Ip Man: The Final Fight

1001 Film di 1001Berita.com. Master IP tidak muda lagi, dan tidak diperankan oleh aktor laga Donnie Yen, tapi diperankan oleh aktor laga Anthony Wong.  IP Man 3 menceritakan keadaan master IP di usia tua hingga akhir hidupnya. IP Man 3 sudah ditayangkan di bioskop bioskop nasional pada April 2013 yang lalu. Jangan anggap remeh master IP dengan usia yang sudah lanjut, kecepatan dan kekuatan pukulannya masih sama, begitu juga dengan alur film IP Man 3, The Final Fight tetap sangat menarik untuk di tonton. Film ini diproduksi oleh Chi & Company, dengan sutradara Herman Yau.

Diawali dengan keadaan anak pertama master IP yang sedang menghaluskan baju sambil menonton televisi, dia terpukau dengan tampilnya salah seorang murid ayahnya di televisi, yaitu Bruce Lee sedang menunjukkan kemahiran ilmu beladirinya. Anak pertama master IP bernama A Tui, menanyakan apakah muridnya tersebut pernah mencari dan bertemu dengannya. A Tui menceritakan keadaan keluarganya, bahwa ayahnya berasal dari keluarga kaya dan ibunya dari kalangan terkenal di Foshan, dan mereka tidak kekurangan hingga diperangi oleh Jepang, kehidupan keluarga mereka menjadi sulit dan kedua adiknya meninggal di masa sulit itu, Th 1949 master IP pergi ke Hongkong seorang diri dalam keadaan sakit pencernaan.

Dilanjutkan dengan kedatangan master IP di Hongkong dengan membawa 2 koper besar mencari kediaman salah seorang muridnya yang bernama Li Wen, dan disambut oleh Liang Suang yang penasaran dengan ilmu beladiri WIng hung, dan meminta master IP untuk memperlihatkan kepadanya. Mulailah kehebatan master IP ditunjukkan. Master IP berdiri di atas selembar koran yang dilipat dan mengatakan kepada Liang yang sangat penasaran akan mengakui kekalahan jika Liang bisa menggesernya keluar dari koran tersebut, dan ternyata tidak berhasil, Liang meminta master IP untuk menerimanya menjadi muridnya.

Liang membawa master IP makan di pasar dan menceritakan keadaan Hongkong saat itu. Kemudian Liang membawanya ke suatu tempat dan memperkenalkan kepada banyak temannya untuk berguru beladiri Wing Chun pada master IP. Diperkenalkanlah satu demi satu muridnya. Dilain tempat, dilain waktu, ada 2 murid master IP yang membuat kekacauan dengan berjudi dan berkelahi, master IP menegur dan menghukum kesalahan ke 2 muridnya itu.

Master IP menjemput kedatangan istrinya dari Foshan di stasiun kereta api, dan mengajaknya makan di pasar di Hongkong. Keesokan harinya, kota Hongkong ramai dengan demo karena kenaikan harga telepon, listrik, kereta dan gas. Malam harinya, semua murid master IP berkumpul membicarakan kesusahan yang didapat karena kenaikan harga, situasi ditempat kerja dan keadaannya masing-masing.

Keesokan malam, para pekerja melakukan mogok kerja dan menghadang kereta api di jalan menuntut kenaikan gaji, tak berapa lama datanglah aparat keamanan Hongkong, termasuk didalamnya salah seorang murid master IP, yaitu Deng Seng. Terjadilah pembubaran paksa dan perkelahian antara para pekerja dengan aparat keamanan. Salah seorang murid perempuan dari master IP tertangkap dalam aksi demonya dan dimasukkan kedalam penjara, yaitu Liu Qiu. Pagi harinya, master IP mengajak makan dan mentraktir Deng Seng yang berprofesi sebagai polisi hongkong dan memintanya membebaskan murid perempuannya yang tertangkap dalam demo kemarin malam. Tidak berapa lama, Deng Seng menebus Liu Qiu dengan sejumlah uang dan memukul kepalanya sendiri hingga berdarah.

Keesokan malam, master IP mengadakan makan malam besar menyambut kedatangan sahabat lamanya yang sedang kesusahan yaitu boss Li dan keluarganya yang terdiri dari 8 anak. Saat istri master IP akan memberikan hidangan berupa paha ayam kepada salah satu anak dari boss Li, terungkaplah sebuah masalah besar yang sedang menimpa keluarga boss Li, yaitu kesulitan ekonomi yang memaksanya menjual seorang anak perempuannya untuk dapat makan. Keesokan harinya, istri master IP kembali ke Foshan untuk menjaga anak dan keluarganya disana.

Pada masa itu muncul penjahat baru yang juga ahli beladiri bernama Di Tou Long. Di Tou Long membuat banyak kekacauan di Hongkong. Ciri khas Di Tou Long menggunakan cabik besi di kedua tangannya untuk bertarung. Di Tou Long menguasai bisnis pertarungan ilegal dan judi.

