1001 Permata di 1001Berita.com. Koleksi Permata Indonesia terbaru saya adalah batu Anggur Pacitan. Sebutan batu Anggur berdasarkan info dari teman pemilik kios gemstone di dekat Pasar Lembang Ciledug, saat pasang ring titanium. Batu anggur ini adalah hadiah dari seorang teman kantor yang baru saja menghabiskan liburan akhir tahun dengan pulang ke kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur. Seorang teman lainnya menyebut batu ini dengan nama "Keladen". Apapun sebutannya, saya tidak terlalu ambil pusing, saya suka dan bangga pakai batu permata Indonesia. Semoga di lain waktu, ada kesempatan untuk berkunjung ke Pacitan untuk wisata dan melengkapi koleksi batuan permata Indonesia. Anggur Pacitan ini sudah tembus cahaya, tampak untaian serat warna orange.

Spirtus Baturaja, Permata Indonesia asal Baturaja, Sumatra Selatan dengan warna khas biru, seperti langit yang cerah, seperti laut yang bersih tanpa polusi. Begitu indah, tidak membosankan memandangnya. 12 Maret 2015, akhirnya bisa menambahkan spirtus baturaja sebagai koleksi pribadi Permata Indonesia. Tidak pakai mahal dan tidak terpengaruh turun naiknya nilai rupiah terhadap US Dolar, belinya di Indonesia, bayarnya pakai Rupiah.

Hobi batu akik yang semakin marak mampu menciptakan lapangan kerja/usaha mandiri seperti:

  • Pemburu/penggali/penambang batu akik
  • Pengasah/pengrajin batu akik
  • Pengrajin/pembuat cincin pengikat batu akik
  • Penjual batu akik dalam bentuk asli (belum di asah, belum dibentuk)
  • Penjual batu akik sudah diasah/diolah, sekaligus penjual cincin pengikat

Hobi batu akik berbeda dengan hobi lainnya seperti: ikan Lao Han, ikan Arwana, ikan Koi, hamster atau pohon anthurium. Batu akik adalah produksi alam yang akan semakin langka, tidak bisa dikawinkan/diternakkan/dibiakkan. 

Batu Cempaka

1001 Permata di 1001Berita.com. Batu Cempaka, inilah koleksi pertama batu permata saya. Warna orange dengan alur serat di dalamnya. Tembus cahaya senter, berkilau saat di terpa cahaya. Bukan beli di luar negeri, asli dari Indonesia, tidak pakai mahal. Maaf tidak di jual untuk saat ini, silahkan cari produk serupa di kios-kios batu permata terdekat dari rumah anda. Koleksi batu ke 3 saya adalah batu lumut garut.

1001 Permata di 1001Berita.com. Lavender Baturaja, koleksi Permata Indonesia ke 4 yang baru saja saya miliki. Bentuk dan warnanya cantik seperti anggur, berkilau saat di terpa cahaya. Lavender Baturaja cocok dijadikan perhiasan berupa anting, kalung atau cincin. Ada yang suka Lavender Baturaja dijadikan cincin dalam ukuran kecil, tapi saya lebih suka batu permata dalam ukuran besar. Lavender Baturaja berasal dari Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia.

1001 Permata di 1001Berita.com. Batu Lumut Garut, dominan warna hijau seperti lumut, tembus cahaya saat di senter. Batu ini sudah di rangkai dengan cincin Titanium. Cincin dan batu lumut garut dalam foto ini tidak untuk dijual, koleksi pribadi, untuk di pakai sendiri, bangga akan kekayaan alam Indonesia.
Batu Lumut Garut