1001 Cinta di 1001Berita.com. Putus Hubungan Pacar (PHP) atau Putus Hubungan Kekasih (PHK) itu bukan hal yang luar biasa, bukan akhir dari hidup. Boleh gelisah galau merana, asal jangan berlarut-larut, jangan kelamaan.

Mau menangis ? Silahkan, masih normal, wajar kok. Disarankan untuk menangis sambil main hujan, agar tidak kelihatan sedang menangis. Mau teriak sekencangnya ? Kalau anda merasa akan lebih baik setelah berteriak, silahkan, cukup manusiawi. Lokasi yang disarankan untuk berteriak adalah di tengah kebun teh di puncak, di Bogor. Setelah puas teriak sekencangnya, anda bisa menikmati udara segar, memandang permadani hijau yang indah dan luas, menikmati manis dan hangatnya jagung bakar atau sate kambing. Jangan di sesali, jangan menyalahkan pihak manapun, anda menginginkan mendapatkan yang terbaik, begitu pula dengan "mantan pacar" anda, mungkin anda bukan yang terbaik di mata mantan pacar anda.

5 Hal yang sangat TIDAK dianjurkan untuk dilakukan:

  1. Bunuh diri atau menyiksa diri
  2. Konsumsi narkoba
  3. Konsumsi minuman keras dan mabuk-mabukan
  4. Melampiaskan marah pada orang lain
  5. Melakukan tindakan kriminal atau kejahatan yang merugikan orang lain

Saat putus pacar, dunia belum berakhir. Saat putus cinta, hidup harus terus berlanjut. Saat 1 pintu tertutup, ada 99 pintu lainnya yang menanti untuk dibuka, artinya saat putus dengan mantan pacar, masih ada banyak pribadi lainnya menanti figur seperti anda. Lagipula, bukan hanya anda sendiri yang pernah merasakan PHP/PHK, banyak orang lainnya yang pernah atau sedang merasakan kesedihan seperti anda. Bahkan masih ada yang belum pernah mengalami perasaan sedih seperti anda karena tidak memiliki keberanian untuk merasakan/mengungkapkan jatuh cinta.

14 Hal yang sangat disarankan untuk dilakukan:

  1. Ikut kegiatan kerohanian
  2. Lebih dekat dengan orang tua. Silahkan curhat atau minta nasehat orang tua. Habiskan waktu lebih banyak dengan orang tua walaupun hanya nonton tv.
  3. Ikut kegiatan olahraga dengan teman-teman sekolah, kampus, rekan kerja atau tetangga, sesuai dengan olahraga yang digemari. Futsal bisa dicoba.
  4. Wisata Kuliner dengan uang jajan sendiri/gaji sendiri. Puaskan lidah dengan makanan/minuman kesukaan seperti ice cream, coklat, jus alpukat, jus sirsak, soto babat, sate kambing, steak iga, dll.
  5. Jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri bersama keluarga atau sahabat. Gunakan paket wisata dari perusahaan tour travel agar lebih murah, aman dan terkendali.
  6. Baca banyak buku sesuai minat. Buku komik, Novel, Cerpen, buku masakan, majalah fashion, berita teknologi. Jangan baca berita politik.
  7. Nonton film di bioskop. Lebih baik nonton film aksi atau film komedi, tidak disarankan nonton film romantis.
  8. Perbesar alokasi bulanan untuk hobi pribadi. Untuk yang suka batu akik, silahkan dipuaskan "melihat" sekaligus "belanja" batu akik. Untuk yang suka koleksi baju, jam tangan, kacamata gaya, tas atau sepatu, silahkan dipuaskan belanja di mal, asal tetap sesuai pendapatan, jangan lepas kendali diri, jangan besar pasak daripada tiang. Untuk yang memiliki kendaraan pribadi berupa motor/mobil, silahkan percantik kendaraan kesayangan. Untuk yang suka dengan gadget terbaru, silahkan riset dan beli gadget terbaru yang menarik dan memiliki banyak nilai tambah.
  9. Blogging, main games online/offline,
  10. Merawat koleksi foto di komputer, merawat koleksi cetakan foto di album
  11. Merawat koleksi prangko atau koleksi unik lainnya
  12. Nonton konser band/artis favorit. Kalau anggaran terbatas silahkan coba nikmati lagu-lagu dari DVD/VCD/CD musik.
  13. Nonton langsung pertandingan olah raga favorit
  14. Alihkan fokus untuk belajar atau bekerja. Silahkan ikut kursus sesuai minat seperti les piano, les gitar, les bahasa prancis, les bahasa jepang, kursus pemrograman, kursus desain grafis atau kursus lainnya. Silahkan buka usaha baru atau buka cabang/lokasi usaha baru.

Silahkan lanjutkan hidup dengan banyak hal positif yang bermanfaat untuk kebaikan diri anda sendiri dan orang-orang terdekat. Ingat, dunia tidak selebar daun kelor, artinya kalau tidak menemukan pacar di Jakarta, mungkin pacar anda ada di Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta atau di luar negeri. Putus Hubungan Pacar, Biasa aja tuh !

Tak kan lari gunung di kejar, jika memang jodoh, pasti akan kembali lagi walau sudah terpisah lama. Jika sudah tidak mungkin bersatu, jika memang bukan jodohnya, jika bukan kehendak Tuhan, keadaan inilah yang terbaik untuk diri anda sendiri dan untuk mantan pacar anda. Cinta bukan untuk di paksakan. Cinta tidak harus saling memiliki.

Jika saran ini bermanfaat untuk anda, jika menurut anda saran ini bermanfaat untuk orang lain di dekat anda, silahkan sharing/bagikan artikel ini melalui facebook, twitter, google plus atau email.