THE MAZE RUNNER

Film ini sudah tayang pada 26 September 2014 di bioskop-bioskop di Jakarta. Dari poster filmnya, semula saya pikir ini adalah film horor, ternyata setelah langsung menyaksikan dari layar lebar, THE MAZE RUNNER adalah film fiksi ilmiah dengan latar belakang situasi bumi di masa depan yang di penuhi perang, kekerasan dan virus mematikan. Dengan durasi hampir 2 jam, film ini cukup menegangkan, tata suara sering buat kaget penonton.

THE MAZE RUNNER adalah film Produksi dari 20th Century Fox dengan sutradara Sutradara Wes Ball.

  • Dylan O'Brien sebagai Thomas
  • Aml Ameen sebagai Alby
  • Ki Hong Lee sebagai Minho
  • Blake Cooper sebagai Chuck
  • Thomas Brodie-Sangster sebagai Newt
  • Will Poulter sebagai Gally
  • Dexter Darden sebagai Frypan
  • Kaya Scodelario sebagai Teresa
  • Chris Sheffield sebagai Ben

Diawali dengan Thomas yang terkurung di lift serupa jeruji besi berjalan menuju sebuah tempat yang tidak diketahuinya. Thomas dalam keadaan hilang ingatan. Tiba-tiba lift berhenti, masuk cahaya matahari dan tampak beberapa anak-anak muda menyambut kedatangannya.

Alby, seorang pemuda yang paling pertama berada di lokasi tersebut memperkenalkan Thomas dengan lingkungan baru tersebut. Orang-orang memanggil Thomas dengan Greeny, sebagai sebutan untuk orang yang baru datang. Thomas berontak, penasaran sekaligus takut dengan lingkungan barunya yang di kelilingi oleh tembok-tembok besar dan sangat tinggi. Thomas berlari kencang menjauh dari teman-teman barunya, namun segera jatuh tak seberapa jauh.

Suatu malam, celah besar terbuka dan membentuk pintu dari tembok besar dengan suara gemuruh menyertainya. Thomas penasaran, berlari menuju tembok yang terbuka lebar tersebut, namun keinginannya dicegah oleh Gally. Thomas marah pada Gally yang berusaha menyelamatkannya. Tak berapa lama, celah di tembok besar tersebut tertutup kembali.

Di malam berikutnya, dalam pesta api unggun yang di selenggarakan oleh Alby sebagai acara rutin, Thomas mendapat tantangan dari teman-temannya untuk menghadapi Gally dalam lingkaran duel. Kepala Thomas terantuk batu dalam pertarungan tersebut dan ingatannya kembali pulih.

Thomas tertarik untuk menjadi "golongan Pelari" karena melihat 2 orang muda yang mendapatkan kesempatan untuk berlari menembus celah yang terbuka lebar pada saat-saat tertentu untuk memetakan labirin di balik tembok besar.

Kejadian naas di alami oleh Thomas saat ia mencari pupuk di hutan. Ben yang terinfeksi virus mematikan berusaha menyergap dan menyerang Thomas. Segera ia berlari ketakutan menuju teman-teman lainnya. Ben ditangkap, dan sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di sana, bahwa setiap anggota yang terkena virus mematikan akan diusir dari komunitas dan harus memasuki pintu labirin. Gally menganggap nasib naas yang di alami oleh Ben disebabkan oleh Thomas.

Keesokan hari, tiba-tiba kotak jeruji lift pembawa anggota baru komunitas labirin terbuka, tampak di dalamnya seorang gadis muda sedang pingsan. Newt segera menghampiri untuk membawanya naik. Sesaat gadis itu tersadar dan menyebut nama Thomas berulangkali hingga kembali tak sadarkan diri. Dalam genggaman tangannya terdapat catatan kecil yang menyatakan dialah gadis terakhir yang datang ke komunitas. Masih di hari yang sama, gadis muda tersebut membuat kegaduhan dengan naik ke menara kayu dan melempar batu-batu pada seisi komunitas yang berusaha mendekatinya. Akhirnya hanya Thomas yang dapat menenangkan gadis itu dan menyebutkan namanya, Teresa.

Suatu sore, tembok besar bergemuruh dan terbuka. Semua anggota komunitas bergegas menuju tembok besar tersebut. Mereka menanti dengan cemas kedatangan 2 pelari keluar dari labirin. Ketika suara gemuruh mulai terdengar dan celah besar akan segera menutup, tampak Minho sedang menggendong Alby. Beberapa anggota komunitas menyarankan Minho untuk meninggalkan Alby, namun Minho tidak mau. Celah di tembok besar semakin menyempit, dengan nekat Thomas masuk ke dalam celah sempit yang hanya seukuran tubuhnya. Celah tertutup, anggota komunitas sudah merelakan dan menganggap Thomas, Alby dan Minho tidak akan kembali lagi. Didalam labirin, Minho menganggap Thomas bodoh, nekat dan bosan hidup. Mahluk aneh penghuni labirin datang menyerang Thomas dan Minho. Mahluk aneh itu adalah robot serangga raksasa. Mereka menamakan mahluk aneh itu Griever. Setelah meletakkan Aldy di tempat yang lebih tinggi dengan cara di ikat dan digantung dengan tautan dahan-dahan pohon rambatan, Thomas terlibat kejar-kejaran dengan Griever. Saat labirin akan berubah pola, Thomas dan Minho terus di kejar oleh Griever. Dengan kecerdasan dan keberanian yang di milikinya, Thomas memancing Griever agar menangkapnya di celah tembok yang sedang menutup, dan berhasil, Griever terjepit dan hancur dihimpitan celah tembok. Saat celah lain terbuka, mereka berhasil keluar dari labirin dan di sambut oleh komunitas yang terheran-heran dengan keadaan Thomas dan Minho yang berhasil bertahan di dalam labirin selama 1 malam.

Simak tips ngopi di bioskop

Thomas di elu-elukan sebagai pahlawan bagi komunitas, namun Gally tidak setuju dan berniat menghukum Thomas dalam kurungan. Setelah melalui sidang, Newt memutuskan untuk mengangkat Thomas menjadi tim Pelari yang baru menggantikan Alby yang terinfeksi virus mematikan. Thomas memutuskan untuk mengajak Minho dan beberapa pelari lainnya untuk menyelidiki keberadaan Griever di dalam labirin. Dengan sembunyi-sembunyi, Thomas dan beberapa pelari lainnya berhasil menemukan bangkai Griever dan mengambil botol mekanik pengendali Griever bernomor 7. Disaat lain, Thomas dan Minho berhasil menemukan fungsi dari botol mekanik tersebut, yaitu untuk membuka pintu keluar dari labirin.

Setelah kembali pada komunitas, Thomas mengajak seluruh isi komunitas untuk bergabung dengannya mencoba keluar dari labirin. Gally dan beberapa anggota komunitas tidak bersedia ikut. Di dalam labirin, Thomas dkk dihadang beberapa Griever sekaligus. Beberapa Griever berhasil di kalahkan, namun beberapa anggota komunitas juga ikut menjadi korban keganasan Griever. Akhirnya Thomas dkk berhasil melepaskan diri dari kejaran Griever dan memasuki ruang kendali menggunakan botol mekanik Griever nomor 7. Mereka menemukan beberapa petugas ruang kendali dalam keadaan bersimbah darah, dan menemukan pesan video keadaan dunia yang rusak akibat perang dan virus mematikan. Kemudian tampil beberapa pasukan elit menerobos masuk ke ruang kendali dan menjemput Thomas dkk menggunakan helikopter. Dari ketinggian terlihat labirin adalah tembok besar mekanik yang berada di padang gurun.