19 Februari 2015 yang lalu, walaupun sudah beberapa kali bekerja dan berlibur ke Bali, tapi inilah pertama kalinya saya menggunakan jalan tol melintasi laut di Bali. Keluar dari bandara Ngurah Rai, setelah puas foto-foto di patung Arjuna dan belanja di Krisna toko oleh-oleh khas Bali, lanjutkan perjalanan menuju kawasan Nusa Dua. Memasuki pintu tol, tampil petunjuk arah ke kiri menuju Denpasar, Sanur dan Pelabuhan Benoa. Petunjuk arah ke kanan menuju Nusa Dua dan Jimbaran.

Ini benar-benar jalan bebas hambatan, hanya 1 pintu tol dan tanpa macet. Yang luar biasa adalah tersedia jalur khusus motor di sisi kirinya. Pemandangan luas yang indah terlihat lautan luas di sisi kiri dan kanan. Lautnya biru, langitnya juga biru, hanya deru ombak dan angin, bukan bising knalpot, bukan bising klakson. Sesekali terlihat burung-burung berbulu putih melayang.

Malam hari, setelah berkunjung ke danau bedugul dan menikmati makan malam, sekali lagi melintasi jalan tol, sisi lain jalan tol tampak cantik ditaburi lampu-lampu penerang.

Enjoy Bali. Selamat berlibur di Bali.