Man of Steel

Man of Steel sudah tayang di bioskop-bioskop Jakarta dan sekitarnya pada pertengahan Juni 2013, merupakan film laga yang menampilkan pahlawan super dengan kemampuan kebal terhadap beragam senjata dan dapat terbang. Film ini menceritakan awal kelahiran dan latar belakang planet asal Superman hingga menjadi pria dewasa dengan kemampuan super. Tata suara dan efek visual sangat bagus, ditambah dengan tampilnya beberapa pemain top hollywood seperti Russel Crowe dan Kevin Costner. Dengan durasi yang lumayan panjang yaitu lebih dari 2 jam, film ini sangat bagus untuk di tonton.

  • Produser : Christopher Nolan, Charles Roven, Deborah Snyder, Emma Thomas
  • Produksi : WARNER BROS. PICTURES
  • Sutradara : Zack Snyder
  • Henry Cavill sebagai Clark Kent alias Kal El alias Superman
  • Amy Adams sebagai Lois Lane
  • Michael Shannon sebagai jendral Zod
  • Diane Lane sebagai Martha Kent
  • Russell Crowe sebagai Jor El
  • Ayelet Zurer sebagai Lara Lor Van
  • Antje Traue sebagai Faora Ul
  • Harry Lennix sebagai General Swanwick
  • Richard Schiff sebagai Dr. Emil Hamilton
  • Christopher Meloni sebagai Colonel Nathan Hardy
  • Kevin Costner sebagai Jonathan Kent


Di awal film ditampilkan proses persalinan Lara, istri dari Jor El. Lahirlah bayi Kal El di saat-saat menjelang kehancuran planet tempat tinggalnya, yaitu Kripton. Jor El sedang berbicara dengan dewan petinggi Kripton tentang kehancuran planet Kripton hingga dikejutkan dengan kehadiran jendral Zod yang melakukan kudeta. Jor El ditangkap oleh pasukan jendral Zod, namun Jor El berhasil melawan dan melarikan diri, segera dia memanggil Dranga, seekor burung besar dengan 4 sayap. Jor El terjun ke air yang merupakan tempat bayi-bayi kecil di besarkan. Jor El mengambil sebongkah benda hitam kecil yang merupakan kumpulan struktur DNS penduduk Kripton, yang dinamakan Kodex. Kodex disatukan kedalam bayi kecil Kal El dan diluncurkan ke BUmi dengan kapsul luar angkasa. Jendral Zod datang ke rumah Jor El berusaha menggagalkan peluncuran kapsul luar angkasa yang berisi bayi Kal El. Terjadilah pertarungan antara Jor El dan jendral Zod. Jor El tewas oleh tikaman pedang jendral Zod. Tak berapa lama pasukan Kripton datang menghadang dan menangkap jendral Zod dan pasukannya. Jendral Zod dibekukan dan dikirim ke lubang hitam di angkasa. Lara menyaksikan dan mengalami kehancuran dirinya bersama planet Kripton. Sementara itu, kapsul luar angkasa yang berisi bayi Kal El sudah tiba di Bumi dan jatuh di rumah petani Jonathan Kent.

Singkat cerita, Kal El sudah menjadi pemuda dengan kumis dan jenggot yang tidak dipangkas, bekerja di sebuah kapal laut untuk menyelamatkan tambang minyak di lepas pantai yang sedang terbakar. Namun terlambat kebakaran sudah sangat besar, patroli laut meminta semua kapal menjauh, tapi Kal El menghilang dan sudah berada di tambang minyak yang sedang terbakar dan menyelamatkan para pegawai disana, Kal El merobek pintu besi dan sekujur tubuhnya dipenuhi api tapi dia sendiri tidak terbakar. Para pekerja berhasil naik ke helikopter, namun ada bahaya kembali yang mengancam helikopter yaitu tiang besi penyangga runtuh akan segera menerpa helikopter. Kal El menangkap dan menahan tiang besi itu hingga helikopter terbang dengan selamat. Kal El tenggelam ke dasar laut dan tidak sadarkan saat tambang minyak meledak. Kal El terbayang masa kecilnya di sekolah, kemampuan matanya yang sanggup melihat menembus badan orang lain dan telinganya yang sangat sensitif. Kemampuannya yang berbeda dengan orang lain menjadikannya minder, dan ejekan sebagai anak kecil yang aneh dari teman-teman dan gurunya, hanya mamanya yang dapat membantunya mengontrol kemampuan supernya. Mama angkatnya, Martha Kent memberi nama Clark Kent pada Kal El.

