Star Wars The Last Jedi, film ke 8 perang perebutan kekuasaan di galaksi, tayang perdana sejak 13 Desember 2017 di bioskop-bioskop di Jakarta dan Banten. Alur cerita tidak terduga sejak awal hingga akhir. Durasinya lebih dari 2 jam. Hiburan yang sangat di rekomendasikan untuk di tonton sebagai hadiah tutup tahun 2017. 1001 film terbaik untuk di saksikan ada di sini.

Untuk yang kangen dengan Master Yoda, bisa bertemu kembali dengannya di film ini, dia tampil untuk berikan bimbingan pada Luke yang galau dan tidak mau kembali membantu para pembrontak.

  • Produser : Kathleen Kennedy, Ram Bergman
  • Sutradara : Rian Johnson
  • Penulis : Rian Johnson
  • Produksi : Walt Disney Pictures
  • Daisy Ridley sebagai Rey
  • Carrie Fisher sebagai Leia Organa
  • Mark Hamill sebagai Luke Skywalker
  • John Boyega sebagai Finn
  • Laura Dern sebagai Holdo
  • Oscar Isaac sebagai Poe Dameron
  • Kelly Marie Tran sebagai Rose
  • Adam Driver sebagai Kylo Ren alias Ben Solo
  • Andy Serkis sebagai Snoke
  • Domhnall Gleeson sebagai Hux
  • Benicio del Toro sebagai DJ, code cracker

Beberapa perkiraan yang salah selama nonton film ini:

  • Kirain DJ akan membantu Rose dan Finn crack sistim keamanan pesawat kekaisaran dengan tulus, kirain DJ sosok pahlawan, ternyata dia hanya mata duitan, membantu jendral Hux menangkap Rose dan Finn.
  • Kirain Snoke tidak terkalahkan, ternyata dia putus ditebas oleh pedang cahaya dibawah kendali Kylo.
  • Kirain Kylo akan membelot dari kejahatan dan membantu para pembrontak, ternyata dia lebih jahat dan menjadi penguasa baru kekaisaran.
  • Kirain Luke akan tewas oleh kekuatan Kylo, ternyata Luke berhasil mengalahkan Kylo dengan mudah dari jarak jauh.

Ciri khas film Star Wars tidak hilang, yaitu pendahuluan cerita berupa teks berjalan ke atas, tetap di tampilkan di awal film.

Ada 2 hewan baru di tampilkan yaitu Serigala Salju dan Pinguin Mini. Serigala Salju seluruh tubuhnya dipenuhi kristal salju bening, berada di planet kecil tempat persembunyian para pembrontak. Pinguin Mini mirip pinguin tapi badan kecil seperti ayam, berbulu seperti ayam. Berada di pulau karang tempat persembunyian Luke.

Markas pembrontak di serang habis-habisan oleh pesawat tempur kekaisaran yang di pimpin oleh jendral Hux dan Kylo Ren. Beruntung Leia dan sebagian besar pembrontak berhasil menyelamatkan diri, pindah ke pesawat induk di angkasa. Dari kejauhan, dari dalam pesawat, para pembrontak menyaksikan kehancuran planet kecil tempat persembunyian mereka selama ini.  

Pesawat tempur kekaisaran terus mengejar para pembrontak, satu per satu pesawat tempur tumbang. Akhirnya pesawat induk yang di tumpangi oleh Leia berhasil kabur menggunakan kecepatan cahaya. Di tempat lain, di sebuah planet terpencil, di pulau karang, Rey dan Chewbacca bertemu dengan Luke Skywalker, Master Jedi terakhir. Rey di tugaskan oleh Leia untuk membawa kembali Luke, sebagai harapan bagi kemenangan para pembrontak terhadap penindasan kekaisaran galaksi yang di pimpin oleh Snoke. Luke terus menolak permintaan Rey, namun Rey tetap sabar, tidak pulang. Ia tidur di depan rumah Luke, terkena hembusan angin dingin dari laut dan terkena guyuran hujan. Akhirnya Luke iba, ia tetap tidak bersedia kembali bertemu dengan para pembrontak, ia hanya akan menjadi guru bagi Rey, mengajarkan tentang Jedi, tentang Force. 

Di luar dugaan para pembrontak, pesawat tempur kekaisaran telah kembali mengepung mereka. Ternyata keberadaan para pembrontak telah dalam jangkauan perangkat  pelacak milik kekaisaran. Finn hendak kabur, namun di cegah oleh Rose, wanita penjaga pintu palka, penjaga ruang parkir pesawat induk. Finn di anggap sebagai tokoh idola, tokoh pahlawan bagi Rose, namun ia kecewa karena Finn hendak kabur. Finn ingin kabur untuk bertemu kembali dengan Rey. Finn di serahkan pada Poe, namun akhirnya mereka bisa bekerja sama dan saling percaya. Rose mengetahui cara mematikan mesin pelacak di pesawat induk kekaisaran. Finn mengetahui denah pesawat kekaisaran karena ia dahulu bekerja di sana. Poe akan mengajukan rencana mereka pada Leia. Mereka membutuhkan pemecah kode sandi menuju ruang rahasia tempat penyimpanan pelacak pesawat. 

Kylo memimpin pesawat induk kekaisaran. Ia perintahkan untuk hancurkan pesawat induk para pembrontak tanpa ampun. Dalam serangan tersebut, Leia terluka parah, terlontar ke luar pesawat, dengan sisa kemampuannya ia berhasil kembali masuk ke pesawat induk, dan tidak sadarkan diri. Holdo mengambil posisi memimpin para pembrontak menyelamatkan diri. Pesawat pembrontak berhasil kabur, namun sisa bahan bakar hanya tinggal 16 jam saja dan pesawat tempur yang mengawal mereka telah habis di tembak hancur oleh pesawat kekaisaran. 

