1001 Wisata di 1001Berita.com. Taman Margasatwa Ragunan yang dikelola oleh Dinas Kelautan dan Pertanian Propinsi DKI Jakarta berada di Jakarta Selatan. Pada senin 12 Agustus yang lalu, penulis bersama keluarga mengunjungi lokasi wisata yang sering disebut dengan kebun binatang ragunan. Dengan tarif yang sangat terjangkau bagi banyak masyarakat Indonesia, sangat pantas menjadi lokasi wisata idola bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
gajah

Parkir kendaraan sangat rapih dan aman, pengatur parkir terlihat ramah tanpa meminta tambahan biaya di banyak tempat. Banyaknya jumlah kendaraan yang parkir tidak nampak semrawut. Jalur kendaraan masuk hingga jalur keluar dari lokasi wisata sudah dilengkapi rambu-rambu dan petugas pemandu. Tidak perlu kuatir untuk mengunjungi lokasi wisata ini menggunakan kendaraan pribadi.

Tengah hari, jam 12 siang tidak terlalu panas karena banyak pohon. Ada banyak tempat terbuka yang bisa digunakan bersama keluarga. Tinggal tebarkan tikar atau tebarkan alas berupa kertas koran bisa santai makan siang bersama keluarga. Angin dan udara segar mudah untuk dinikmati. Jika tidak sempat membawa bekal untuk makan siang, tidak perlu kuatir karena ada beberapa warung makan dan penjaja makanan di dalam lokasi wisata. Anak-anak juga dapat bebas bermain layang-layang, sepakbola atau lari-larian dan tetap dalam pengawasan orang tua.

Ada banyak tong sampah di setiap sudut jalan, di setiap area kandang binatang, seharusnya tidak perlu bingung mencari tempat membuang sampah. Namun banyak pengunjung yang tidak mau memelihara kebersihan, dengan seenaknya membuang botol kosong bekas minuman yang terbuat dari plastik atau kaleng di sisi jalan atau dekat kandang binatang. Terlihat juga kertas minyak bekas bungkus makanan dan plastik bungkusan berserakan. Pengunjung seakan tidak bisa membaca atau tidak perduli dengan tulisan "Buanglah sampah pada tempatnya", "Dilarang membung sampah sembarangan", "Sampah Organik", "Sampah Non Organik". Padahal ada beberapa petugas kebersihan menggunakan seragam terlhat bekerja keras membersihkan sampah-sampah yang berserakan. Andai semua pengunjung mau perduli dengan kebersihan, akan sangat indah kebun binatang ragunan ini.

Wisata hiburan dan wisata pendidikan bisa didapatkan sekaligus dikebun binatang ragunan ini. Aneka satwa primata aman untuk dilihat dan diabadikan menggunakan kamera foto. Aneka unggas, aneka hewan melata, harimau, gajah, komodo, ular, burung unta, dan masih banyak hewan lainnya bisa dilihat lebih dekat dan tetap aman. Bisa dijadikan pendidikan dan pengenalan akan banyaknya fauna indonesia. Rambu-rambu arahan menuju kandang binatang sangat jelas dan tersedia dibanyak tempat. Anak-anak bisa terhibur dengan tingkah binatang dan suara aneka satwa. Walaupun jumlah pengunjung bisa dibilang sangat banyak, tapi semua tetap teratur dan selalu ada ruang kosong untuk berteduh dan santai.

Puas melihat aneka satwa, anak-anak bisa dibawa ke wisata danau ragunan, bisa keliling danau dengan perahu yang dikayuh dan bisa memancing ikan. Kereta layang juga bisa dinikmati oleh anak-anak saat di sisi lain kebun binatang ragunan. Untuk yang lelah mengelilingi kebun binatang ragunan, bisa mencoba naik delman. Kurang puas dengan jalur yang dilalui delman, pengunjung juga bisa menggunakan kereta-kereta yang dibuat dari gabungan mobil minibus yang sudah dimodifikasi, kereta ini akan mengantar pengunjung berkeliling kebun binatang ragunan.
burung unta
Untuk mengunjungi kebun binatang ragunan bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus TransJakarta, bus Kopaja 68, mikrolet 17. Jika sudah mengenal wilayah Cilandak, Pasar Minggu dan Ragunan bisa menggunakan mobil dan motor pribadi, lihat petunjuk di jalan yang mengarah ke kebun binatang ragunan, dan jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang sekitar. Selamat menghabiskan waktu bersama keluarga dan berwisata melihat aneka satwa di kebun binatang Ragunan.