1001 Mobil Motor di 1001Berita.com. Untuk anda yang berniat membeli mobil bekas sebagai sarana transportasi pribadi dan keluarga, ada baiknya menyimak artikel ini.

Membeli mobil bekas bisa dilakukan di penjual perorangan atau perusahaan penjual mobil bekas. Karena mobil bekas pakai, entah sudah berapa lama pemakaiannya, besar kemungkinan ada bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan baik namun masih layak untuk digunakan. Agar lebih teliti dan tidak menyesal sesudah dibeli, bawa montir/teknisi mobil untuk membantu memeriksa kelayakan pakai dan perkiraan penggantian komponen yang wajib diganti secepatnya(alias tidak bisa ditunda). Selanjutnya adalah periksa kelengkapan surat kendaraan seperti STNK asli dan  BPKB  asli.

Perhatikan tahun pembuatan kendaraan yang tertera di STNK, bandingkan harga mobil yang ditawarkan dengan penjual lainnya di koran cetak atau media online atau penjual lainnya. Silahkan lanjut dengan nego harga.
Jika sudah cocok dengan mobil dan harganya, lanjutkan dengan proses pembayaran. Tentukan cara bayar.

  1. Jika  tunai (langsung lunas)  atau  berkala (50% awal, 50 % akhir). Agar penjual dan pembeli sama-sama merasa “Aman”, disarankan untuk melakukan pembayaran dengan cara transfer bank atau pindah buku bank di bank terdekat, ada bukti pembayaran, tidak takut tersisip uang palsu atau kurang uang, tidak repot hitung uang.
  2. Jika cara bayar “Cicil/kredit”, gunakan pihak ke 3 yang resmi, pihak bank resmi atau perusahaan leasing resmi. Biasanya harga akhir mobil bekas akan lebih mahal karena terkena biaya administrasi dan bunga kredit.

Pertimbangan biaya tambahan saat membeli mobil bekas yaitu:

  • Biaya balik nama kendaraan. Perubahan nama pemilik kendaraan sebelumnya menjadi nama anda sebagai pemilik baru kendaraan tersebut.
  • Biaya penggantian komponen yang mendekati usang, seperti: ban depan dan belakang, aki, wiper, busi,  kempas rem. Jangan lupa untuk periksa keberadaan air pendingin radiator, jangan sampai kering, sangat disarankan untuk mengisinya dengan produk Radiator Coolant.

Kalau ada anggaran lebih, silahkan percantik mobil dengan cara cat ulang seluruh badan mobil di bengkel cat, ganti pelapis  jok/kursi/tempat duduk dengan yang baru.
Ingat, membeli dan memiliki sebuah mobil bukan hanya membayar harga jual mobil tersebut, tapi biaya-biaya lainnya seperti:

  • Pajak kendaraan bermotor. Biaya ini harus dibayarkan setiap tahun lho.
  • Biaya perawatan berkala. Ganti oli biasanya rutin  dengan periode waktu atau sesuai pemakaian (dalam km).

Beli kendaraan sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan kondisi keuangan. Semoga tips membeli mobil bekas ini bermanfaat untuk semua pembacanya.