Tips cuci mobil kesayangan Tips cuci mobil kesayangan Tips cuci mobil kesayangan


Mobil kesayangan biarpun bukan mobil baru, bukan keluaran terbaru, tetap menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, begitupun dengan saya. Mobil kesayangan saya adalah Toyota Vios warna hitam dengan transmisi matic, lumayan irit dibandingkan Toyota Kijang LGX 2003. Walaupun ada yang bilang "taksi hitam", tidak ambil pusing, mobil ini terawat, masih kinclong, onderdil mudah di dapat di Pasar Onderdil Palmerah dan Bintaro. Agar mobil kesayangan tetap kinclong, bebas dari debu jalanan, bebas dari sisa rintik hujan, berikut ini adalah tips cuci mobil kesayangan:

  1. Lakukan di pagi hari. Biasanya saya lakukan di hari libur seperti sabtu pagi jam 6 hingga jam 7 pagi. Pagi hari, matahari masih malu-malu keluarnya, tidak panas, tidak terik, nyaman untuk mobilnya, nyaman juga untuk saya.
  2. Gunakan shampoo mobil, jangan hanya air, agar cat mobil tidak lecet, agar kotoran yang bandel tidak lengket. Campurkan shampoo mobil kedalam air dalam ember. Gunakan 2 kanebo karet, 1 untuk lap basah, 1 untuk proses mengeringkan.
  3. Siram/semprot keseluruhan badan mobil dengan air
  4. Basuh seluruh kaca dan badan mobil dengan busa shampoo mobil menggunakan kanebo basah.
  5. Siram ulang keseluruhan badan dan kaca mobil dengan air agar semua kotoran dan busa mobil hilang.
  6. Segera keringkan kaca dan badan mobil menggunakan kanebo. Gunakan kanebo yang setengah basah, bukan kering agar tidak merusak cat dan menyerap sisa-sisa air yang menempel di badan mobil. Jangan biarkan sisa-sisa air mengering sendiri oleh panas matahari, akan menyisakan bercak-bercak air yang mengurangi mulusnya badan mobil.

Kalau punya waktu yang lebih longgar alias tidak ada acara keluarga, tidak ada acara kerja atau urusan penting/dadakan lainnya, bisa lebih puas cuci mobil dengan urutan cuci kaca mobil, cuci badan mobil, cuci ban mobil / bagian bawah lainnya. 

Kalau susah punya waktu kosong alias sibuk terus, jangan biarkan mobil kesayangan anda tidak terawat seperti mobil bekas dengan taburan debu tebal. Sediakan waktu untuk bawa mobil ke bengkel cuci mobil terdekat. Kalau bersih dan kinclong, enak dan bangga di pakainya.