Escalator, lebih dikenal dengan sebutan “Tangga Jalan” yang banyak ditemukan di pusat perbelanjaan modern, bandar udara, hotel, dll.

Escalator di gunakan untuk memindahkan orang atau barang dari satu lantai ke lantai lainnya, alat angkut atau sarana transportasi  yang nyaman bergerak dari atas ke bawah atas sebaliknya. Escalator perlu di rawat, dilakukan pemeliharaan untuk menghindari kecelakaan pemakainya, agar tidak rusak, agar tetap nyaman dan aman untuk digunakan setiap harinya. Lakukan perawatan secara berkala dan terus menerus agar escalator yang digunakan mampu bekerja secara optimal.

Beberapa tindakan Perawatan escalator yaitu:

  1. Pelumasan. Rel diberi pelumas. Fungsi rel untuk mengarahkan roda rantai penggerak.
  2. Penyetelan kembali. Rel disetel kembali agar roda rantai penggerak anak tangga tetap halus dan lurus.
  3. Penggantian escalator spare part
  4. Perbaikan escalator part

Perawatan yang paling mudah dilakukan yaitu:

  1. Kebersihan anak tangga /step, pijakan penumpang escalator. Pastikan dalam keadaan kering, tidak basah dan tidak licin sehingga pengguna bisa stabil berpijak atau melangkah.
  2. Kebersihan dinding penyangga rel tangan yang terletak di sisi kanan dan kiri escalator.
  3. Kebersihan pegangan tangan / hand rail di sisi kanan dan kiri escalator. Perhatikan gerak dari hand rail harus  selalu selaras/seirama/bergerak sama dengan kecepatan anak tangga secara terus menerus dan searah. Hand rail penting untuk membantu pengguna/penumpang escalator saat melangkah masuk atau meninggalkan anak tangga agar  berdiri stabil/tidak jatuh. Hand rail biasanya terbuat dari karet khusus yang tahan panas.
  4. Kebersihan lantai pijak yang berada di sisi awal escalator dan sisi akhir escalator (sisi masuk dan sisi keluar di ujung escalator).  Pastikan dalam keadaan kering, tidak basah dan tidak licin sehingga pengguna bisa stabil berpijak atau melangkah.

Hubungi PT Prima Jaya Selaras, di Ruko Permata Ancol, Jl. R.E Martadinata, Jakarta Utara, DKI Jakarta, penyedia Escalator Spare Part  terlengkap dan terpercaya. Hubungi dengan telpon di 021 - 6471 5955.