The Wolverine

1001 Film di 1001Berita.com. Diawali dengan situasi akhir perang dunia ke 2 di dekat kota Nagasaki, Logan sedang terkurung menjadi tahanan tentara Jepang. Kekalahan terbayang di benak para prajurit jepang saat itu, beberapa tentara melakukan harakiri/bunuh diri dengan pedangnya masing-masing, begitu pula dengan Yashida. Saat Yashida hendak menusukkan pedangnya, keluar Logan dan mencegahnya bunuh diri. Tiba-tiba datang pesawat pembom B-52 melepaskan bom atom di kota Nagasaki, Logan membawa Yashida ke lubang tahanan dan melindungi Yashida dengan tubuhnya sendiri.

Produser : Scott Franklin
Produksi : 20TH CENTURY FOX
Sutradara : James Mangold
Situs : thewolverinemovie.com

  • Hugh Jackman sebagai Logan, tokoh utama The Wolverine.
  • Tao Okamoto sebagai Mariko, cucu dari Yashida, sangat cantik.
  • Rila Fukushima sebagai Yukio, pengawal setia Yashida diutus menjemput Logan.
  • Hal Yamanouchi sebagai Yashida (Tua), seorang pengusaha sukses.
  • Ken Yamamura sebagai Yashida (Muda), seorang tentara di masa perang dunia 2.
  • Will Yun Lee sebagai Harada, tokoh Ninja pengawal setia Yashida.
  • Famke Janssen sebagai Jean Grey, kekasih Logan di masa lalu.
  • Brian Tee sebagai Noburo.
  • Hiroyuki Sanada sebagai Shingen, ayah dari Mariko, anak dari Yashida.
  • Svetlana Khodchenkova sebagai Viper, tokoh mutan jahat dengan kemampuan mengeluarkan racun.

Bom atom meledak sangat dahsyat menghancurkan kota Nagasaki, Yashida muda terluka di salah satu sisi wajahnya, sementara Logan hampir sekujur tubuhnya dipenuhi dengan luka bakar yang sangat parah, tapi Logan segera pulih karena kemampuan gen mutan di dalam dirinya. Yashida memberikan samurainya sebagai tanda terimakasih dan memberikan gelar Ronin kepada Logan yang artinya ksatria tanpa tuan. Logan terbangun dari mimpinya dan berada di sisi Jean. Logan terbangun kembali dan berada jauh ditengah hutan dalam pelariannya karena rasa bersalah telah membunuh kekasihnya sendiri Jean.

Malam hari di tengah hutan, saat hujan deras, Logan mendengar jeritan orang minta tolong, bergegas Logan hendak menolong. Ditemukan beberapa kemah yang telah porak poranda dan jejak besar kaki beruang. Logan mengikuti jejak kaki tersebut dan menemukan seekor beruang sedang sekarat dengan sebuah panah besi tertancap di badannya. Logan membunuh beruang besar itu dengan menancapkan kuku besi ditangannya untuk mengakhiri kesakitan yang dialami beruang tersebut. Logan langsung pergi ke kota dan menuju sebuah bar yang terlihat ramai di tengah malam. Dilihatnya seorang pemburu sedang menceritakan keberhasilannya selamat dari serang beruang pada teman-temannya. Logan menghajar pemburu tersebut, teman-teman pemburu itu ikut menyerang Logan. Saat Logan hendak memukul para pemburu dengan cakar besinya, datang Yukio melerai dan mengajak Logan menemuinya di mobil di luar bar.

Yukio menceritakan alasannya menemui Logan. Akhirnya Logan ikut dengan Yukio ke Jepang dengan pesawat menemui Yashida tua yang pernah diselamatkannya di akhir perang dunia ke 2. Yashida tua meminta Logan untuk memberikan darahnya untuk menolongnya sembuh dari sakit parah di masa tuanya. Yashida beralasan bahwa hal tersebut akan mengakhiri mimpi buruk dan kesepian yang sering dialami Logan. Logan menolak dan hendak meninggalkan Yashida, namun urung saat melihat konflik di keluarga anak Yashida. Terlihat Shingen menampar anaknya, Mariko. Mariko berlari hendak bunuh diri dengan cara melompat dari ketinggian rumahnya. Logan berhasil menangkap dan mencegah niat Mariko bunuh diri.

