The Giver

1001 Film di 1001Berita.com. The Giver adalah film fiksi ilmiah. Menampilkan kecanggihan teknologi drone, yaitu pesawat terbang tanpa pilot, dengan kendali jarak jauh. Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta pada 2 Oktober 2014.>

  • Produser : Jeff Bridges, Neil Koenigsberg, Nikki Silver
  • Produksi : Walden Media
  • Sutradara : Phillip Noyce
  • Brenton Thwaites sebagai Jonas. Tokoh utama.
  • Jeff Bridges sebagai The Giver. Anggota dewan di komunitas yang memiliki wewenang untuk tetap memiliki ingatan/kenangan masa lalu dan memberikan ingatannya kepada orang lain yang terpilih dalam komunitas.
  • Alexander Skarsgård sebagai Ayah angkat Jonas.
  • Katie Holmes sebagai Ibu angkat Jonas, dipilih oleh dewan di komunitas untuk menjaga ketertiban. Sangat kaku, tidak menggunakan hati, lebih sering gunakan logika, JANGAN DITIRU.
  • Odeya Rush sebagai Fiona. Teman istimewa dari Jonas.
  • Cameron Monaghan sebagai Asher. Sahabat Jonas sejak kecil, periang dan setia kawan.
  • Taylor Swift sebagai Rosemary. Wanita muda yang juga terpilih sebagai "Receiver of Memories" sebelum Jonas.
  • Emma Tremblay sebagai Lilly. Adik angkat dari Jonas.
  • Meryl Streep sebagai Chief Elder. Tokoh antagonis, diktaktor. 

Diawali dengan suara narasi dari Jonas tentang keadaan dirinya di komunitas canggih yang terletak di dataran tinggi dikelilingi oleh awan-awan. Komunitas yang teratur dan damai. Memiliki hobi yang unik yaitu memandang sekitarnya terus menerus dan merasakan sesuatu yang berbeda dari hal yang sama. Jonas seorang pemikir. Memiliki 2 orang sahabat sejak kecil yaitu Fiona dan Asher. Asher adalah seorang periang, banyak berbicara dan bercanda. Komunitas itu memiliki jam malam dimana tidak boleh ada 1 orangpun yang keluar. Semua hal terlihat hanya hitam dan putih. 

Dalam perjalanan pulang menggunakan sepeda, mereka berbicara tentang posisi yang akan mereka dapatkan setelah selesai masa pendidikan. Jonas memiliki rasa kuatir akan tidak mendapatkan posisi. Mereka berjanji akan tetap menjadi sahabat dimanapun mereka ditempatkan walaupun berbeda posisi.

Tiba di hari pemilihan posisi, seperti upacara wisuda atau pelantikan serah terima jabatan. Semua anggota komunitas hadir dalam gedung besar dengan tertib mengikuti acara, dan pembagian posisi dimulai. Fiona terpilih menjadi perawat bayi dalam komunitas. Asher terpilih menjadi pengendali Drone. Hingga habis semua pemuda menerima posisinya dari ketua komunitas, Jonas belum mendapatkan posisinya. Akhirnya Jonas terpilih menjadi penerima banyak kenangan atau Receiver of Memories. Hal ini adalah sangat istimewa dalam komunitas, sebab setiap pagi, semua anggota komunitas wajib injeksi dirinya sendiri di setiap rumahnya. Injeksi tersebut membuat emosi terkendali dan kenangan masa lalu terlupakan, hanya ada hal baik dan indah di pikiran, tidak ada iri, dengki dan ambisi, semua hal terlihat hanya hitam dan putih.

Pagi hari berikutnya, dengan semangat yang tinggi dan rasa penasaran, Jonas menggunakan sepeda ke rumah di ujung komunitas, di tebing yang di kelilingi awan, kediaman The Giver. Didalam rumah tersebut ada perpustakaan dengan sangat banyak koleksi buku. Jonas mendapatkan transfer ingatan dengan menempelkan lengannya pada lengan The Giver. Jonas bisa mengenal warna, nyanyian, tarian, hewan, bunga dan banyak hal lainnya melalui transfer ingatan. Jonas mengalami masa puber, tertarik dengan teman wanitanya, Fiona.

Di dalam rumahnya, keluarga Jonas mendapatkan tambahan anggota keluarga baru yaitu bayi Gabe. Bayi Gabe bukan dari kandungan ibunya. Bayi Gabe memiliki tanda lahir yang sama dengan Jonas, tanda seorang penerima ingatan. Jonas mengetahuinya sehingga dapat transfer kenangan indah pada bayi Gabe. Jonas sangat sayang pada bayi Gabe. Jonas setiap hari semakin memiliki emosi dan pemikiran yang terbuka tentang sekelilingnya karena tidak melakukan injeksi di pagi hari dengan cara meletakkan buah apel pada mesin injeksi. Jonas mulai mengajarkan rasa perduli dan sayang pada Fiona dengan cara memegang tangannya dan memberikan cium di bibirnya.

