mengira Godzilla tersebut sudah mati. Tiba-tiba Godzilla tersebut menggerakkan matanya, bangun, berjalan mendekati air dan berenang meninggalkan kota.