Dilain waktu, saat master IP dan murid-muridnya sedang merayakan rencana pernikahan 2 orang muridnya, tiba-tiba timbul kekacauan yang diakibatkan 2 orang pria yang melecehkan seorang penyanyi wanita di lokasi hiburan malam itu. 2 orang pria tadi ternyata adalah murid dari perguruan kungfu Bai He, mereka mengadukan pada teman-temannya dan mencegat master IP dan murid-muridnya yang sedang dalam perjalanan pulang. Master IP tetap tampil memukau dan mengalahkan para pengeroyok. Ditengah pertarungan tersebut, ada seorang wartawan yang melihat jalannya perkelahian. Wartawan tersebut menulis dan menerbitkan dalam koran lokal dan menyebutkan kemenangan perguruan Wing Chun atas perguruan Bai He. Murid-murid dari perguruan Bai He melaporkan pada gurunya yaitu master Wu dan mengajaknya untuk mengadakan penyerangan, tapi master Wu menolaknya. Master Wu mendatangi perguruan Wing Chung seorang diri dan mengajak master IP untuk bertarung 1 lawan 1. Segera master IP meminta murid-muridnya keluar ruangan dan tidak menyaksikan pertarungannya melawan master Wu. Pertarungan berjalan imbang dan berakhir tanpa dendam pribadi, keduanya segera menjadi akrab dan saling menghormati.

Suatu hari, saat melakukan pengejaran terhadap seorang kriminal jalanan, Deng Seng terjebak hingga  ke jalan kecil yang dipenuhi teman dari kriminal jalanan itu, dan ternyata kriminal itu adalah gang Di Tou Long. Deng Seng di bawa kedalam rumah mewah Tou Long untuk dibujuk menjadi pemimpin di daerah Hua Shan, agar dapat membantu bisnis Tou Long di sana. Tak berapa lama polisi menciduk 2 orang murid dari master Wu. Ternyata 2 murid yang di ciduk adalah perwakilan peserta lomba barongsai yang akan diadakan keesokan harinya, akhirnya master Wu sendiri yang ikut dalam lomba barongsai. Esok harinya dalam lomba barongsai yang semula berjalan lancar tiba-tiba menjadi ajang perkelahian massal antara perguruan master Wu melawan perguruna master Wei. Master Wu terluka oleh kecurangan master Wei yang menggunakan gulungan jarum di tangannya, beruntung master IP ikut membantu master Wei sehingga tidak terluka parah.

Suatu siang di bulan Juli 1960, master IP menerima telpon dari Foshang dan ternyata berita buruk kematian istrinya karena sakit.  Saat itu, keadaan ekonomi keluarga master IP di Foshang dalam keadaan baik, berdasarkan narasi dari A Tui, anak pertama master IP. Karena sangat terpukul, master IP ditemukan tergeletak pingsan di jalan dan dilarikan ke RS Maria untuk di rawat. Tahun 1961, ke 2 murid master IP yaitu Shi Mei dan Wang Dong menikah, tapi setelah menikah Wang Dong kehilangan pekerjaan, tidak ada yang tahu penyebabnya, kemudian Wang Dong mengajar ilmu beladiri, dan mendirikan sekolah ilmu beladiri dengan papan nama buatan master IP. Tapi usaha Wang Dong tidak berjalan lancar. Suatu siang, saat Wang Dong sedang berlatih, datanglah Deng Seng untuk menawarinya mengikuti pertandingan berbayar. Wang Dong tidak menjawabnya, istrinya tidak mengijinkan. Tapi tak berapa lama, tanpa diketahui oleh istrinya, Wang Dong sudah terlibat dalam pertarungan ilegal berbayar dan memenangkan banyak pertandingan dengan mudah. Tahun 1961, anak pertama dan satu-satunya yang hidup, yaitu A Tui datang ke Hongkong atas permintaan master IP.

Simak tips ngopi di bioskop

Pada suatu malam di tahun 1962, saat hujan yang disertai angin kencang, saat istri Wang Dong sedang hamil besar anak ke 2, Wang Dong akan dibunuh dalam pertandingan bebas yang direncanakan oleh Di Tou Long menggunakan master Wei sebagai lawan tandingnya. Taktik curang digunakan, yaitu memberikan minuman yang sudah dicampur dengan racun kepada Wong Dong. Istri Wong Dong mendapat firasat buruk dan menyusulnya ke arena tarung ilegal walaupun sedang hujan deras. Awalnya Wang Dong menguasai jalannya pertandingan, tapi tak berapa lama pandangan Wang Dong menjadi kabur, dan dia menjadi sasaran pukulan master Wei dengan mudah. Wong Dong terluka sangat parah, beruntung salah seorang teman seperguruannya melihat bekas botol minuman Wong Dong yang masih terisi air beracun dan melaporkannya pada Deng Seng. Deng Seng berusaha menghentikannya, namun tidak berhasil karena dikeroyok banyak orang. Kemudian datang master IP dengan murid-muridnya berdasarkan info muridnya yang menjaga anak Wong Dong. Terjadilah pertarungan secara massal antara murid murid master IP dengan murid murid master Wei yang dibantu anak buah Di Tou Long. Master IP bisa mengalahkan master Wei dengan mudah. Pertarungan sengit juga terjadi antara master IP melawan Di Tou Long, pertarungan terjadi dari dalam hingga ke luar ruangan, dan master IP berhasil mengalahkan Di Tou Long. Master IP dan murid muridnya mengikat dan menyerahkan Di Tou Long, Master Wei dan komplotannya kepada Deng Seng yang sudah didampingi oleh polisi setempat.

Di akhir film, datanglah Bruce Lee yang telah berangkat ke Amerika selama 4 tahun dan menjadi bintang film di sana. Bruce Lee mengunjungi master IP dan meminta ijinnya untuk merekam master IP yang sedang berlatih memukul kayu untuk disebarkan kepada banyak orang. Master IP setuju untuk direkam, tapi tidak oleh Bruce Lee, melainkan oleh dirinya sendiri di lain waktu. Master IP meminta anaknya, A Tui untuk merekam dirinya saat berlatih memukul kayu.

Follow me: @Penuai