Dihari berikutnya, tanpa sengaja, The Giver memberikan kenangan buruk pada Jonas dengan pengalaman perang dan perburuan gajah. Jonas marah dan berniat tidak kembali lagi mengikuti pelatihan sebagai Receiver of Memories. Namun Jonas kembali, The Giver menampilkan Rosemary, seorang wanita penerima kenangan sebelum Jonas. The Giver juga memperlihatkan bentuk kejahatan yang dilakukan oleh Chief Elder melalui tatanan yang berlaku dalam komunitas. Ditampilkan ayah Jonas dengan rekan kerjanya sedang seleksi 2 bayi.  Dengan pertimbangan mereka sendiri, memilih salah satu bayi yang boleh hidup dan lainnya di buang ke elsewhere. Ternyata bayi yang tidak lolos seleksi dibunuh dengan keji, dengan cara disuntikan racun pada bayi tidak berdosa tersebut. Jonas marah dan berontak terhadap sistim yang berlaku dalam komunitas.

Jonas kembali ke rumahnya, namun tidak melihat bayi Gabe. Jonas bertanya pada ayah dan ibunya. Ayahnya  menyatakan bahwa bayi gabe tidak bertumbuh dengan baik dan akan dikembalikan pada elsewhere. Tanpa pikir panjang, Jonas mengemas pakaiannya dan meninggalkan rumahnya menuju rumah perawatan bayi untuk menemukan dan menyelamatkan bayi Gabe. Di jalan, Jonas di hadang oleh Asher. Jonas meninju Asher. Di dalam rumah perawatan bayi, Jonas bertemu dengan Fiona dan meminta bantuannya untuk menemukan bayi Gabe. Jonas berhasil menemukan dan membawa bayi Gabe, namun tidak berhasil membujuk Fiona untuk ikut dengannya. Jonas keluar dari lingkungan komunitas menggunakan motor polisi komunitas yang sedang berusaha mengejarnya.

Ditempat lain, Chief Elder menugaskan polisi komunitas untuk menangkap The Giver dan Fiona. The Giver dan Fiona berhasil di tangkap dan ditempatkan dalam penjara kaca sambil menunggu waktu eksekusi pembuangan ke elsewhere.

Asher mendapatkan tugas dari Chief Elder untuk menemukan dan membunuh Jonas menggunakan Drone. Jonas dan bayi Gabe dalam pelarian menuju tapal batas komunitas. berdasarkan petunjuk The Giver, jika ada seseorang yang dapat melewati tapal batas komunitas, maka kenangan para penduduk komunitas akan pulih kembali. Asher berhasil menemukan dan menangkap Jonas menggunakan Drone. Jonas meminta Asher untuk percaya padanya dan menolongnya. Akhirnya Asher melepaskan Jonas di sebuah sungai di celah bukit terjal. Asher melaporkan pada Chief Elder telah berhasil menjalankan misinya.

Menjelang detik-detik eksekusi Fiona, The Giver terus berusaha membujuk anggota dewan komunitas untuk membebaskan Fiona.

Jonas terus berjalan sambil menggendong bayi Gabe melintasi padang pasir, hutan hingga akhirnya kelelahan dan pingsan di hutan yang dipenuhi salju. Saat tersadar kembali karena tangisan bayi Gabe, Jonas melanjutkan perjalanan dan menemukan sebuah kereta luncur. Denagn menggunakan kereta luncur, akhirnya Jonas dan bayi Gabe berhasil melintasi tapal batas komunitas. Gelombang transmisi terpancar hingga ke dalam komunitas dan kehidupan masyarakat menjadi penuh warna. Masyarakat di dalam komunitas bisa memiliki emosi kembali, bisa menggunakan pikiran dan hatinya, termasuk ayah Jonas yang sedang bertugas eksekusi Fiona. Jonas tiba di depan sebuah pondok yang penuh hiasan lampu aneka warna, sayup terdengar suara indah nyanyian dari dalam pondok tersebut.

Selesai.

Ide yang sangat buruk dari Chief Elder untuk menciptakan ketertiban dan kesejahteraan dengan cara membunuh yang lemah dan yang tidak sepaham dengannya. Ide yang sangat buruk untuk menyembuyikan emosi, menutup perasaan manusia dan menghapus masa lalu. Chief Elder mengekang sifat manusia yang ingin bebas "free will" karena takut manusia berbuat salah, memiliki rasa iri, rasa bersaing dengan orang-orang di sekitarnya. Mengekang emosi, mengekang rasa sayang, rasa cinta. Menganggap pelanggaran besar jika jatuh cinta. Menghukum Jonas dan Fiona karena saling mencintai.

Tidak ada yang salah dengan jatuh cinta. Manusia punya pikiran, perasaan dan jiwa. Manusia bukan robot, bukan Drone yang bisa dikendalikan dari jauh seenaknya dengan peraturan yang dibenamkan dalam kepalanya.