Sudah 5 tahun, 10 tahun atau lebih dari 15 tahun menikah. Sedang merasakan “kok hambar setelah lama menikah ?”. Jika hal ini sudah mulai dirasakan, jangan berlama-lama, segera selesaikan, koreksi diri dan perbaiki hubungan dengan pasangan anda.

“Not sure if you know this, but when we first met, i got  so nervous I couldn't speak. In that very moment, i found the one and my life had found its missing piece”
Ingat saat pertama kali melihat pasangan anda, saat anda gugup hingga tak bisa  bicara. Ingat saat hati dan pikiran anda mengatakan bahwa anda sedang berhadapan dengan seseorang yang istimewa, bagian dari diri anda yang selama ini kosong.

“So as long as I live I love you, will have and hold you, you look so beautiful in white, and from now til my very last breath, This day I'll cherish. What we have is timeless, my love is endless, And with this ring I Say to the world, you're my every reason, you're all that I believe in, with all my heart I mean every word”
Ingat saat saling nyatakan cinta dan janji suci di hadapan banyak saksi, saat  saling melingkari jari manis dengan cincin pernikahan, saat hati berbunga-bunga, saat hati berkata untuk mencintai pasangan yang berada di hadapan hingga hembusan nafas terakhir.

Lanjutkan dengan memeriksa beberapa hal dibawah ini, mungkin inilah pemicunya:

  • Terlalu sibuk dengan usaha, pekerjaan atau hobi.
  • Terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi/kegiatan sosial atau kegiatan di luar  rumah lainnya.
  • Menganggap setiap hal berjalan seperti biasa secara otomatis. Pelihara kebersamaan, berikan perhatian, jangan bosan mendengarkan keluh kesah atau masalah dari pasangan, ikut campur tangan dan selesaikan masalah yang terjadi dalam keluarga.


Beberapa saran untuk kembalikan keharmonisan dengan pasangan anda:

  • Kunjungi tempat-tempat yang berkesan istimewa saat pacaran dahulu, seperti restoran, tempat rekreasi, sekolah, kampus atau lokasi lainnya. Lokasi pertemuan pertama saya dengan pasangan di Cafe Oh la la di lantai dasar Blok M Plaza, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Lokasi pacaran dengan pasangan dahulu adalah di belakang Blok M Plaza di ayam bakar Ganthari. Lokasi pengambilan foto pre wedd di halaman depan Museum Fatahillah di Kota tua Jakarta.
  • Jangan bosan untuk beri perhatian khusus seperti sms atau chatting dengan pasangan. Kirimkan pesan tanyakan “sudah makan siang”, “makan siang di mana”, “makan siangnya apa”. Sangat mudah kan ?
  • Beri penghargaan khusus di saat-saat istimewa bagi pasangan seperti hari ulang tahun atau hari pernikahan, kirimkan karangan bunga mawar, coklat, atau lainnya.  Gunakan ide dan kreatifitas anda sendiri ya.
  • Jalan santai bersama, bersepeda pagi bersama, berenang, atau nonton film bersama. Sekali lagi, gunakan kreatifitas anda sendiri disini.
  • Hadir bersama dalam kegiatan anak di sekolah seperti ambil raport, kumpul orang tua murid dengan guru, pentas seni anak, dll.
  • Sesekali berikan pujian padanya seperti “kamu cantik pagi ini”.
  • Cium pipi atau kecup keningnya saat bangun tidur di pagi hari dan bilang “i love u”.
  • Doa bersama dengan pasangan.

Semoga membantu menjadikan hubungan dengan pasangan  tetap harmonis.