UPSIDE DOWN

1001 Film di 1001Berita.com. UPSIDE DOWN sudah ditayangkan di bioskop-bioskop besar di Jakarta pada Juni dan Juli 2013, merupakan film drama romantis dan juga fiksi ilmiah. Tata suara yang disajikan sangat menghibur dan tepat dalam mencerminkan kondisi perasaan yang dialami oleh Adam dan Eden. Efek tata visual yang sangat canggih ditampilkan di sepanjang film, menampilkan 2 kota besar di sisi atas dan bawah, menampilkan kondisi laut di atas dan bawah, menampilkan kondisi hutan pegunungan di sisi atas dan bawah. Kirsten Dunst yang cantik jelita, yang sebelumnya dikenal sebagai pendamping Spiderman, tampil sebagai pemeran utama wanita dalam film ini. Kirsten Dunst sangat cantik dan sangat memukau di film ini. Mungkin inilah film paling romantis di tahun 2013 ini, saat Adam melakukan segala cara untuk dapat bertemu kembali dengan Eden.

Produser : Aton Soumache, Alexis Vonarb, Dimitri Rassam, Claude Lger, Jonathan Vanger
Sutradara : Juan Solanas
Homepage : upsidedown-movie.com

  • Jim Sturgess as Adam Kirk
  • Kirsten Dunst as Eden Moore
  • Timothy Spall as Bob
  • Blu Mankuma as Albert

Di awal film, Adam menceritakan latar belakang dirinya dan keadaan planet kembar berdekatan yang mengitari matahari yang sama. Keunikan dan keanehan adalah daya tarik planet, sistim grafitasi dari planet masing-masing yang mengikat berdasarkan kelahiran setiap penduduknya. Jika lahir lahir di planet bawah, maka grafitasinya adalah dibawah, jika lahir di planet atas, maka grafitasinya ada planet atas, dan setiap penduduk tidak boleh menyeberang ke planet lainnya. Planet di bawah berisi penduduk yang miskin, dengan keadaan lingkungan yang buruk. Planet di atas berisi penduduk yang kaya, dengan lingkungan yang rapih, canggih dan teratur. Semua benda yang berasal dari planet bawah, grafitasinya ke planet bawah, begitu pula sebaliknya.

Ditampilkan kisah Adam kecil yang membuat pesawat dari kertas dan menerbangkannya dari puncak bukit batu yang paling tinggi di planet bawah, dan ternyata pesawat kertas itu sampai ke planet atas, jatuh hingga dekat seorang gadis kecil, Eden.Inilah awal mula perkenalan dan pertemanan Adam dan Eden. Puncak bukit batu itu terletak di dalam daerah terlarang untuk dikunjungi, Adam masuk secara sembunyi-sembunyi melewati pagar pembatas. Orang tua Adam sudah lama meninggal dunia, Adam tinggal di sebuah rumah kecil dan tua peninggalan orang tuanya. Keluarga terdekat yang masih ada yaitu bibi Becky. Begitu dekatnya hingga seringkali Adam mengunjungi bibinya untuk bermain dan makan dengannya. Hingga suatu saat Adam terinspirasi oleh pancake buatan bibinya yang bisa dilempar melayang dari dapur hingga ke meja makan. Rahasianya adalah dari buku masakan keluarga yang diwariskan secara turun temurun.

Adam dan Eden bertumbuh menjadi remaja. Pada suatu kali mereka berjanji untuk bertemu di bukit batu tertinggi dari planetnya masing-masing, dan Adam ingin mengajak Eden berjalan-jalan di planet bawah. Menggunakan seutas tali tambang yang panjang dan kuat, Adam menarik Eden hingga ke planet bawah dan mereka bermain hingga ke pinggir hutan, tak berapa lama Adam mendengar bunyi letusan pistol penjaga hutan. Ternyata para polisi dengan anjing pelacaknya mengetahui kedatangan Adam dan Eden yang melanggar peraturan penting yaitu larangan melintas antar planet. Segera Adam dan Eden kembali ke tempat mereka semula bertemu, menggunakan tali tambang yang sama Adam mengembalikan Eden ke planet atas, namun Adam tertembak di bahunya dan tali tambangnya terlepas, Adam menyaksikan Eden terjatuh,berdarah di keningnya dan pingsan. Adam di tangkap, diancam untuk tidak mengulangi perbuatannya, di bawa ke rumah bibinya. Polisi membakar rumah bibinya dan menangkap bibinya.

