Tips Susun Daftar Undangan Pernikahan
Membuat daftar undangan pernikahan bukan hal susah, bukan hal yang mudah pula, namun harus di selesaikan jauh hari sebelum hari yang ditentukan alias sebelum hari H.

Agar lebih mudah, tentukan paling awal jumlah undangan alias jumlah orang yang akan di undang untuk menghadiri acara resepsi pernikahan. Contoh: 500 undangan, artinya 500 kartu undangan akan di cetak dan di sebar. Beberapa kemungkinan kehadiran yang bisa di perkirakan sejak awal yaitu:

  • Kurang dari 500 orang. Mungkin karena orang yang di undang sedang berhalangan karena sakit, dinas kerja, undangan tidak sampai atau lain-lain.
  • Lebih dari 500 orang, karena orang yang di undang membawa pasangannya (suami, istri, pacar), anak-anak, dll.  

Manfaat menentukan jumlah undangan sejak awal, agar lebih mudah kordinasi dengan event organizer atau panitia pernikahan untuk mencari dan menentukan gedung / tempat / lokasi acara resepsi pernikahan yang dapat menampung sesuai dengan jumlah kehadiran tersebut.

Dari angka 500 undangan tadi, di bagi 2, untuk anda 250 undangan, untuk pasangan anda 250 undangan juga.

Undang orang-orang yang sudah di kenal dekat seperti:

  • Keluarga. Bisa di bicarakan dengan ayah dan ibu anda, untuk mengundang keluarga dari ayah dan ibu seperti kakek dan nenek, om dan tante, pakde dan bude, sepupu, ponakan, dll.
  • Tetangga. Agar lebih mudah, undang tetangga dekat dalam 1 RT / RW, terutama yang sering bertemu, sering bertatap muka dalam acara paguyuban RT/RW, arisan RT/RW, senam bareng atau jogging bareng, dll.
  • Rekan kerja. Agar lebih mudah, undang rekan kerja dalam 1 ruangan, dalam 1 lantai, dalam 1 departemen, terutama yang sering bertemu. Jika anda pernah pindah kerja, silahkan undang rekan kerja di kantor lama yang akrab dengan anda. Jika anda adalah seorang pemilik atau petinggi dalam suatu perusahaan, jangan lupa untuk undang anak buah / staf / karyawan, itu akan sangat berkesan bagi mereka. Saya pernah di undang oleh pemilik perusahaan consumer goods di kantor lama, dengan lokasi resepsi di hotel Mulia Senayan, masih teringat dan berkesan sampai sekarang, acara serba wow , padahal saat itu saya hanya seorang Staf IT alias programmer alias tehnical Support. 
  • Teman sekolah (teman dekat di SD, SMP, SMA, Kuliah, teman bermain juga lho), terutama yang kenal dekat alias masih akrab.

Bagikan cara ini pada pasangan anda ya.

Para undangan adalah saksi sumpah suci anda berdua. Mereka adalah orang-orang yang akan ikut berbahagia menyaksikan kebahagiaan anda. Mereka akan turut berdoa untuk kebahagiaan anda sebagai keluarga baru, sebagai suami dan istri yang sah.

Ini hanya tips, hanya saran, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang telah meluangkan waktu untuk membacanya. Semoga rencana pernikahan anda berjalan dengan lancar tanpa kurang apapun. Semoga di berikan cuaca yang cerah saat acara resepsi berlangsung.  Semoga menjadi pasangan yang langgeng.