1001 Teknologi di 1001Berita.com. Cara hemat melakukan panggilan suara dan kirim sms adalah dengan melakukan panggilan suara dan kirim sms ke sesama pengguna / operator selular yang sama, sehingga memiliki lebih dari 1 ponsel dengan operator yang berbeda seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang. Ponsel sekarang tidak hanya dipakai untuk melakukan panggilan suara dan kirim sms, simak terus artikel ini untuk mengetahui tips memanfaatkan ponsel secara maksimal.

Cara mengetahui sisa pulsa dan masa aktif nomor seluler:

  • Telkomsel : *888#
  • Indosat : *555#
  • XL : *123#
  • Esia : *555#

Cara berlangganan paket data:

  • Telkomsel : *363# dan pilih Paket Flash dan ikuti menu yang ditampilkan.
  • Indosat : *123# pilih SuperInternet dan ikuti menu yang ditampilkan
  • XL : *123# dan ikuti menu yang ditampilkan

Manfaatkan ponsel sebagai pengambil gambar alias kamera foto. Kamera foto menjadi perangkat bawaan ponsel-ponsel keluaran terbaru, lengkap dengan aplikasi pengolah gambar. Jika belum puas dengan aplikasi pengolah gambar bawaan, tinggal download dan pasang. Banyak tersedia aplikasi pengolah gambar seperti: BeautyPlus, Photo Frame, Photo Grid, Split Camera, Mirror Grid, Photo Ssketch, dll.

Manfaatkan ponsel sebagai perekam suara. Jika jaman dahulu perlu perangkat khusus untuk merekam suara atau melakukan wawancara, sekarang bisa dilakukan menggunakan aplikasi di ponsel. Jika masih belum puas dengan aplikasi bawaan ponsel atau belum tersedia di ponsel, silahkan download: Recorder Pro, Awesome Voice Recorder, QuickVoice Recorder, AudioMemos Free, dll.

Manfaatkan ponsel sebagai alat pembuat video. Tidak perlu peralatan tambahan, tidak perlu kemampuan khusus untuk editing  film, gunakan aplikasi di ponsel sebagai alat pembuat video. Aplikasi pembuat video lainnya yaitu: VivaVideo, PicFlip, Magisto Video Editor & Movie Maker, dll.

Manfaatkan aplikasi chatting, bisa untuk kirim pesan teks, voice call hingga video call. Lebih murah daripada kirim teks melalui sms, bahkan bisa melakukan video call alias berbicara sekaligus bertatap muka dengan lawan bicara. Pakai aplikasi seperti: Viber, Line, WhatsApp, dll.

Manfaatkan aplikasi Notes untuk mencatat/dokumentasi singkat. Tanpa bawa kertas, tanpa bawa pulpen, tetap dapat mencatat dan menyimpan ide-ide penting di ponsel menggunakan aplikasi Notes bawaan ponsel. Aplikasi lainnya yaitu: abc Notes Lite, MyScript Memo, Microsoft OneNote, Notefully, dll.

Manfaatkan aplikasi Peta Online atau Petunjuk jalan. Gunakan google maps atau Apple maps atau Waze sebagai asisten pribadi dan penunjuk arah.

Manfaatkan aplikasi Agenda atau Reminders. Seperti  memiliki sekretaris pribadi yang dapat dibawa kemana-mana, mengingatkan janji rapat atau acara tertentu.

Manfaatkan aplikasi browser dan email. Saat jauh dari Komputer di ruangan, namun tetap ingin membuka dan menjawab email, tinggal setting email anda di ponsel dan anda tetap dapat menerima dan menjawab email masuk. Tetap ingin membaca berita terbaru, manfaatkan browser di ponsel untuk membaca berita online.

Manfaatkan ponsel sebagai alat hiburan, pengusir bosan dengan mendengarkan musik dan menonton film. Suntuk didalam mobil atau angkutan umum karena terjebak macet ? Bosan menanti seseorang di ruang tunggu ? Kalau ada ponsel, langsung buka youtube dan tonton film.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan baca artikel lainnya, silahkan berbagi dengan pengguna internet lainnya, silahkan kembali lagi di lain waktu. Semoga diberikan kelancaran dalam setiap aktifitasnya, dijauhkan dari kemacetan, dijauhkan dari kekacauan, dijauhkan dari petaka bahaya dan bencana, dijauhkan dari orang-orang yang iri hati dan berniat jahat. Semoga dikelilingi orang-orang yang penuh syukur, rendah hati dan mau berbagi.  Semoga mendapatkan waktu yang berkualitas bersama dengan istri dan anak-anak. Semoga tetap memiliki waktu yang berharga dengan orang tua, adik, kakak, kakek, nenek, om, tante dan keluarga lainnya.

Ingat ! Jangan sibuk dengan ponsel saat menyeberang jalan, matikan ponsel saat berada dalam kabin pesawat terbang, jangan chatting atau menerima panggilan telpon saat mengemudi kendaraan.