1001 Saran di 1001Berita.com. Setiap tanggal 28 Oktober di peringati  sebagai “Hari Sumpah Pemuda” di Indonesia. Walaupun bukan hari libur nasional, mari ingat kembali peristiwa bersejarah yang terjadi pada 28 Oktober 1928.

Berikut adalah isi dari Sumpah Pemuda:

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Lanjutkan cita-cita mulia para pemuda di tahun 1928 dengan sikap dan tindakan yang mendukung kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Simak beberapa saran dibawah ini:

  1. Tidak menggunakan narkoba dan obat-obatan yang berbahaya dan dilarang peredarannya oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Tidak tawuran. Cegah dan hentikan aksi tawuran antar pelajar, tawuran antar mahasiswa, tawuran antar kampung.
  3. Bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa lisan dan tulisan dalam aktifitas sehari-hari.
  4. Bangga menggunakan produk-produk buatan dalam negeri, produk-produk hasil karya anak bangsa.
  5. Sampaikan aspirasi atau pendapat tanpa kekerasan, tanpa melanggar hukum, tanpa merusak, tanpa memaksakan kehendak. Silahkan kritik kepada pemerintah yang sedang berjalan, tapi kritik yang membangun yaitu kritik yang disertai dengan saran atau solusi untuk perbaikan.
  6. Inovasi dan Prestasi. Inovasi  yang  dimaksud yaitu menemukan dan  menerapkan banyak hal yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang banyak, contohnya alat untuk menghasilkan dan memaksimalkan penggunaan energi  yang dapat diperbarui (sinar  matahari, panas bumi, angin, air). Raih prestasi dalam bidang olahraga, kesenian, pengetahuan, pendidikan dan masih banyak lainnya.

Ini hanya saran, terimakasih telah membacanya, semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan untuk semua pembacanya.