Clash of The Titans

CLASH OF THE TITANS, Film keluaran tahun 2010 yang menampilkan mitos Yunani kuno tentang Perseus anak Zeus. Perseus sebagai tokoh utama diperankan oleh aktor watak ganteng Sam Worthington. Film ini disutradarai oleh Louis Leterrier. Efek tata suara lumayan bagus, kalau dirumah pakai home theater pasti tidak kalah seru dibandingkan nonton di bioskop. Efek gambar yang ditampilkan juga sangat bagus, terutama saat Kraken muncul dari laut, tampil gulungan ombak besar dan penampakan Kraken yang besar dan buas. Tampilan yang tidak kalah bagusnya adalah saat Perseus menunggang Pegasus dari Underworld menuju Argos untuk mengalahkan Kraken. Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop di Jakarta pada April 2010.

Diawali dengan narasi yang mengisahkan pembrontakan para dewa yang dipimpin oleh Zeus, Poseidon dan Hades terhadap orang tua mereka, yang juga dewa-dewa dan membuang mereka ke Underworld dengan bantuan Kraken, anak dari Hades. Kemudian para dewa membagi alam semesta kedalam wilayahnya masing-masing. Zeus menguasai langit, Poseidon menguasai lautan, Hades dicurangi Zeus, ditinggalkan di Underwold. Kemudian para dewa menciptakan manusia. Manusia-manusia yang sebelumnya memiliki keyakinan akan para dewa, kemudian mulai mempertanyakan keberadaan para dewa.


Akhir dari kisah narasi tadi disambung oleh situasi dimana sorang nelayan bernama Spyros menemukan peti berbentuk kapsul yang berisi seorang mayat wanita dan seorang bayi laki-laki yang masih hidup. Spyros dan istrinya mengambil bayi tersebut dan menamakannya Perseus. Singkat cerita, Perseus berubah menjadi nelayan muda mengikuti jejak ayah angkatnya Spyros. Suatu ketika, dalam perjalanan mencari ikan, mereka melihat pasukan Argos merobohkan patung besar Zeus di sebuah tebing yang tinggi di pinggir laut. Tak berapa lama tampilah mahluk buruk rupa dan memiliki sayap, yang ternyata adalah pasukan kiriman Hades yang langsung membunuh para pasukan dari Argos. Hades menampakkan diri kepada Perseus dan menenggelamkan perahu yang ditumpangi oleh keluarga Perseus, hingga orang tua angkat Perseus mati tenggelam ke dasar laut.

Hanya Perseus yang selamat dan ditemukan terdampar di tepi pantai, kemudian ditemukan oleh tentara Argos yang dipimpin oleh Draco. Perseus dibawa ke istana raja Cepheus dan ratu Cassiopeia yang sedang mengadakan pesta dan mengumumkan perang melawan para dewa. Sang ratu mengatakan bahwa putri mereka, Andromeda lebih cantik dari Aphrodite, dewi kecantikan dan cinta. Tampil Hades, mengubah pesta menjadi acara yang menakutkan. Sang ratu dibunuh dan mengatakan akan menghancurkan kota Argos dan isinya dengan menggunakan Kraken kecuali mereka memberikan putri Andromeda sebagai korban persembahan. Hades juga mengatakan bahwa Perseus adalah anak dari Zeus, kemudian Hades menghilang. Perseus dimasukkan kedalam penjara oleh Draco setelah mengetahui bahwa Perseus adalah anak Zeus.

Didalam penjara, Perseus dipertemukan oleh Io yang menceritakan asal usul Perseus. Diceritakan bahwa beberapa tahun yang lampau, raja Acrisius juga menyatakan perang melawan para dewa. Kemudian Zeus menghukumnya dengan cara menyamar sebagai Acrisius dan menghamili permaisurinya, ratu Danae. Acrisius menjadi marah besar dan memerintahkan untuk membunuh ratu Danae dan anaknya yang baru saja lahir. Karena pemberontakan yang terus berlanjut dari Acrisius, Zeus menghukum Acrisius dengan sambaran petir yang mengubahnya menjadi mahkluk menyeramkan. Io juga mengatakan bahwa hanya Perseus yang mampu melawan para dewa. Raja Cepheus yang putus asa dan ketakutan karena harus menyerahkan putrinya sebagai korban persembahan, dan terus didesak oleh Prokopion, orang yang mengaku sebagai utusan Hades, akhirnya meminta bantuan kepada Perseus agar menemui penyihir Stygian dan menanyakan cara membunuh Kraken.

Dalam perjalanan mencari penyihir Stygian. Perseus, Draco dan pasukannya menerima 3 sukarelawan pemburu monster yaitu Anatolia, Ozal dan Kucuk. Ditempat lain, Hades sedang mencari Acrisius, raja yang dikutuk menjadi monster oleh Zeus. Hades berhasil bertemu dengan Acrisius yang telah tua dengan jubah penutup wajahnya. Hades meminta agar Acrisius membantunya dengan cara membunuh Perseus. Acrisius menerima tawaran Hades dan berjanji untuk mengabdi pada Hades. Sebagai imbalan, Hades memberikan kekuatan super dan akan membunuh Zeus untuk membalaskan dendam Acrisius.

