1001 Mobil Motor di 1001Berita.com. Saat tuas kopling tiba-tiba susah di gerakkan, jangan panik, jangan bingung, saat tuas kopling tiba-tiba susah di gerakkan, walaupun pedal kopling sudah di injak dalam-dalam. Penulis pernah mengalami hal ini dalam perjalan ke rumah menggunakan mobil kesayangan, Toyota Kijang LGX tahun 2003. Segera parkir kendaraan di sisi jalan, cari lokasi yang aman.

Saat tuas kopling tiba-tiba susah di gerakkan 

Lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Matikan mesin kendaraan
  2. Buka kap mobil bagian depan
  3. Arahkan pandangan pada tampungan minyak kopling. Nah, jika kosong, ini penyakitnya. Segera isi dengan minyak kopling. Jika tidak membawa cadangan minyak kopling, cari bengkel mobil terdekat dan beli minyak kopling. Jika tidak bisa mengisinya sendiri, pakai saja jasa montir bengkel tersebut. Saat penulis mengalaminya, hanya seharga 60.000 rupiah, harga mungkin berbeda tergantung merek dan lokasi.
  4. Tampungan minyak kopling

Saat menghadapi situasi ini di jalan tol, teruskan jalan. Ingat Mobil masih tetap bisa berjalan, walaupun sukar untuk pindahkan tuas kopling. Jangan berhenti di tempat gelap dan sepi untuk menghindari incaran preman derek liar.

  • Cari Rest Area di pinggir tol
  • Cari SPBU
  • Kantor Jasa Marga
  • Kantor Patroli Jalan Raya (PJR)

Saat berhenti, coba lakukan pemeriksaan seperti di atas, dan jika tidak membawa minyak kopling cadangan, untuk keselamatan dan kenyamanan perjalanan anda, hubungi 021-80880123 untuk mendapatkan bantuan derek resmi (Nomor telepon 021-80880123 sumber dari @TMCPoldaMetro). Jika sudah telanjur kena derek liar, segera kunci pintu rapat-rapat, tarik tuas kunci rem tangan dan langsung telepon bantuan Polisi ke 110 (Nomor telepon 110 sumber dari tmcmetro.com).

FYI: Penulis bukan montir mobil atau ahli kulik mobil, hanya berbagi berdasarkan pengalaman sendiri.