Man of Tai Chi

1001 Film di 1001Berita.com. Diawali dengan tarung bebas antara 2 jago beladiri, hingga salah 1 petarung terkapar tak berdaya. Seorang dari pengeras suara memerintahkan untuk petarung yang sedang unggul untuk menghabisi petarung yang terkapar, namun petarung yang unggul tersebut tidak mau mematuhinya, hingga tampil pria tinggi tegap menggunakan topeng hitam dan berpakaian serba hitam mendekati petarung yang sedang terkapar dan mematahkan lehernya. Pria serba hitam itu adalah Donaka Mark. Tak berapa lama Donaka juga membunuh petarung yang unggul tersebut dengan beberapa tusukan pisau di tubuh dan lehernya. Kemudian Donaka memerintahkan untuk mencari petarung lainnya dan segera keluar meninggalkan rumah mewah tempat pertarungan berlangsung menggunakan sedan sport mewah.

  • Produser : Lemore Syvan, Daxing Zhang
  • Produksi : UNIVERSAL PICTURES
  • Sutradara : Keanu Reeves
  • Tiger Hu Chen sebagai Tiger Chen
  • Keanu Reeves sebagai Donaka Mark
  • Karen Mok sebagai Sun Jingshi, Polisi Hongkong
  • Simon Yam sebagai Wong, Polisi Hongkong
  • Iko Uwais sebagai Gilang Sanjaya, ahli beladiri Pencak Silat

Keanu Reeves menjadi pemain sekaligus sutradara dalam film Man of Taichi, tidak seperti di film Speed dan Trilogi The Matrix, kali ini Keanu Reeves berperan sebagai tokoh jahat.


Ditempat lain, Tiger Chen sedang berlatih taichi dengan gurunya. Kemudian Tiger mengikuti turnamen tarung ilmu beladiri. Tiger Chen berhasil mengalahkan lawan pertamanya yang sempat merendahkan Taichi. Ditempat lain Donaka tertarik melihat aksi dan kemahiran ilmu beladiri Tiger melalui berita di layar televisi.

Tiger bekerja sebagai pengantar surat. Tiger tinggal sendiri menyewa sebuah ruangan di apartemen sederhana di hongkong, namun sesekali dia menengok kedua orangtuanya untuk memberikan hadiah. Donaka adalah pemilik perusahaan keamanan, dan seorang polisi hongkong sedang menyelidiki perusahaannya karena seorang polisi yang sedang menyamar ditemukan tewas. Donaka mengirimkan orang untuk mengawasi Tiger dan mengirimkan tawaran bekerja di perusahaan keamanan miliknya.
 Tiger dijemput menggunakan sedan mewah ke bandar udara, diterbangkan menggunakan pesawat pribadi, dan kembali diantar menggunakan sedan mewah ke kantor milik Donaka.

Tiger di tes ilmu beladirinya di dalam ruang tertutup menghadapi seorang petarung, dan Tiger berhasil mengalahkan petarung tersebut. Tiger bertemu dengan Donaka yang menawarkannya untuk bekerja sebagai petarung yang harus menang atau kalah dan dipecat. Tiger menolak untuk menggunakan Taichi untuk bertarung dan mendapatkan uang. Donaka memberikan tiket pulang dan meminta Tiger memikirkan tawarannya.


Tiger kembali bekerja seperti biasa sebagai pengantar surat, tapi setelah selesai mengantar beberapa surat, dia dikejutkan dengan panggilan telpon dari gurunya yang memintanya datang menemuinya di kuil. Gurunya mengatakan bahwa kuil terancam akan di hancurkan oleh pengembang property dengan alasan bangunan yang sekarang melanggar keamanan. Tiger meminta bantuan pada teman wanita di kantornya tentang cara menyelamatkan kuil Taichi milik gurunya. Temannya memberitahukan untuk mendaftarkan kuil sebagai bagian dari cagar budaya, bangunan kuno bersejarah yang harus dilindungi, tetapi biaya yang dibutuhkan sangat besar. Tiger memutuskan untuk menerima tawaran kerja dari Donaka.

Pertarungan demi pertarungan di menangkan oleh Tiger, uang terkumpul banyak dan digunakan untuk renovasi kuil milik gurunya. Tiger juga membelikan sebuah mesin cuci kepada pemilik apartemen sebagai hadiah, Tiger juga membeli sebuah sedan baru untuk digunakan dirinya sendiri. Akhirnya kuil Taichi milik gurunya selesai direnovasi, dan pihak pengembang yang merombak kuil tidak memiliki alasan untuk mengganti kuil dengan bangunan lainnya.

Pada suatu malam, Tiger mendapat panggilan telpon dari Donaka untuk bertarung. Kali ini adalah pertarungan yang sangat berat, karena Tiger harus melawan 2 petarung tangguh sekaligus di malam hari. Tiger sempat mengalami kekalahan dan terlempar keluar panggung arena, Donaka memberikan motivasi agar Tiger mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya. Tiger bangun dan kembali ke arena dengan semangat baru. Tiger berhasil mengalahkan ke 2 lawannya dengan KO.