Clark Kent selamat dari ledakan tambang minyak lepas pantai, kembali siuman dan berlari di antara rumah penduduk di dekat pantai. Clark mengambil baju, celana, sepatu dan jaket milik penduduk setempat. Clark ingin pergi ke tempat lainnya, saat di pinggir jalan dia melihat bus sekolah berwarna kuning dan teringat akan masa kecilnya di sekolah. Bus sekolah yang ditumpanginya mengalami pecah ban dan jatuh ke sungai. Bus sudah tenggelam, kemudian Clark mengangkat bus ke hingga ke pinggir sungai. Lana dan seorang teman yang diselamatkannya menyaksikan kekuatan Clark dan mengadukannya pada orang tua mereka dan orang tua angkat Clark. Clark di tegur oleh bapak angkatnya, Jonathan Kent agar tidak menggunakan kekuatan super miliknya. Jonathan membuka asal usul Clark dan membawanya ke gudang belakang, diperlihatkan kapsul luar angkasa yang berisi bayi Clark saat ditemukan pertama kali oleh Jonathan dan istrinya. Jonathan memberikan kunci hitam berlogo "S" yang ditemukan di sisi bayi Clark.

Clark Kent tiba disebuah kota setelah menumpang truk, dan bekerja sebagai pelayan di sebuah bar. Tiba-tiba kekacauan terjadi, penyaji minuman di restoran di ganggu oleh beberapa tamu. Clark berusaha menghentikan, namun tidak di dengarkan, dan Clark di siram bir oleh tamun dan Clark tetap tidak membalas. Clark meninggalkan bar tersebut dan melanjutkan perjalanan ke kota lain. Saat tamu yang mengacau keluar dari bar, dia melihat truk besar miliknya sudah tergantung diantara tiang listrik.

Clark sudah bekerja sebagai buruh pengangkut barang bagi kontraktor sipil di pegunungan. NASA menemukan benda aneh di dalam pegunungan, dan ada struktur benda yang diliputi es namun dengan usia es 20.000 tahun yang lebih lama daripada usia es di pegunungan tersebut. Saat itu datang Lois Lane, wartawan dari Daily Planet yang ingin mengetahui dan meliput penemuan Nasa. Pada suatu malam, saat mengambil gambar pegunungan, tanpa sengaja Lois melihat Clark sedang berjalan seorang diri di salah satu tebing di pegunungan tersebut. Lois mengikuti jejak Clark. Lois mendapati sebuah lorong dengan struktur batuan yang sangat padat. Clark sudah didalam lorong tersebut menggunakan kemampuan super mata yang dapat melihat kegelapan menggunakan infra merah. Clark masuk semakin dalam dan ternyata Clark sudah berada dalam sebuah pesawat luar angkasa yang canggih di ujung lorong. Panel kemudi tampil di depan Clark tanpa disentuh, Clark segera memasukan kunci berlogo "S" pemberian Jonathan. Tampil robot menyerang Clark, tobot berhenti menyerang saat kunci "S" di masukkan secara penuh ke panel kemudi. Muncul bayangan pria berjubah hitam di belakang Clark, Clark mengikutinya dan melihat beberapa kapsul luar angkasa. Tak berapa lama, Lois yang mengikuti Clark juga tiba di ruang kendali, saat mengambil foto, robot yang menyerang Clark juga menyerang Lois. Clark menolong Lois, robot penyerang dihancurkan, dan luka dalam akibat serangan robot pada Lois disembuhkan dengan sinar laser dari mata Clark. Tiba-tiba gempa terjadi karena pesawat luar angkasa yang sedang di selidiki oleh Clark dan Lois melayang terbang dan meninggalkan pegunungan es. Clark menghilang, sementara Lois berhasil ditemukan oleh tim penyelamat sedang terbaring di padang es.


Lois melaporkan hasil liputan dan penyelidikannya kepada atasannya di Daily Planet, tapi di tolak karena dianggap tidak masuk akal oleh atasannya. Ternyata Clark masih didalam pesawat luar angkasa yang ditemukannya, Clark dipandu oleh komputer dengan rupa Jor El, ayah kandungnya, yang menceritakan asal usul Clark dan planet Kripton. Clark mendapatkan jubah dengan logo "S" dan perintah untuk melindungi bumi dan penduduknya dari Jor El. Clark belajar terbang untuk pertama kalinya.