Logan kembali ke kamarnya, menjelang pagi dia dikejutkan dengan bunyi lonceng berkabung dan ternyata Yashida telah wafat. Pagi harinya di upacara penghormatan terakhir pada Yashida, acara yang berlangsung lancar di kejutkan dengan penculikan Mariko oleh beberapa Yakuza yang menyamar sebagai biksu. Logan berhasil menggagalkan usaha penculikan Mariko dan membawanya ke tengah kota menggunakan kereta cepat. Akhirnya Mariko dan Logan tiba kembali di pinggir kota Nagasaki, tempat pertama kali berjumpa dengan Yashida muda.

Kenyamanan Mariko dan Logan di dekat Nagasaki berakhir dengan datangnya sekelompok orang yang menculik Mariko di pagi hari. Yukio datang hendak membantu Logan menemukan kembali Mariko. Disaat yang sama Logan merasa ada yang aneh dengan kemampuan dirinya menyembuhkan luka dirinya dengan cepat tidak berfungsi lagi. Logan dan Yukio kembali ke ruang perawatan canggih milik Yashida dan menemukan laba-laba elektrik di dalam tubuhnya. Dengan cakar di tangannya, Logan merobek dadanya menggunakan cakar besinya dan berhasil mengeluarkan laba-laba elektrik dari jantungnya. Ditempat yang sama Shingen datang berusaha membunuh Logan, Yukio memberikan perlawanan untuk melindungi Logan. Mesin pendeteksi detak jantung yang tertempel pada Logan menunjukkan garis lurus, menandakan Logan telah wafat. Yukio sedih dan marah pada Shingen dan berikan perlawanan dengan sengit. Hingga akhirnya Logan bangun, kemampuan pulih dari luka telah kembali berfungsi di tubuhnya. Diakhir pertarungan, Logan berhasil mengalahkan Shingen dan menancapkan cakar besinya di dada Shingen.

Menggunakan motor, Logan berhasil tiba di lokasi penyekapan Mariko. Logan terluka parah akibat panah-panah yang banyak menancap di bagian belakang tubuhnya, dan Logan pingsan. Saat terbangun, Logan sudah berada dalam ruang besar yang sangat canggih, tapi dirinya diikat dalam rantai besi yang kuat. Tampil Viper, mutan wanita yang dapat mengeluarkan liur beracun dari lidahnya yang bercabang 2 seperti ular. Viper menerangkan bahwa dirinya adalah dibayar Yashida untuk menculik dan mengambil darah Logan untuk diberikan pada Yashida. Viper menerangkan bahwa ninja ronin raksasa yang terbuat dari besi adamantium di sisinya adalah Yashida tua. Logan marah, dan cakar besinya keluar, begitu pula ninja besi raksasa terbangun dan mematahkan cakar di salahsatu tangan Logan dengan pedang besi panas di tangannya. Saat ninja raksasa besi hendak mematahkan cakar lainnya, datang Mariko berusaha menolong Logan. Harada, salah seorang ninja yang melidungi Yashida dan keluarganya secara turun temurun ikut menolong Logan karena tidak setuju dengan tujuan Yashida dan Viper. Tapi Harada terlalu lemah bagi ninja besi yang berisi Yashida. Harada tertancap pedang panas. Akhirnya Yukio berhasil menyusul dan tiba di markas Yashida. Yukio bertarung dengan sengit melawan Viper, sementara Logan bertarung melawan ninja besi. Viper berhasil dikalahkan Yukio, ninja besi juga berhasil dikalahkan oleh Logan, walaupun Logan terluka parah hingga pingsan.

Saat terbangun, Logan sudah berada di kediaman Mariko. Logan bersiap terbang menggunakan pesawat pribadi dan pamitan dengan Mariko.

Durasi 2 jam tampak sangat singkat karena alur cerita dan pertarungan yang ditampilkan sangat menarik, tidak membosankan dan tidak mudah diterka. Film aksi ini sangat bagus untuk disaksikan. Rabu, 14 Agustus 2013 siang, penulis sempat menyaksikan film ini di salah satu bioskop besar di Bintaro.