Koran Online  atau  Berita Online semakin menjamur  dan semakin digemari para penikmat dunia maya.  Akankah keberadaan koran online  menggantikan koran cetak ? Simak selengkapnya di sini.

Walaupun harga ponsel pintar yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi menjelajah internet semakin murah, dan harga berlangganan paket data juga sudah relatif terjangkau bagi banyak orang, koran cetak masih memiliki banyak pelanggan atau penggemarnya tersendiri. Koran cetak yang dimaksud yaitu koran harian, koran mingguan,  majalah dan tabloid. Masih banyak orang yang menyukai membaca koran cetak di pagi hari sambil minum kopi hangat di teras rumah.

Beberapa hal yang tidak bisa digantikan oleh koran online:

  1. Saat panas terik, koran cetak bisa digunakan sebagai tutup kepala untuk menghindari sengatan panas matahari, dan koran cetak bisa dipakai untuk kipas-kipas mencari angin.  Anda mau gunakan ponsel untuk kipas-kipas ? Efek anginnya terasa sangat sedikit.
  2. Saat gerimis datang, koran cetak bisa dipakai sebagai tutup kepala sementara untuk melindungi kepala dari air hujan hingga menemukan tempat berteduh. Anda berani gunakan ponsel sebagai payung darurat ?

Membaca koran cetak di siang hari tidak takut “kehabisan tenaga batere”, tidak takut “kehabisan kuota paket internet”, tidak takut kehilangan sinyal (berada diluar coverage area) dan tidak takut terkena tumpahan air minum (kopi, teh, soda, air mineral, dll). 

Kelebihan koran online dibandingkan koran cetak adalah kecepatan pembaharuan berita.  Dengan jeda kurang dari 1 jam, berita di koran online terus bertambah. Untuk saat ini, hingga beberapa waktu ke depan, di Indonesia, keberadaan koran cetak akan terus ada.