Web Mobile Friendly atau Web Mobile Ready adalah web yang tetap tampil cantik saat di akses dari perangkat bergerak seperti ponsel atau tablet. Ukuran layar ponsel yang banyak dijumpai yaitu 4 inch, 4.5 inch, 5 inch dan 5.5 inch. Ukuran layar jauh lebih kecil dibandingkan layar monitor PC Desktop atau PC Notebook. Jika tampilan web desktop ditampilkan sama persis di ponsel, ukuran font akan sangat kecil sehingga menyulitkan untuk dibaca, susunan gambar dan teks mungkin tampil berhimpitan, tidak menarik dilihat. Ukuran layar tablet yaitu 7 inch, 8 inch hingga 9 inch memang lebih besar dibandingkan ponsel, namun akan tetap menyulitkan penggunanya saat membuka web dengan ukuran PC Desktop. Sebagai info, ukuran layar PC Desktop yaitu 15 inch, 17 inch, 19 inch, 21 inch hingga 35 inch.

Web Mobile Friendly tetap terasa nyaman walaupun dibuka berlama-lama dengan layar ponsel yang kecil. Silahkan lihat secara langsung menggunakan ponsel web berikut ini:

  • 1001berita.com
  • facebook.com
  • twitter.com
  • blogspot.com
  • wordpress.com

Untuk mengetahui apakah suatu web sudah mobile friendly, silahkkan periksa di google mobile friendly test.

Layar awal 1001Berita.com dari PC Desktop menggunakan browser Google chrome.

Layar awal 1001Berita.com dari iPhone 6 Plus menggunakan browser Safari.

Jumlah pengguna internet yang menggunakan ponsel terus bertumbuh dibandingkan pengguna dari PC Desktop dengan alasan praktis, dapat digunakan dimana saja dan setiap waktu. Saat ini ada kecenderungan perorangan memiliki lebih dari 1 ponsel. Sudahkah web anda mobile friendly ? Jika belum, segera lakukan perubahan, jangan sampai anda kehilangan pengunjung potensial yang masih terus bertumbuh jumlahnya yaitu para pengguna internet dari ponsel.