Esok harinya, dalam turnamen resmi antar ilmu beladiri, Tiger mengalahkan dan mencederai lawan dengan cepat dan keras. Ayahnya yang menonton melalui televisi dengan guru taichi Tiger menanyakan gaya taichi yang digunakan oleh Tiger. Tiger didiskualifikasi dari turnamen. Tiger berjalan keluar dari tempat turnamen tanpa menjawab satupun pertanyaan yang di ajukan oleh wartawan.

Tiger mendatangi gurunya di kuil untuk bertanding dan berlatih Taichi tapi penuh dengan emosi. Tiger berikan serangan yang hebat pada gurunya, tapi gurunya berhasil mengalahkan Tiger. Gurunya menyarankan Tiger untuk meditasi agar dapat mengendalikan emosi dan amarahnya. Tiger menolak saran gurunya dan bergegas meninggalkan kuil. Tiger terluka dalam oleh pukulan jarak jauh dari gurunya.

Ditempat lain, dikantor polisi hongkong, seorang polisi wanita terus mengawasi dan mempelajari aktifitas Donaka. Pertarungan Donaka ternyata disiarkan melalui saluran televisi tidak resmi. Inspektur kepala Jing Si akhirnya menyelidiki keterlibatan Tiger dengan organisasi kejahatan pimpinan Donaka. Donaka diduga menjalankan bisnis pertarungan tidak resmi.

Tiger pergi ke kantornya dan menanyakan aplikasi pelestarian kuil Taichi sebagai warisan budaya, tapi ternyata ditolak oleh direktur lembaga tersebut. Tiger marah dan ingin meluapkan marahnya dalam sebuah tarung bebas. Tiger meminta sebuah pertarung pada Donaka. Tiger mendapatkan lawan seorang tentara berbadan tinggi besar, Uri Romanov. pertarungan itu dengan mudah dimenangkan oleh Tiger yang sedang terbawa emosi tinggi. Tiger diperintah Donaka untuk menghabisi lawannya, namun tidak dilakukannya. Di ruang ganti, Tiger menyatakan keinginannya untuk berhenti menjadi seorang petarung. Donaka menolak keinginan Tiger dan ingin bertemu lagi dalam 3 hari. Jing Si yang sedang memburu aktifitas Donaka tidak berhasil menyergap Donaka, dia mendapatkan ruang kosong bekas pertarungan.

Tiger menghubungi Jing Si untuk membantunya berhenti dari pekerjaannya sebagai petarung bebas tidak resmi pimpinan Donaka. Dalam upaya mengikuti jejak Tiger di pertarungan terbarunya, Jing Si mengalami kecelakaan, mobilnya menabrak truk gandeng saat dia melihat ponsel milik Tiger di pinggir jalan. Jing Si terluka, dan berhasil menembak pembunuh bayaran kiriman Donaka saat Jing Si terjepit di mobilnya. Jing Si menemukan ponsel milik Tiger yang dibuang di jalanan. Jing Si melacak keterlibatan atasannya di kantor polisi. Jing Si meminta bantuan pada rekan-rekannya di kantor polisi hongkong untuk melacaknya siaran tv ilegal yang menayangkan pertarungan Tiger. Upaya Tiger mengadukan Donaka ke polisi Hong Kong sudah terlacak oleh Donaka. Donaka mengatur pertarungan hingga mati antara Tiger melawan Gilang Sanjaya, seorang ahli beladiri pencak silat dari Indonesia. Di arena, Tiger tidak mau memberikan perlawanan pada Gilang. Tiger hanya berlari menghindar, bahkan Tiger menantang Donaka keluar untuk bertarung dengannya. Akhirnya Donaka terpancing keluar untuk menghadapi Tiger, tapi anak buahnya mencegahnya dan memintanya keluar. Tak berapa lama, datang banyak polisi hong kong melakukan penyergapan. Seluruh penonton dan anak buah Donaka berhasil ditangkap, termasuk juga atasan langsung Jing Si yang adalah polisi hong kong. Donaka berhasil melarikan diri dari kepungan polisi. Tiger dibebaskan dari semua tuduhan keterlibatan dengan kelompok Donaka.

Tiger kembali ke kuil Taichi, namun ketenangannya terusik dengan kedatangan Donaka yang mengajaknya bertarung. Tiger berulang-kali kalah dan menerima banyak pukulan dan tendangan dari Donaka, hingga akhirnya Tiger putuskan untuk meditasi dan gunakan Taichi seperti semula. Tiger terkena tikaman pisau dari Donaka. Disaat kritis, Tiger menggunakan pukulan jarak jauh dan berhasil melukai dan melumpuhkan serangan Donaka. Donaka terkapar terluka dalam. kemudian datang guru Taichi dan menolong Tiger yang terluka tusukan pisau.

Akhirnya upaya Tiger menyelamatkan Kuil Taichi berhasil, guru Taichi Tiger meresmikan kuil sebagai warisan budaya yang telah ada sejak 600 tahun lalu di saksikan oleh wartawan, pihak pengembang bangunan dan pihak pelindung warisan budaya.