1001 film di 1001Berita.com. PASSENGERS, tayang perdana di Indonesia pada 28 Desember 2016 untuk penonton 17 tahun ke atas. Film drama romantis dengan latar belakang pesawat luar angkasa yang mewah dan super canggih. Tidak menampilkan adegan tembak-menembak antar pesawat atau antar kru pesawat. Bagaimana jika anda terdampar di luar angkasa, hanya seorang diri ? Good Movies You Must See.

  • Produser : Neal H. Moritz, Ori Marmur, Stephen Hamel, Michael Maher
  • Sutradara : Morten Tyldum
  • Penulis : Jon Spaihts
  • Produksi : Columbia Pictures
  • Chris Pratt sebagai Jim Preston
  • Jennifer Lawrence sebagai Aurora Lane
  • Michael Sheen sebagai Arthur
  • Laurence Fishburne sebagai Gus Mancuso

Pesawat antariksa Avalon yang mewah dan super canggih tengah melintasi ruang angkasa menuju Planet serupa bumi yang dikenal sebagai koloni Homestead. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 120 tahun. Avalon memiliki gravitasi buatan dan system komputerisasi yang canggih, termasuk mesin dokter, restoran mewah, kolam renang, arena olahraga dan arena hiburan lainnya. Dalam perjalanan auto pilot, Avalon melewati dan menabrak gugusan batu angkasa tanpa kerusakan parah karena memiliki perisai. Avalon membawa 5.000 penumpang serta 259 kru pesawat, semuanya dalam keadaan tidur panjang atau hibernasi, di dalam kapsul tidur. 

Sebuah kapsul tidur di ruang penumpang terbuka, seorang penumpang pria terbangun. Jim Preston, terbangun lebih awal 90 tahun sebelum tiba di planet tujuan.  Setelah menyadari bahwa ia terbangun lebih awal, ia berusaha menemukan petunjuk dan cara untuk kembali hibernasi di kapsul tidur, namun tidak berhasil. Menggunakan kemampuan mekanik  yang di milikinya, ia berusaha masuk ke ruang awak pesawat, namun tidak berhasil karena pintu menuju ruang awak pesawat di lengkapi oleh password, pintu tidak bisa di dobrak karena sangat tebal. Ia berusaha untuk menghibur diri dengan mengenal dan menggunakan semua fasilitas yang tersedia di dalam pesawat. Ia sedikit terhibur dengan kehadiran sebuah android penyedia minuman di bar. Di restoran, ia hanya dapat minum segelas kopi dan makanan biasa karena ia terdaftar sebagai penumpang kelas umum. Jim sangat kesepian.

Memasuki tahun kedua, ia tertarik dengan seorang penumpang wanita yang masih hibernasi di dalam kapsul tidur. Cantik dan pintar, namanya Aurora, seorang penulis. Ia meminta pendapat pada Arthur , bartender Android untuk membangunkan penumpang cantik tersebut. Ia meminta Arthur untuk merahasiakan perbuatannya tersebut karena akhirnya ia membangunkan wanita cantik tersebut. Aurora bangun dari tidurnya dengan di saksikan oleh Jim secara sembunyi-sembunyi di sisi kirinya. Kemudian Jim kabur meninggalkan ruang penumpang. Aurora sadar bahwa ia bangun 89 tahun lebih awal dari jadwal yang di tentukan. Ia berusaha mencari cara untuk kembali hibernasi.  Tak berapa lama, ia bertemu dengan Jim dan segera menjadi akrab, bahkan menjadi pasangan kekasih, hingga Jim berniat melamarnya.

Keinginan Jim untuk melamar Aurora tidak berhasil karena Arthur menceritakan penyebab Aurora terbangun dari hibernasi. Aurora sangat marah pada Jim. Sejak itu Aurora bersikap memusuhi Jim. Hingga akhirnya hadir seorang awak pesawat yang terbangun dari hibernasi.  Pria tersebut adalah kapten Mancuso. Ia terbangun karena kerusakan di dalam pesawat yang terus menjalar ke bagian lainnya. Mancuso mengajarkan cara restart/reset modul pesawat yang mengalami kerusakan. Namun belum selesai mereka mengetahui dan memperbaiki  kerusakan yang terjadi di dalam pesawat, Mancuso di deteksi mengalami penyakit parah dan hanya menyisakan beberapa jam setelah di periksa melalui mesin AutoDoc.  Mancuso memberikan gelang otorisasi yang di milikinya pada Jim untuk digunakan memasuki seluruh ruangan di dalam pesawat. Akhirnya Mancuso meninggal.

Jim dan Aurora menemukan sumber masalah yang mengganggu system computer di dalam pesawat yaitu sebuah  batu meteor yang berhasil masuk menembus dinding pesawat. Sistem pendingin pada bagian pengolah tenaga mengalami overheat, pesawat terancam meledak jika mereka tidak berhasil mengganti modul yang rusak dan membuang panas berlebih. Modul yang rusak tertancap batu meteor berhasil diganti, system berhasil di restart secara keseluruhan, namun panas berlebih tidak hilang karena pintu pembuangan panas tidak mau terbuka secara otomatis. Jim memutuskan untuk pergi keluar dan membuka pintu pembuangan panas secara manual. Ia memberikan gelang otorisasi Mancuso pada Aurora. Menggunakan baju astronaut khusus, Jim bergerak menuju modul pelepasan panas. Ternyata katup penutup hanya bisa dibuka sesaat, Jim harus menahan kunci katup penutup secara manual agar terus terbuka. Jim meminta Aurora untuk membuka pintu pembuang panas di bagian dalam.  Pintu katup terbuka, semburan api dan hawa panas tercurah keluar, Jim berlindung menggunakan pintu modul awak pesawat sebagai perisai pelindung terhadap panas. Bukan hanya panas yang tercurah keluar, angin panas juga mengalir sangat kencang hingga pegangan tangan dan tali ikatan di baju Jim putus. Jim terlontar ke luar angkasa dan kehabisan udara. Jim dalam keadaan kritis, tidak sadarkan diri.

Aurora keluar menggunakan baju astronot untuk menangkap Jim. Menggunakan perangkat yang canggih, keberadaan Jim berhasil di deteksi di sekitar dinding pesawat. Aurora berusaha menjangkau tubuh Jim, namun tali pengikat tubuhnya tidak cukup panjang, beruntung Aurora berhasil menangkap tali pengikat Jim. Jim berhasil di bawa masuk ke dalam pesawat dalam keadaan tidak sadarkan diri. Aurora menggunakan mesin Autodoc untuk memulihkan Jim dan berhasil. Mereka kembali menjadi akrab seperti  sebelumnya.

Jim menemukan cara untuk menggunakan mesin Autodoc sebagai kapsul tidur hibernasi. Ia berikan kesempatan untuk hibernasi namun Aurora menolaknya karena terlanjur mengenal dan mengasihi Jim. Mereka memutuskan untuk melanjutkan hidup di dalam pesawat dan mewujudkan mimpi mereka walaupun masih berada dalam pesawat.

89 tahun berlalu, Avalon mendekati planet Homested. Kapsul-kapsul yang berisi penumpang dan awak pesawat terbuka secara otomatis. Para penumpang dan awak pesawat terbangun dan keluar dari modul hibernasi, mereka menyaksikan bagian dalam pesawat seperti hutan yang berisi pohon-pohon dan ayam-ayam.