Menentukan tempat resepsi pernikahan jangan di lakukan tergesa-gesa, lakukan setelah diputuskan untuk menggunakan jasa Wedding Organizer atau tidak. Jika menggunakan jasa Wedding Organizer, biasanya ada daftar gedung/tempat yang disarankan karena telah menjadi rekanan. Jika daftar lokasi yang disarankan tidak sesuai dengan keinginan pasangan pengantin atau keluarga pengantin atau pertimbangan lainnya, silahkan usulkan dan tentukan lokasi lainnya pada wedding organizer, agar dapat diperkirakan biaya pemakaian lokasi tersebut. Dimanapun tempatnya, apapun keputusannya, lakukan sesuai keputusan bersama, tentukan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Tidak semua pribadi memiliki keinginan yang sama dalam menentukan lokasi resepsi pernikahan, dan tidak semua pasangan pengantin memiliki impian yang sama dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan. Ada yang berkeinginan mendapatkan kenangan resepsi pernikahan di ruangan terbuka, ada pula yang berkeinginan melangsungkan resepsi pernikahan di dalam ruang tertutup atau di dalam gedung.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk melakukan resepsi pernikahan di ruang terbuka:

  • Kenyamanan pasangan pengantin dan para tamu undangan. Jika siang hari biasanya lebih panas. Cadangkan tenda untuk menghadapi hujan dadakan, sediakan kipas angin atau AC portable untuk mengurangi efek cuaca panas di beberapa tempat. Jika malam hari, siapkan pengaturan penggunaan lampu untuk penerangan dan keindahan.
  • Sarana penunjang seperti Sound system dan kebersihan lokasi. Ketersediaan toilet untuk para tamu, panitia, keluarga dan pasangan pengantin juga menentukan kelancaran jalannya acara.

Nilai lebih resepsi pernikahan yang di lakukan di ruang terbuka adalah suasana yang semi formal atau agak santai, pengantin dan para tamu bisa mendapatkan alternatif lokasi foto bersama yang lebih banyak. Pilihan di tepi pantai atau di dataran tinggi, masing-masing memiliki kenangan dan nilai lebih seperti menyaksikan matahari terbenam, hembusan angin dingin pegunungan atau hembusan angin tepi laut.

Pertimbangan dalam memilih lokasi resepsi pernikahan di ruang tertutup adalah:

  • Besar atau kecil ruangan karena mempengaruhi sirkulasi udara, pengaturan tata suara, pengaturan dekorasi, pengaturan tata cahaya, pengaturan pendingin ruangan dan kapasitas tamu.
  • Biaya Tambahan. Apakah ada biaya tambahan untuk pemakaian tempat lebih dari waktu yang telah ditetapkan ? Apakah ada biaya tambahan untuk pemakaian parkir kendaraan bermotor para tamu ? Apakah ada biaya tambahan untuk staf keamanan atau staf kebersihan selama acara berlangsung ?
  • Mudah di jangkau, mudah dikenal atau sudah dikenal oleh banyak orang. Ada lokasi besar/terkenal lainnya yang dapat dijadikan pedoman pencarian. Contoh: dekat dengan rumah sakit, pusat perbelanjaan, lokasi wisata, dekat dengan bundaran HI, dekat dengan monas, dekat dengan jembatan semanggi, atau lainnya.

Jangan lupa untuk mendatangi langsung lokasi. Lihat langsung ruangan dan fasilitas yang disediakan. Dengan mendatangi langsung, dapat perkirakan jarak dari rumah hingga lokasi, perkirakan lama waktu perjalanan karena macet atau gangguan lalulintas, persiapan akomodasi untuk tamu atau keluarga yang bertempat tinggal jauh dari lokasi acara. Tidak ada salahnya untuk memiliki lebih dari 1 pilihan lokasi sehingga bisa membandingkan harga dan mendapatkan tempat yang terbaik dan sesuai anggaran.

Setelah berhasil menentukan tempat resepsi pernikahan, segera lakukan pemesanan tempat tersebut dan lanjutkan persiapan lainnya. Jangan pesan tempat terlalu dekat dengan hari penyelenggaraan, akan dikenakan biaya tambahan untuk persiapan acara dan belum tentu tempat tersebut tersedia untuk hari dan jam yang anda inginkan. Semoga acara resepsi pernikahan anda berjalan dengan lancar dari awal, pertengahan hingga penutupan dan berkesan sangat baik untuk semua yang hadir. Semoga dijauhkan dari petaka, bahaya, bencana dan kekacauan. Semoga di jauhkan dari orang-orang yang berniat jahat.