Akhirnya Acrisius bertemu dengan rombongan Perseus. Acrisius membunuh beberapa orang dari rombongan pasukan dan menggigit lengan Perseus. Perseus terluka oleh gigitan Acrisius yang ternyata mengandung racun. Saat Acrisius memegang kepala Perseus dengan kencang, Draco berhasil memotong tangan Acrisius. Acrisius berhasil melarikan diri. Tangan dan darah Acrisius yang menetes ke pasir berubah menjadi kalajengking raksasa. Draco dan pasukan argos kewalahan dan hampir kalah, hingga akhirnya datang bantuan dari Djin, pasukan bukan manusia yang juga berniat untuk melawan para dewa.

Simak tips ngopi di bioskop

Rombongan Djin dan pasukan Draco sempat bersitegang karena mengira Djin berniat membunuh Perseus, yang ternyata menyembuhkan tangan Perseus. Perseus dan rombongan akhirnya bertemu dengan penyihir Stygian. Penyihir Stygian mengatakan bahwa satu-satunya cara mengalahkan Kraken adalah menggunakan kepala Medusa. Medusa adalah dewa wanita yang tinggal di Underwold, dengan badan panjang menyerupai ular, memiliki rambut yang terdiri dari banyak ular beracun, dan setiap mahluk yang menatap wajah Medusa akan berubah menjadi batu. Dalam perjalanan menuju Underworld, datang Zeus menemui Perseus dan menawarkannya untuk menjadi dewa. Perseus menolak tawaran tersebut. Zeus memberikan koin emas pada Perseus, yang dapat digunakan untuk membayar perahu untuk menyeberang ke Underworld.

Tiba juga rombongan Perseus ke dalam Underworld, dan di sambut oleh panah Medusa yang berhasil membunuh 3 anggota rombongan sekaligus. Draco menjadi korban Medusa, dan menjadi batu karena menatap mata Medusa. Berbekal bayangan di perisai dan pedang sakti, Perseus berhasil memenggal kepala Medusa. Saat keluar dari Underworld dengan membawa kepala Medusa dibungkus kain, Perseus seorang diri disambut oleh Io dari kejauhan. Namun sayang, muncul Acrisius yang menikam Io dengan pedang. Pertarungan sengit terjadi antara Perseus dan Acrisius. Hingga akhirnya Perseus berhasil mengalahkan Acrisius menggunakan pedang Olympian yang dapat mengubah Acrisius  menjadi manusia biasa kembali, dan membunuh Acrisius. Sesaat sebelum Io meninggal, Io meminta agar Perseus segera kembali ke Argos untuk menyelamatkan kota Argos dan putri Andromeda dari serangan Kraken.

Datanglah Medusa, kuda hitam bersayap membawa Perseus kembali ke kota Argos. Sementara itu di kota Argos, Kraken sudah muncul dan mulai menghancurkan kota Argos. Ditempat lain, Hades menjumpai Zeus, dan menyatakan perlawanan kepada Zeus. Hades semakin kuat. Zeus menyadari kesalahannya karena mengijinkan Hades melepas Kraken. Sekarang Zeus hanya bisa mengandalkan Perseus. Perseus tiba di kota Argos, dengan pertarungan di udara, Perseus berhasil membuat Kraken menatap kepala Medusa yang terpenggal, sesaat sebelum Kraken memakan Andromeda. Kepala Kraken yang menjadi batu roboh menimpa panggung pengorbanan dan membuat putri Andromeda tercebur ke laut. Raja Cepheus juga mati terkena kepala Kraken yang telah menjadi batu. Tak lama datanglah Hades menantang Perseus. Dengan pedang diarahkan ke langit. Perseus memanggil Zeus, petir datang menghampiri pedang Perseus, segera Perseus melempar mengarahkan pedangnya ke Hades. Pedang itu mengunci Hades kembali ke Underworld. Perseus terjun ke laut dan berhasil menyelamatkan putri Andromeda. Putri Andromeda berterimakasih dan menawarankannya untuk menjadi Raja di Argos bersamanya.  Perseus kembali terbang dengan pegasus kembali ke tebing tempat patung Zeus dirobohkan. Perseus bertemu dengan Zeus yang juga menawarkannya untuk tinggal bersama para dewa. Perseus menolak tawaran Zeus. Akhirnya Zeus membangkitkan Io untuk menemani Perseus.

Selesai. Happy Ending untuk Perseus. Belajar dari Perseus yang dengan tekad dan mimpinya untuk memberikan perlawanan pada para dewa, akhirnya berhasil, bukan hanya memberikan perlawanan tapi sekaligus mengalahkan dewa yaitu dewa Hades dan mahluk superkuat seperti Medusa dan Kraken. So, mari terus belajar dan bekerja mencurahkan pikiran dan sekuat tenaga untuk mencapai mimpi kita masing-masing.