 

Finn dan Rose berhasil tiba di planet yang di duga merupakan kediaman pemecah sandi ulung. Planet tersebut merupakan kenangan masa kecil Rose yang penuh duka. Mereka pergi ke tempat judi yang mewah. Mereka berhasil melihat wajah pemecah sandi ulung dengan ciri-ciri bunga merah menempel di sisi kiri bajunya. Namun mereka di tangkap oleh polisi setempat dan di masukkan ke dalam penjara. Keanehan terjadi, mereka bertemu dengan si pemecah sandi, berkenalan. Ia bersedia membantu mereka bila bayaran sesuai dengan permintaannya. Mereka bisa kabur dengan mudah dari penjara kota, bahkan mereka bisa keluar dari planet tersebut menggunakan pesawat curian, juga dengan mudah. Pemecah sandi meminta bayaran awal berupa logam sabit di kalung yang dipakai Rose. Mereka tiba di pesawat kekaisaran, melucuti satu per satu sistim keamanan di pesawat canggih tersebut dengan mudah. Namun usaha mereka sia-sia, ternyata pemecah sandi telah membelot, menerima bayaran dari jendral Hux, menyerahkan Finn dan Rose. 

Di tempat lain, Rey meninggalkan Luke, ia hendak membujuk Kylo untuk bergabung dengan para pembrontak. Selama ini mereka melakukan komunikasi melalui pikiran mereka. Rey tiba di pesawat induk kekaisaran menggunakan kapsul penyelamat,  namun bukan sambutan hangat yang diberikan oleh Kylo, melainkan borgol. Rey ditangkap dan dihadapkan pada Snoke. Rey dibujuk untuk bergabung dengan kekaisaran, namun ia menolak. Kylo ditugaskan untuk memenggal Rey. Kylo menggunakan kemampuan Jedi, mengendalikan pedang cahaya dari jarak jauh, menebas tubuh Snoke di pinggang hingga terbelah dua. Kylo dan Rey bertempur melawan beberapa pengawal elit Snoke. Setelah habis semua pengawal Snoke, Rey membujuk Kylo yang dikenalnya sebagai Ben Solo, putra Han Solo untuk bergabung dengan para pembrontak. Kylo menolak, ganti mengajak Rey untuk bergabung dengannya mengendalikan kekaisaran. Terjadilah pertarungan sengit antara Kylo dan Rey. Ledakan besar terjadi. Chewbaca datang dan menyelamatkan Rey. 

Poe berusaha mengambil alih posisi pimpinan pembrontak dengan paksa. Ia berpikiran bahwa Holdo tidak sanggung memimpin mereka, tidak memiliki rencana untuk menyelamatkan mereka. Ia menyandera Holdo dan dewan pimpinan pembrontak. Leia terbangun dari sadarnya. Poe di tangkap. Leia dan para pembrontak di evakuasi menggunakan kapsul penyelamat yang tersisa. Sementara Holdo tetap tinggal di pesawat induk, berencana mengorbankan dirinya sebagai pengalih perhatian pesawat tempur kekaisaran. Namun rencana mereka gagal, pesawat tempur kekaisaran tidak menyerang pesawat induk pembrontak tapi menyerang kapsul-kapsul penyelamat. Holdo mengorbankan dirinya, ia mengarahkan pesawat induk pembrontak ke arah pesawat induk kekaisaran dengan kecepatan cahaya. Pesawat kekaisaran terbelah oleh tabrakan besar. Finn dan Rose berhasil menyelamatkan diri menggunakan pesawat curian.

Leia, Poe dan pembrontak lainnya telah menemukan planet terpencil lainnya yang dihuni oleh para pembrontak juga. Namun hanya sesaat mereka merasakan tenang. Pesawat tempur kekaisaran telah menyusul mereka dan langsung menyerang. Sebuah pesawat tempur kekaisaran menerobos hingga pintu gerbang persembunyian para pembrontak. Saat hendak di tembak oleh pasukan darat, Poe menghentikan serangan karena mengetahui bahwa isi pesawat tempur tersebut adalah Rose dan Finn.

Kylo memimpin langsung penyerangan besar-besaran terhadap sisa-sisa pembrontak. Tiba-tiba master Luke hadir, bertemu dengan Leia, kemudian menghadang robot-robot tempur raksasa yang di pimpin oleh Kylo. Seluruh robot tempur meluncurkan tembakan yang mengarah langsung ke Luke. Hingga peluru habis, Luke tidak tergoyahkan. Kylo semakin panas, ia turun, bertemu langsung dan bertempur dengan Luke. Kylo tidak bisa mengalahkan Luke. Ternyata Luke hanya mengalihkan perhatian tentara kekaisaran sementara para pembrontak melarikan diri. Para pembrontak telah kehabisan amunisi dan persediaan makanan. Mereka bertemu dengan Rey dan Chewbaca dari sisi belakang goa batu. Rey berhasil memanfaatkan kemampuannya sebagai satri Jedi yang baru, ia memindahkan batu-batu besar yang menutupi pintu belakang gua menggunakan kedua tangannya tanpa menyentuh batu batu tersebut. Poe dan Luke menemukan pintu belakang dengan mengikuti gerak lari seekor srigala berbulu kristal salju, begitu pula dengan Rey dan Chewbaca.

Di planet persembunyiannya, tubuh Luke menghilang dalam posisi duduk bersila di atas batu karang besar, hanya meninggalkan sehelai pakaian yang dikenakannya.