Ditempat lain, Lois terus menyelidiki asal usul Clark di kota tempat Clark besar dan bersekolah. Akhirnya Lois tiba di rumah Clark dan bertemu dengan ibu angkat Clark, Martha Kent. Clark menemui Lois dan menceritakan alasannya untuk menyembunyikan identitasnya dari orang banyak dan tidak menggunakan kekuatan super yang dimilikinya. Clark menceritakan kecelakaan yang menimpa Jonathan Kent yang terbawa angin topan di depan matanya sendiri tanpa boleh menolongnya.

Man of Steel

Lois kembali ke Daily Planet, dan membatalkan keinginannya untuk menampilkan cerita tentang Clark Kent di harian Daily Planet pada atasannya. Clark menceritakan pada martha bahwa ia telah mengetahui asal-usul dirinya. Jendral Zod mulai menyerang bumi, dia membajak seluruh listrik dan siaran televisi, dan meminta kepada penduduk bumi yang mengetahui keberadaan Kal El/Clark Kent untuk menyerahkannya pada jendral Zod.

Lois diburu dan ditangkap oleh FBI untuk memberitahukan keberadaan Clark. Di sebuah gurun, banyak tentara lengkap dengan senjata berat menanti kedatangan Clark, Akhirnya datang Clark menyerahkan dirinya. Clark dan banyak tentara kembali ke padang gurun untuk bertemu dengan jendral Zod. Clark dan Lois ditangkap dan dibawa ke pesawat induk luar angkasa untuk menemui jendral Zod. Clark sekarat di dalam pesawat induk milik jendral Zod karena tidak cocok dengan udara yang dihirupnya. Clark bertemu dengan jendral Zod dalam alam bawah sadarnya, dan jendral Zod menyampaikan ambisinya untuk menguasai bumi dan menjadikan bumi sebagai tempat bagi bangsa Kripton, dan meminta Clark untuk menyerahkan Codex. Clark terbangun dari pingsannya dan dalam keadaan terikat. Lois yang juga berada dalam pesawat angkasa milik Zod masuk ke ruang kendali dan memasukkan kunci "S", tampil proyeksi Jor El membantu Lois mengubah komposisi udara agar bisa dihirup oleh Lois dan Clark secara langsung. Lois berhasil melarikan diri dari pesawat Zod mennggunakan kapsul luar angkasa, namun kapsul yang digunakan Lois terbakar saat memasuki atmosfer bumi. Clark berhasil menyelamatkan Lois dan menaruhnya di pinggiran kota. Zod datang ke rumah Martha Kent, mencari dan menanyakan keberadaan Codex namun tidak menemukannya. Zod marah dan mengancam Martha. Disaat kritis datang Clark menghajar Zod. Jubah Zod rusak, Zod menjadi lemah karena tidak sesuai dengan udara bumi, Zod ditolong oleh pengawalnya. Pertarungan hebat terjadi antara Clark melawan pengawal Zod. Clark berhasil mengalahkan seorang pengawal Zod. Clark kembali ke rumahnya untuk mengetahui kabar ibunya, Lois mendatangi Clark untuk berikan informasi cara mengalahkan Zod dan pasukannya. Sementara itu Zod mengerahkan pesawat tempurnya untuk invasi Bumi. Zod menggunakan senjata gravitasi untuk mengubah Bumi menjadi Kripton, banyak mobil dan bangunan di hancurkan oleh 2 pesawat penghancur milik Zod. Seorang tentara menamakan Clark sebagai Superman. Superman menabrakan dirinya ke salah satu pesawat tempur milik Zod hingga pesawat itu hancur berkeping-keping. Superman menuju ke pesawat tempur ke 2 yang berisi Zod. Superman menggunakan sinar laser dari matanya dan menghancurkan pesawat tempur ke 2. Dari reruntuhan pesawat, Zod bangun dan bertarung melawan Superman. Terjadilah pertempuran besar dan kejar-kejaran di udara antara Zod dan Superman. Superman berhasil mengakhiri kekejaman Zod yang berusaha membunuh setiap manusia di depannya dengan sinar laser dari matanya.

Superman kembali menjadi Clark Kent dan meneruskan aktifitasnya sebagai seorang wartawan baru di Daily Planet dan bertemu dengan Lois Lane.

Follow me: @Penuai