10 tahun kemudian, Adam menjadi karyawan di perusahaan Albert. Adam sedang melakukan riset membuat alat anti gratifitasi yang dapat digunakan di planet atas dan planet bawah. Adam menggunakan resep rahasia dari bibinya. Adam juga sedang membuat kream anti penuaan juga menggunakan berdasarkan resep rahasia dari bibinya. Saat menonton acara televisi, Adam melihat Eden sedang menjadi pemberi hadiah dari TransWorld. TransWorld adalah perusahaan besar yang memiliki gedung besar terhubung di planet atas dan planet bawah. Adam merencanakan untuk menyelesaikan krim anti penuaan dan bekerja di TransWorld agar dapat bertemu kembali dengan Eden. Adam sebagai karyawan baru mendapat sahabat dari planet atas yaitu Bob, setelah Adam memberikan koleksi prangko dari planet bawah kepada Bob dengan imbalan akan membantu mempertemukan Adam dengan Eden. Adam berhasil bertemu dengan Eden menggunakan telepon di meja kerja Bob dan menyamar sebagai Bob saat menemui Eden di sisi atas kantor TransWorld, ternyata Eden mengalami amnesia karena terjatuh 10 tahun yang lalu. Setelah pertemuan singkat untuk pertamakalinya, mereka berjanji untuk bertemu kembali di sebuah restoran. Keesokan harinya Adam memenuhi janjinya untuk bertemu dengan Eden di sebuah Restoran, dan Adam mencoba meyakinkan dan mengembalikan ingatan Eden bahwa mereka pernah bertemu sebelumnya. Selang beberapa saat, peralatan anti grafitasi yang dikenakan Adam mulai terbakar, tergesa-gesa Adam pamit dan menginggalkan Eden. Adam sukses dengan riset pembuatan krim anti penuaan yang di perlihatkan pada para petinggi di TransWorld, berbeda nasib dengan Bob yang kehilangan pekerjaannya di TransWorld. Bob memberikan kartu akses dirinya pada Adam sebagai kenang-kenangan. Saat Adam presentasikan hasil akhir risetnya kepada umum, Eden hadir juga. Eden heran mengapa orang yang di depannya mengaku sebagai Adam, padahal selama ini mereka bertemu sebagai Bob. Eden kecewa dan keluar dari ruang presentasi. Eden menangis dan mulai teringat masa kecilnya dan saat-saat pertama kali bertemu Adam.  Mereka berjanji bertemu untuk ke 3 kalinya di sebuah restoran. Saat tengah terlibat pembicaraan, dan berdansa, tiba-tiba datang polisi untuk menangkap Adam. Adam berlari keluar restoran menghindari kejaran polisi, peralatan anti grafitasi yang digunakan oleh Adam mulai panas dan terbakar, Adam bersembunyi di rumah Bob, meninggalkan sedikit peralatan anti grafitasi kepada Bob. Bob sangat antusias membantu Adam. Adam berhasil kembali ke planet bawah dengan selamat namun mendapatkan ancaman dari polisi setempat agar tidak mengulangi perbuatannya melintas antar planet.

Adam dan Albert sedang berdiskusi tentang peralatan anti grafitasinya, tiba-tiba dikejutkan oleh kedatangan Bob dari planet atas. Ternyata Bob berhasil melakukan percobaan pembuatan cairan anti grafitasi yang ditinggalkan Adam di rumahnya, dan Bob juga telah mendaftarkan hak paten atas temuannya dengan nama Albert Co, lebih awal daripada TransWorld. Adam juga mendapat kabar tentang Eden yang sedang hamil anak kembar. Adam dan Eden berjanji untuk bertemu kembali di restoran yang sama, saat mereka terpisah karena kejaran polisi. Adam dan Albert sangat semangat dengan kedatangan dan kabar baik dari Bob.

Follow me: @Penuai