Spirtus Baturaja, Permata Indonesia asal Baturaja, Sumatra Selatan dengan warna khas biru, seperti langit yang cerah, seperti laut yang bersih tanpa polusi. Begitu indah, tidak membosankan memandangnya. 12 Maret 2015, akhirnya bisa menambahkan spirtus baturaja sebagai koleksi pribadi Permata Indonesia. Tidak pakai mahal dan tidak terpengaruh turun naiknya nilai rupiah terhadap US Dolar, belinya di Indonesia, bayarnya pakai Rupiah.

Hobi batu akik yang semakin marak mampu menciptakan lapangan kerja/usaha mandiri seperti:

  • Pemburu/penggali/penambang batu akik
  • Pengasah/pengrajin batu akik
  • Pengrajin/pembuat cincin pengikat batu akik
  • Penjual batu akik dalam bentuk asli (belum di asah, belum dibentuk)
  • Penjual batu akik sudah diasah/diolah, sekaligus penjual cincin pengikat

Hobi batu akik berbeda dengan hobi lainnya seperti: ikan Lao Han, ikan Arwana, ikan Koi, hamster atau pohon anthurium. Batu akik adalah produksi alam yang akan semakin langka, tidak bisa dikawinkan/diternakkan/dibiakkan. 

Pasar batu rawabening di dekat stasiun kereta Jatinegara bukan lagi satu-satunya sentra jual beli batu akik, sudah ada sentra batu akik di Blok M Square dan Pasar Segar Depok.

Daftar Isi:

Berbagai daerah di Indonesia menampilkan batu akik khas daerahnya, seperti: batu black opal dari Banten, batu Giok dari Aceh, batu Bacan dari Maluku, batu Klawing dari Purbalingga, dan masih banyak daerah lainnya.

8 alasan koleksi batu akik:

  1. Warna yang indah. Bertambah indah jika dipasangkan dan cocok dengan cincin yang mengikatnya.
  2. Langka karena tidak semua daerah merupakan daerah penghasil batu akik. Tidak mudah ditemukan, tidak semua dasar sungai bisa ditemukan batu akik, tidak disemua tebing batu yang tinggi bisa didapatkan batu akik.
  3. Tidak membutuhkan tempat yang besar, tidak menyita ruang yang besar dibandingkan koleksi motor atau koleksi mobil.
  4. Perawatan mudah dan murah.
  5. Tidak menghabiskan banyak uang. Tersedia batu akik dari harga puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung selera dan kemampuan para pemakainya.
  6. Tahan lama, tidak karatan, tidak mudah rusak.
  7. Praktis, mudah dibawa
  8. Bukan barang terlarang, bukan perbuatan yang melanggar hukum, tidak merugikan kesehatan diri sendiri dan orang lain, tidak menggangu kenyamanan dan keamanan orang lain. Bukan barang yang mudah terbakar, bukan barang yang mudah meledak, tidak mengandung bahan pengawet.

Batu akik bukan hanya untuk kaum pria, kaum wanita sudah banyak yang tertarik dengan pesona batu akik Indonesia. Batu akik tidak sebatas bentuk cincin, bentuk lain yang menawan adalah kalung dan anting-anting. Bahkan ada kolektor yang menyimpan dan memajangnya dalam bentuk asli, tidak di pecah, tidak dibentuk kecil seperti cincin, masih bahan belum diasah.

Merawat batu akik sangat mudah, langsung dipakai saja, dikenakan setiap hari untuk menghiasi jari, tidak perlu diberi makan/minum setiap hari, tidak memerlukan kondisi lingkungan tertentu.

Besar kecil, tua muda, orang kantoran hingga anak-anak sekolah turut menjadikan batu akik sebagai hiasan kebanggaan yang melekat di jari-jari. Hal ini di dukung dengan maraknya kios-kios batu akik di jalan-jalan.

Tak kenal maka tak sayang, yuk koleksi aneka batu akik asli Indonesia, agar semakin kenal dan semakin sayang dengan Permata Indonesia.

Follow me: @Penuai