1001 Saran di 1001Berita.com. Setiap tanggal 10 November  di peringati di Indonesia sebagai Hari Pahlawan. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, sangat disarankan untuk sejenak mengheningkan cipta untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945 di kota Surabaya, Jawa Timur.

Pertempuran para pejuang di surabaya dengan senjata seadanya melawan gempuran tentara Inggris yang menggunakan tank, kapal perang dan pesawat terbang. Semangat membela kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia terus dikobarkan oleh bung Tomo hingga pertempuran berlangsung hingga 3 minggu, jumlah pejuang dan rakyat sipil yang gugur mencapai ribuan jiwa.

Hari ini, jangan sia-siakan dan jangan lupakan pengorbanan para pahlawan bangsa. Mari isi kemerdekaan dengan ikut serta membangun bangsa, berprestasi dalam arena olahraga internasional, berprestasi dalam menjaga kesenian dan kebudayaan nasional di tengah maraknya pengaruh budaya luar negeri, ciptakan banyak lapangan kerja baru sehingga berkurang pengangguran dan berkurang rakyat miskin, jangan korupsi tapi sejahterakan rakyat banyak.

Untuk adik-adik yang masih bersekolah SD, SMP, SMA atau kuliah. Isi kemerdekaan dengan berprestasi di sekolahnya masing-masing, jangan tawuran dengan alasan apapun, jangan gunakan narkoba, jangan tebarkan kebencian, kobarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kobarkan semangat kebersamaan dan gotong royong, hidup rukun berdampingan walaupun ada perbedaan suku dan agama.

Hari Pahlawan, walaupun bukan hari libur nasional, mari isi dengan prestasi dan inovasi, untuk Indonesia yang lebih baik, untuk Indonesia yang sejahtera.